Apa Itu Listrik Prabayar dan Pascabayar? Berikut Penjelasannya!

Apakah kalian masih menggunakan Listrik Pascabayar? Atau sudah beralih menggunakan Listrik Prabayar? Keduanya menjadi pilihan bagi setiap rumah untuk memenuhi kebutuhan listrik.
Apa Itu Listrik Prabayar dan Pascabayar Berikut Penjelasannya
Sebelum menggunakan sistem prabayar, perumahan di Indonesia menerapkan sistem pascabayar, yang dimana penghuni akan menerima tagihan listrik pada akhir bulan sesuai dengan kebutuhan energi yang dipakai. Bedahalnya dengan sistem prabayar, penghuni rumah bisa langsung tahu besarnya pemakaian dan mengatur sendiri kebutuhannya.

Susahkah kalian tahu perbedaan antara penggunaan listrik prabayar dan pascabayar? Berikut perbedaan antara keduanya.

Listrik Prabayar

Listrik prabayar adalah listrik yang pembayarannya berada di awal, yaitu dengan sistem pulsa. Listrik prabayar juga biasa disebut dengan listrik pintar. Dimana pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik. Alat meteran listrik pun tidak lagi berbentuk analog, melainkan digital yang dapat kalian gunakan untuk memasukan kode pengisian listrik.

Sistemnya dibuat seperti membeli pulsa telepon genggam agar dapat memudahkan kalian. Kelebihan lain dari listrik prabayar ini, kalian tidak perlu khawatir akan biaya jika kalian terlambat dalam membayar tagihannya.

kalian tidak perlu cemas terkait harga voucher stroom (listrik pintar), dikarenakan harga bervariasi sesuai dengan kebutuhan kalian. Lalu, apabila ada kenaikan Tarif Daya Listrik pada listrik prabayar tidak akan berpengaruh. Maksudnya, kWh yang telah masuk ke meter prabayar tidak ikut naik.

Kelebihan Listrik Prabayar

  • Pelanggan bisa mengontrol pemakaian listrik setiap hari.
  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja.
  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan.
  • Jaringan luas pembelian listrik isi ulang, bisa dibeli di loket pembayaran listrik online.
  • Tepat digunakan bagi kalian yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos).
  • Tidak akan terjadi kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas.
  • Sistem rahasia, 20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain.

Kekurangan Listrik Prabayar

  • Jika pulsa listrik habis di waktu yang tidak terduga kalian harus siap voucher cadangan, Bisa saja saat membutuhkan listrik pulsa habis dan listriknya mati. Tetapi ada alarm pemberitahuan ketika listrik tinggal 10 kwh.
  • Sering bermasalah saat akan mengisi ataupun membeli, banyak kasus jaringan internet sedang down, maka kalian harus menunggu sementara listrik di rumah kalian sudah mati.
  • Meteran lebih sensitif dan mudah rusak.

Listrik Pascabayar

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya pada akhir bulan sesuai dengan energi yang digunakan. Meteran listrik pascabayar masih menggunakan alat analog yang menunjukkan besarnya daya yang telah digunakan. Pembayaran listrik pascabayar dapat dilakukan melalui bank, loket pembayaran dengan biaya admin yang dibebankan sebagai biaya jasa pembayaran tagihan listrik.

Kelebihan Listrik Pascabayar

  • Listrik selalu tersedia sampai tenggat waktu pembayaran di akhir bulan
  • Tidak repot melakukan isi ulang pulsa listrik / token listrik jika sewaktu-waktu kehabisan listrik

Kelemahan Listrick Pascabayar

  • Pemakaian bisa melampaui batas
  • Bila ada penunggakan listrik yang terlambat membayar tagihan maka akan terdapat denda dan bahkan dipadamkan oleh PLN.
  • Ada nya aktivitas yang mengharuskan petugas PLN kerap masuk ke pekarangan rumah.

Itulah keunggulan dan kelemahan dari penggunaan listrik prabayar dan pascabayar yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan untuk memilih ingin menggunakan yang mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Selain mempelajari perbedaan listrik prabayar dan pascabayar, kalian juga bisa menjalankan bisnis dari penggunaan listrik lho. Bagaimana caranya? Jadilah agen pembayaran listrik pascabayar maupun berjualan token listrik prabayar. Semua itu dapat kalian wujudkan hanya dengan menggunakan Smartphone kalian.