Memahami Menu-menu Yang Ada Di Blogger

Seperti yang kita ketahui blog merupakan sebuah wadah atau media untuk kita berbagi informasi yang bermanfaat ataupun hanya sekedar tempat kita menuangkan pengalaman yang kita alami sehari-hari baik itu berupa artikel, video ataupun yang lainnya. Dengan berbagai tujuan dari yang hanya sekedar sebagai diary sampai sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga begitu banyak orang-orang yang mulai membuat blog. Namun setiap kita memulai sesuatu hal yang baru khususnya dunia blogging, tentulah kita akan mendapatkan beberapa kendala.

Mungkin untuk para pemula hal yang pertama membuat mereka merasa bingung adalah tampilan yang ada pada dashboard blog yang baru mereka buat. Kita wajib mengetahui fungsi dari setiap menu yang ada pada dashboard sebuah blog, karena ini akan memudahkan kita dalam menjalankan blog kita kedepannya. Oleh karena itu, kali ini saya akan menjelaskan menu-menu beserta fungsinya yang ada pada blog khususnya Blogger atau Blogspot. 

Saya akan mencoba menjelaskan menu-menu tersebut secara jelas dan menyertakan gambar agar anda benar-benar bisa memahami kegunaan dan letak dari masing-masing menu tersebut. Untuk itu berikut penjelasannya:

Menu-menu Yang Ada Di Blogger 


Ketika anda log in ke blog anda, maka akan muncul tampilan dashboard yang berisikan beberapa menu. Coba anda perhatikan gambar tampilan dashboard di bawah ini.



Jika anda perhatikan pada tampilan dashboard di atas terdapat beberapa menu seperti Ikhtisar, Pos, Laman, Komentar dan seterusnya. Nah setiap menu-menu tersebut memiliki fungsi masing-masing, berikut perinciannya:

Saya akan menjelaskan mulai dari menu yang paling atas...

1. Entri baru

Menu ini berfungsi untuk membuat postingan konten baru baik berupa teks, gambar, maupun video. Jika anda klik menu ini maka anda akan menuju halaman untuk membuat sebuah konten, dimana pada halaman tersebut tersedia beberapa menu yang tidak berbeda jauh dengan menu yang ada pada Microsoft word. Dalam mode tulisan, anda bisa memilih salah satu diantara 2 pilihan yang tersedia yaitu Compose dan HTML. Untuk para pemula saya sarankan menggunakan mode Compose. Berikut saya sertakan contoh gambar yang ditampilkan jika anda klik menu   Entri baru   .

menu di blogger

Untuk lebih jelasnya fungsi menu di atas, silahkan baca cara menulis artikel di blog.

2. Ikhtisar

Jika anda memilih menu ini, anda dapat melihat statistik blog anda. Seperti jumlah postingan, lalu lintas blog anda, jumlah komentar, jumlah penayangan dsb.

3. Pos

Pada menu ini, anda bisa melihat semua daftar postingan pada blog anda baik yang sudah di publish (diterbitkan), maupun yang masih di draft (dalam daftar yang belum diterbitkan). Disini anda juga bisa edit, melihat, membagikan dan menghapus postingan dsb. Berikut contoh tampilannya.

menu pos di blogger

4. Laman

Menu ini berfungsi untuk membuat, menghapus dan memunculkan halaman statis. Biasanya pada menu laman berisikan halaman-halaman penting seperti about, contact us, sitemap, privacy policy, disclaimers, dsb. Silahkan perhatikan contoh gambar laman di bawah ini.

menu laman di blogger

5. Komentar

Menu ini berfungsi untuk mengelola komentar pada blog anda. Seperti melihat semua komentar yang masuk, menerbitkan dan menghapus komentar.

menu komentar di blogger

6. Google+

Inilah keunggulan jika kita menggunakan produk google, karena dengan mengggunakan menu Google+ ini, kita bisa menghubungkan artikel blog kita dengan akun Google+.

7. Statistik

Pada menu ini, anda bisa melihat jumlah kunjungan blog anda secara menyeluruh. Apabila anda merasa kurang dengan informasi yang ditampilkan pada halaman statistik, anda bisa menggunakan google analytics.

8. Penghasilan

Menu ini berguna untuk menampilkan secara rinci hasil dari klik iklan Google Adsense.

9. Kampanye

Pada menu ini diperuntukkan bagi blogger yang ingin mempromosikan blognya via Google AdWords (tentunya harus mengeluarkan biaya).

10. Tata Letak

Menu Tata Letak digunakan untuk mengelola widget mulai dari memasang, menambahkan dan menghapus widget. Blogger sendiri sudah menyediakan bermacam-macam widget seperti populer post, label atau kategori, arsip blog dsb. 

11. Template

Di menu ini anda bisa mengganti template atau tema blog anda, dimana terdapat 2 versi template yaitu versi desktop dan versi seluler. Blogger sudah menyediakan banyak template untuk anda pakai, saya sarankan untuk menggunakan template yang responsive dan SEO friendly.

12. Setelan

Menu setelan berfungsi untuk mengatur blog anda seperti membuat diskripsi blog, mengganti judul blog, costum domain, menambahkan id google analytics, Moderasi Komentar, post, robots.txt dsb.

Menu-menu di atas merupakan menu-menu dasar yang ada pada dashboard blogger dan sebenarnya masih banyak lagi menu yang ada ketika kita memilih tiap-tiap menu dasar tersebut. Tentuya anda perlu mengetahui semua menu yang ada pada blog anda, mungkin di lain kesempatan saya akan menjelaskan menu-menu turunan yang ada pada blog.

Semoga penjelasan di atas bisa menambah pengetahuan anda tentang blog.