Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Sudah tidak bisa dipungkiri listrik merupakan kebutuhan pokok di zaman saat ini. Banyak kegiatan yang dilakukan tak lepas dari peran listrik. Baik itu di rumah, fasilitas umum ataupun perusahaan. Bisa dibanyangkan jika tanpa listrik, banyak kegiatan yang akan tertunda terutama di malam hari.

Maka tak heran Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus berupaya meluaskan jangkauan listrik sampai ke pelosok desa. Namun semua sudah pasti tahu bahwa itu tidak gratis, ada biaya yang dikenakan untuk pemakaian tiap bulannya. Saat ini pemasangan listrik baru biasanya menggunakan pulsa (Listrik prabayar), berbeda dengan sebelumnya yang biaya dikenakan tiap bulannya (Listrik pascabayar).

Jika kamu pengguna listrik pascabayar, lantas bagaimana jika kamu ingin cek tagihan listrik, terutama lewat HP yang berbasis Android. Jika kamu rasa cara ini lebih efektif, silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Untuk kamu pengguna Android kini bisa cek tagihan listrik menggunakan aplikasi yang kamu instal di perangkat android kamu. Ada banyak aplikasi yang cek tagihan listrik yang kamu bisa download di playstore namun sebaiknya menggunakan aplikasi resmi dari PT PLN, PLN Mobile for Android.

Pertama silahkan download aplikasi PLN Mobile di Google Play Store. Kemudian ikuti langkah berikut.

-Pilih menu Informasi pada tab menu
-Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik
-Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran kamu
-Klik Cari

Maka aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik kamu beserta besaran nominalnya.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menggunakan cara di bawah ini.

1. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Telepon

Cara pertama yang saya akan bagikan kepada kamu adalah via telepon. Cara ini bisa dibilang sangat mudah, kamu cukup menghubungi customer service PLN. Langkah pertama lakukan panggilan ke call centre PLN di 123, oiya jangan lupa juga untuk menyertakan kode area. Contoh area Jakarta maka lakukan panggilan ke (021)-123. Selanjutnya kamu perlu mengikuti petunjuk operator. Perlu diperhatikan panggilan ini dikenakan tarif telepon normal dan kamu bisa melakukannya kapanpun karena call center PLN siap sedia 24 jam.

2. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat SMS

Setelah sebelumnya mengecek tagihan listrik lewat telepon, maka kini lewat SMS. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan ketika cek tagihan listrik lewat sms, yaitu cek tagihan listrik selama satu bulan dan cek tagihan secara continue (berlangganan setiap bulannya untuk memperoleh informasi tagihan listrik).

- Cek tagihan listrik per bulan
Silahkan kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Contoh , REK 650086875955 kirim ke 8123.

- Berlangganan notfikasi informasi tagihan listrik
Silahkan kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Contoh, PLN ON 650086875955 kirim ke 8123.

Catatan: 

-Jika kamu ingin berhenti langganan notfikasi informasi tagihan listrik, kamu bisa kirim sms dengan format  PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Contohnya: PLN OFF 650086875955 kirim ke 8123.

-Cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

Demikian artikel ini saya buat. Semoga bermanfaat.