Cara Mudah Membuat Penjadwalan Pesan di Gmail

Cara Mudah Membuat Penjadwalan Pesan di Gmail

Untuk saat ini para pengguna rutin Gmail tentu gak usah khawatir lagi akan banyaknya mengerjakan rutinitas mengirim banyaknya pesan pada waktu-waktu yang sama ataupun dalam waktu yang berbeda-bedatersebut. Sebab saat ini Google sudah menghadirkan tool tambahan, yakni penjadwalan (schedule ) bawaan Gmail yang baru.

Pada awalnya pihak Google sudah mengumumkan jika Gmail akan mendukung sistem penjadwalan email pada bulan April 2019 kemarin, namun fitur tersebut saat ini baru tersedia hanya di perangkat desktop dan seluler.

Jadi kalian harus memakai add-on pihak ketiga jika ingin melakukan penjadwalan dasar tersebut. Dan untungnya, fitur baru Gmail sangat gampang digunakan, dan ia akan mempunyai berbagai aplikasi untuk menjadwalkan pekerjaan dan pesan pribadi. Mungkin kalian mencoba untuk berbicara dengan seseorang di zona waktu yang berbeda, mungkin akan memperingati seseorang tentang suatu peristiwa, atau kalian cuma pengen mengingatkan diri kalian saja di masa depan tentang sesuatu. Kalau demikian, jadwalkan pada email di akun Gmail kalian. Naha bagaimana cara menjadwalkan pesan-pesan tersebut di Gmail? Langsung saja kalian simak berikut ini.

Cara Mudah Membuat Penjadwalan Pesan di Gmail

1. Pertama kalian langsung saja buka akun Gmail kalian.
2. Selanjutnya kalian klik tanda + sebelah kiri atas untuk menulis email baru (compose)
3. Setelah itu kalian klik ikon segitiga yang berada di sebelah tombol "Kirim (Send)" yang berwarna biru
4. Lalu kalian pilih salah satu dari waktu yang disarankan, atau klik "Pilih tanggal & waktu" / “Pick date & time” agar bisa menyesuaikan kapan kalian ingin pesan tersebut keluar (terkirim)
5. Jika sudah fix dengan waktunya, selanjutnya kalian klik “Schedule send” /  “Jadwalkan pengiriman”
6. Mungkin prosesnya terlihat persis sama di aplikasi seluler Gmail. Namun alih-alih mengklik bagian dari tombol kirim, pada saat menulis email, Kalian harus mengklik tiga titik di sudut kanan atas layar. Maka itu akan memunculkan opsi untuk menjadwalkan waktunya.

Selanjutnya jika kalian ingin menemukan email yang sudah kalian jadwalkan dan kalian ingin membatalkannya caranya juga sangat mudah. Disini terdapat folder "Terjadwal /schedule" baru di desktop dan seluler. Kalian hanya klik di pesan di folder, dan klik bagian “Cancel send” / "Batal kirim" di kanan atas jendela untuk menghentikan pengiriman pesan. Maka dengan begitu, pesan tersebut akan segera kembali ke folder draft pada Gmail kalian.

Baiklah itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Mudah Membuat Penjadwalan Pesan di Gmail. Semoga bermanfaat dan terimakasih.