WhatsApp Error Hari Ini: Cari Tahu Penyebab dan Solusinya

Berbagai keunggulan dimiliki oleh WhatsApp sebagai aplikasi chat paling populer saat ini. Aplikasi yang begitu sederhana dan sangat mudah digunakan, karena kamu hanya butuh internet dan nomor telepon.

Meskipun termasuk aplikasi yang sangat bagus, namun aplikasi ini kerap kali mengalami masalah seperti aplikasi down ataupun WhatsApp error akibat kesalahan dari pengguna itu sendiri. Akibatnya beberapa fitur tidak bisa digunakan dengan baik.

Kalau kamu sedang mengalaminya tentu sangat menyebalkan bukan? Apalagi kalau kamu sering menggunakannya baik untuk komunikasi biasa atau menyangkut pekerjaan. Tidak perlu khawatir, karena saya akan memberi tahu penyebab aplikasi WhatsApp kamu sering error beserta solusinya.

WhatsApp Error Hari Ini

Penyebab Aplikasi WhatsApp Error dan Solusinya Agar Normal Kembali

Ada beberapa penyebab kenapa WhatsApp kamu error, mulai dari jaringan hingga sistem dari WhatsApp itu sendiri. Ya, WhatsApp atau yang sering disebut WA memang kadang kalanya error dari sistem itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab, gejala dan solusi jika WA error.

Baca juga:


Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya

WhatsaApp tidak bisa dibuka bisa diakibatkan WhatsApp yang lagi down, data dan cache yang penuh, jaringan, ataupun aplikasi pihak ketiga seperti Task Killer. Kini berikut ini cara mengatasinya:

  1. Cek apakah aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan sudah versi terbaru atau belum. Jika belum, segera upgrade.
  2. Cek koneksi internet dan sisa kuota internet kamu. 
  3. Jika kamu menggunakan aplikasi task killer, coba nonaktifkan.
  4. Hapus cache, caranya buka menu Pengaturan>Aplikasi>WhatsApp>Hapus Cache.
  5. Hapus data, caranya buka menu Pengaturan>Aplikasi>WhatsApp>Hapus Data.
  6. Terakhir, jika cara diatas masih belum berhasil coba instal ulang aplikasi WhatsApp.

Penyebab WhatsApp Rusak Setelah Di-upgrade dan Cara Mengatasinya

Alih-alih mendapatkan pelayanan yang lebih baik setelah upgrade, ini malah membuat aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan. Penyebabnya bisa karena ruang penyimpanan perangkat kamu yang tidak mencukupi atau juga tempat kamu download aplikasi WhatsApp yang bermasalah. Coba ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

  1. Seleksi aplikasi yang terpasang, jika ada aplikasi yang jarang digunakan, hapus saja dari perangkat kamu.
  2. Hapus cache aplikasi Playstore sebagai tempat kamu download aplikasi WhatsApp.
  3. Hapus data aplikasi Playstore, caranya sama seperti hapus cache.
  4. Jika instal ulang dari aplikasi Playstore masih bermasalah, coba download dan instal aplikasi WhatsApp dari situs Google Playstore.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Berkirim Pesan dan Cara Mengatasinya

Penyebabnya hampir sama seperti masalah WA tidak bisa dibuka, yakni masalah jaringan internet, cache dan data yang penuh atau juga karena aplikasi lain yang menutup aplikasi WA. Berikut solusi agar kamu bisa berkirim pesan lewat WhatsApp yang sebelumnya bermasalah.

  1. Cek jaringan internet di tempat kamu tinggal.
  2. Cek aplikasi WhatsApp, apakah aktif dan bisa terhubung dengan internet atau tidak.
  3. Hapus cache dan data dari aplikasi WhatsApp.
  4. Pastikan untuk menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Penyebab WhatsApp Down dan Cara Mengatasinya

Kalau masalah ini, bukan karena kesalahan pada perangkat, aplikasi ataupun jaringan melainkan terjadi masalah pada server WhatsApp itu sendiri. Maka langkah yang bisa kamu lakukan agar bisa berkomuikasi lagi yakni dengan menggunakan aplikasi chat yang lain.

Demikian penyebab dan solusi jika WhatsApp error. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa kamu jadikan cara terbaik ketika mengalami masalah diatas..