Cara Membuat Kartu Kredit untuk Pertama Kali

Hal Ini Terbukti Berhasil! Ini Cara Membuat Kartu Kredit Pertama Kali - Bagaimana cara membuat kartu kredit pertama kali agar memperoleh persetujuan pihak bank?
Nyatanya, bank biasanya memberi persetujuan lebih mudah pada mereka yang telah memiliki kartu kredit sebelumnya.

Namun jika Anda ingin berhasil, yuk simak tips-tips berikut ini:

Alat Transaksi Non Tunai Populer: Kartu Kredit

Mungkin sudah lama Anda memanfaatkan jasa transaksi non tunai yang ditawarkan oleh kartu kredit. Alat transaksi non tunai yang satu ini memang populer di kalangan masyarakat. Terbukti dengan semakin banyaknya bank yang berlomba-lomba menawarkan kartu kreditnya, baik via iklan dan gerai-gerai di mall.

Tetapi sayangnya tidak semua orang bisa memperoleh kartu kredit dengan mudah loh!
-
Misalnya saja seseorang yang memiliki riwayat kredit kurang baik, tentunya pengajuannya kerap ditolak oleh pihak bank. Terlebih apabila Anda baru membuat kartu kredit pertama kali.

Lalu bagaimana solusinya?
Jangan khawatir, Kami akan menjelaskan beberapa tips untuk memperoleh kartu kredit untuk pertama  kalinya dengan mudah sebagai berikut ini:

#1 Memilih Bank yang Menerima Pengajuan Kartu Kredit Pertama

Umumnya, bank menolak pengajuan kartu kredit pertama karena kesulitan memverifikasi riwayat kreditnya. Namun kabar baiknya adalah masih banyak bank yang menerima pengajuan kartu kredit pertama.

Apabila Anda juga pengaju kartu kredit pertama, sebaiknya Anda memilih beberapa bank berikut ini:

Maybank Indonesia (sebelumnya Maybank BII)
Maybank Indonesia umumnya menerima pengajuan kartu kredit pertama. Hal ini dibuktikan dengan beberapa persyaratan yang bisa dibilang cukup mudah, yakni sebagai berikut:

  • Telah berusia minimal 21 tahun,
  • Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta.

Bagaimana, sangat sederhana bukan? Selain syaratnya yang mudah, kartu kredit dari Maybank juga memiliki keunggulan, antara lain cashback di beberapa supermarket dan SPBU saat Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit tersebut.

CIMB Niaga
Kartu kredit CIMB Niaga tentunya menarik minat banyak pengguna kartu kredit. Bagaimana tidak? Kartu kredit yang satu ini menawarkan bebas iuran tahunan selama dua tahun pertama kepemilikan.
Hal ini sangat berpengaruh karena meski biaya iuran tergolong kecil, pembayarannya rutin dilakukan. Dengan bebas biaya iuran, Anda bisa memfokuskan dana bagi membayar kredit dan bunganya saja.

Bukan hanya itu, kartu kredit ini juga mudah diperoleh bagi pengajuan pertama. Adapun syarat yang berlaku dalam pengajuan kartu kredit CIMB Niaga adalah sebagai berikut:

  • Telah berusia 21-65 tahun,
  • Memiliki slip gaji atau pun surat bukti penghasilan beserta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Bank Mega
Bank Mega juga merupakan salah satu bank yang memberikan persyaratan yang cukup mudah bagi pengaju kartu kredit pertama.

Terlebih kartu kredit ini memberikan banyak keuntungan, misalnya saja potongan harga sebesar 10% di supermarket Carrefour, yang telah bekerja sama dengan Bank Mega bagian dari Trans Corp.

Persyaratan umumnya juga tergolong mudah. Apabila Anda tertarik, segera hubungi Bank Mega terdekat untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

#2 Memastikan Riwayat Keuangan Baik

Meskipun belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya, Anda bisa saja memiliki kredit dalam bentuk lain.

Nah, apabila Anda ingin mengajukan kartu kredit dan diterima, maka Anda perlu memastikan bahwa riwayat keuangan Anda baik.

Dengan kata lain, tidak ada sejarah kredit macet atau gagal bayar apabila Anda pernah melakukan kredit sebelumnya, baik dalam bentuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit mobil atau motor, dan lainnya.

Pihak bank akan selalu mengecek riwayat kredit Anda dan melihat status Anda dalam blacklist Bank Indonesia sebelum menyetujui pengajuan kartu kredit Anda. Oleh karena itu, jangan sepelekan hal yang satu ini.

#3 Memilih Kartu Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam mengajukan kartu kredit, Anda juga tidak bisa sembarangan. Untuk dapat memaksimalkan pemanfaatannya, maka Anda perlu memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan demikian, carilah kartu kredit dengan berbagai keuntungan yang bisa Anda manfaatkan.

Sebagai contoh, apabila Anda belum menikah, tentunya kartu kredit yang memberi keuntungan berupa poin belanja di supermarket bukanlah sebuah tawaran yang menarik. Lain halnya jika Anda sudah menikah, belanja bulanan menjadi suatu aktivitas yang rutin dilakukan.

Dengan kata lain, poin belanja supermarket tadi menjadi sebuah hal yang menarik karena sesuai dengan kebutuhan Anda.

Segera hubungi customer service bank untuk menanyakan seluruh informasi terkait kartu kredit incaran Anda, seperti syarat dan berbagai keuntungannya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan situs-situs pembanding kartu kredit (financial aggregator) untuk mengetahui kartu kredit mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Penasaran dengan situs-situs tersebut? Kenali beberapa financial aggregator melalui artikel berikut ini:

#4 Mengisi Formulir dan Melengkapi Persyaratan dengan Baik

Tidak peduli seberapa baik riwayat kredit Anda atau seberapa baik kemampuan keuangan Anda, pengajuan kartu kredit akan tetap ditolak apabila Anda gagal melengkapi persyaratannya.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengisi formulir dengan baik dan melengkapi seluruh persyaratan umum maupun dokumen yang diminta.

Sebagai contoh, lihatlah beberapa persyaratan pengajuan kartu kredit di beberapa bank besar berikut ini:

Bank Mandiri:

  • Fotokopi KTP,
  • Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp3.000.000 per bulan,
  • Fotokopi penghasilan,
  • Fotokopi NPWP,
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir,
  • Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, kamu harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Bank Central Asia (BCA):

  • Fotokopi KTP,
  • Minimal berumur 21 tahun dan berpenghasilan bersih minimal Rp3.000.000 per bulan,
  • Fotokopi bukti penghasilan,
  • Fotokopi NPWP,
  • Dan bagi yang sudah memiliki kartu kredit, kamu harus melampirkan tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir.

Bank Nasional Indonesia (BNI):

  • Minimal 21 tahun untuk mengajukan kartu utama, usia minimum 17 tahun untuk kartu tambahan dan maksimal usia 65 tahun untuk mengajukan kartu utama dan kartu tambahan,
  • Penghasilan minimum setahun Rp36 juta per tahun,
  • Fotokopi KTP,
  • Fotokopi Bukti Penghasilan,
  • Fotokopi NPWP.

HSBC:

  • Usia pendaftar aplikasi kartu utama 21-60 tahun dan syarat kartu tambahan minimal 17 tahun,
  • Pendapatan minimal di Jabotabek sebesar Rp5 juta dan di luar Jabotabek sebesar Rp4 juta,
  • Fotokopi KTP,
  • Fotokopi Bukti Penghasilan,
  • Fotokopi NPWP.

Citibank:

  • Minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun,
  • Berpenghasilan minimal Rp60 juta per tahun.