Langkah Mudah Membuat Printer Anda Menjadi Lebih Awet

Langkah Mudah Membuat Printer Anda Menjadi Lebih Awet

Apakah anda salah satu orang yang mengeluhkan printer yang digunakan cepat rusak. Lalu apakah hal ini penyebabnya adalah faktor dari printer nya yang kurang bagus? Atau faktor dari penggunanya? Itu bisa salah satunya atau juga keduanya. Jika hal ini disebabkan oleh faktor pengguna yang masih belum mengerti tentang bagaimana cara merawat sebuah printer, Maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas langkah mudah membuat printer anda menjadi lebih awet, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

Printer adalah sebuah output device komputer dan ini sangat penting. Pastinya kita semua sudah mengetahui, apa fungsi printer, fungsi yaitu untuk mencetak dokumen. Yang mana dari bentuk file digital kemudian menjadi fisik (lembaran kertas). Karena jika menggunakan printer dengan baik, dan merawatnya secara benar maka bisa membuat printer anda akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Akan tetapi gak banyak juga yang tau tentang bagaimana cara merawat printer. Padahal cara merawatnya gak sulit kok. Cukup kita memberikan perhatian terhadapnya.

1. Jagalah Kebersihan Printer

Yang pertama ialah agar selalu menjaga kebersihan. Sebab di udara bebar, banyak sekali debu – debu halus beterbangan yang tidak terlihat. Jika dalam kurun waktu lama mengenai printer, apalagi jika sampai masuk ke dalam komponenya, dan hal ini tentu bisa mempengaruhi kinerja printer dan juga dapat merusaknya. Maka dari itu, jagalah kebersihan printer dan rawat dengan baik.

2. Penempatan Printer

Karena printer ini termasuk barang elektronik. Jadi terdapat didalamnya serangkaian elektronik yang kebanyakan terbuat dari bahan logam. Maka dari itu dalam hal penempatan printer sebaiknya harus tepat. Anda jangan letakan printer pada tempat yang lembab dan juga jangan meletakkan printer pada tempat yang bersuhu panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Karena hal ini tentu dapat memicu terjadinya korosi pada rangkaian dan mekanik yang terbuat dari bahan logam.

3. Perhatikan Urusan Tinta

Khususnya buat anda yang mempunyai printer inkjet . Urusan memperhatikan tinta ini sangatlah penting. Karena kita tahu bahwa printer ini adalah printer yang memakai cartridge untuk tempat tinta dan juga sebagai tempat keluarnya tinta yang diperintahkan oleh mikrochips. Cara merawat printer dalam masalah tinta antara lain, saya sarankan untuk menggunakan merk tinta printer yang pas dan sesuai dengan merk printer kalian. Hal yang paling dperhatikan adalah berhati – hatilah jika mengisi ulang tinta. Jangan sampai salah warna.

4. Cleaning Printer

Dan berikutnya cara merawat printer pakailah fitur cleaning printer untuk mengatasi dan untuk membersihkan cartridge printer secara berkala. Dan untuk printer inkjet seperti canon ip2770 mempunyai auto cleaning pada saat printer sudah dimatikan. Sehingga kalian gak perlu sering – sering untuk melakukannya. Jadi gunakanlah seperlunya saja.

5. Jangan Diamkan Printer

Yang dimaksudkan disini adalah jika kalian telah selesai mengoperasikan printer dan akan menyimpannya dalam rentang waktu yang cukup lama. Kalau bisa sesekali luangkan waktu buat mengoperakannya. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama cartridge printer akan mengering. maka yang akan terjadi keluarnya tinta akan terhambat. mungkin itu saja sekiranya yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat buat kalian.