Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus di Indonesia

Tepat pada tanggal hari Kamis 8/8/2019 di New York Amerika Serikat, vendor asal Korea Selatan "Samsung" telah resmi merilis duo Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus.

Dua versi Galaxy Note untuk pertama kalinya diluncurkan dalam waktu bersamaan oleh Samsung. Bentuk dari kedua Smartphone ini hampir sama, perbedaan yang sangat tampak adalah pada ukuran layarnya, yaitu 6,8 inci dan 6,3 inci.

Pada bagian RAM dan Penyimpanan Samsung Galaxy Note 10 mempunyai beberapa model yakni RAM 8 GB dan 12 GB, kemudian storage 256 GB dan 512 GB.
 Harga Samsung Galaxy Note 10

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Harga Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus

Lantas berapa harga yang dibanderol untuk smartphone Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus? Duo Galaxy Note 10 dijual dengan kisaran harga mulai 949 dollar AS hingga 1299 dollar AS sebagaimana yang telah disebut oleh Samsung. Jika di Indonesia harganya berapa ya? Berikut daftar harga Samsung Note 10 dan Note 10 Plus berikut variannya.

  1. Galaxy Note 10 RAM 8 GB/256 GB Rp 13.999.000 
  2. Galaxy Note 10+ RAM 12 GB/256 GB Rp 16.499.000 
  3. Galaxy Note 10+ varian RAM 12 GB/512 GB Rp 18.999.000

Bagaimana, tertarik untuk memiliki duo smartphone ini? Kabar baiknya Samsung Indonesia langsung membuka pemesanan awal untuk smarphone andalanya Galaxy Note 10 dan 10 Plus. Bahkan beberapa e-commerce seperti bhinneka.com, blibli.com, bukalapak, dinomarket.com, elevenia.com, erafone.com, hartonoelektronika.com, JD.id, Lazada.co.id, Shopee, Telesindoshop.com, Tokopedia, telah membuka pemesanan untuk dua smartphone ini.

Bahkan kalian bisa mendapatkan bonus bagi yang mengikuti sesi pre-order, berikut rinciannya:

  1. Untuk pembelian Galaxy Note 10 akan mendapatkan earphone wireless Galaxy Buds. 
  2. Bagi pemesan Galaxy Note 10+ varian RAM 12 GB/256 GB akan mendapat upgrade Galaxy Note 10+ varian 12 GB/512 GB secara otomatis. 
  3. Khusus pemesan Galaxy Note 10+ varian 12 GB/512 GB, akan mendapatkan SmartTV Samsung 43 inci senilai Rp 5 juta.

Tidak cuma itu, Samsung juga melakukan bundling dengan beberapa operator di Indonesia seperti Indosat, Telkomsel, dan XL dengan menawarkan paket data hingga 20 GB/bulan, tergantung masing-masing kebijakan operator. Dan ada lagi bonusnya yaitu pembeli juga berkesempatan memperoleh cashback hingga Rp 1 juta.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 2019

Peningkatan beberapa fitur yang dimiliki Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus cukup signifikan dari pendahulunya. Dan yang paling menonjol ialah pada sisi kamera dan kemampuan S Pen.

Kamera

Modul kamera belakang Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus tersusun secara vertikal, yang beda dengan pendahulunya Note 9 dan S10 yang tersusun horisontal. Terdapat tiga kamera pada Galaxy Note 10 reguler. Yang pertama adalah kamera ultra wide 16 MP (f/2.2) 123 derajat yang didampingi dengan kamera wide angle 77 derajat dan dual aperture (bukaan lensa) beresolusi 12 MP 2PDAF (f/1.5),(f/2.4) OIS. Sedangkan kamera ketiga, ialah telephoto 12 MP (f/2.1), OIS, dengan bidang pandang 45 derajat. Dan untuk varian "Plus" mempunyai total empat sensor kamera. Tiga diantaranya berkonfigurasi sama dengan versi reguler, yang membedakan di samping modul kamera tersemat kamera resolusi VGA sebagai sensor depth vision.

Di kamera depan, kedua smartphone ini sama-sama dibekali kamera selfie beresolusi 10 MP dengan bidang pandang 80 derajat. Kamera depan tersebut ditampung dalam sebuah lubang kamera, mengikuti desain Infinity-O (Sebutan Samsung untuk titik kamera yang ada bagian layar) yang diusung. Jadi tepatnya lubang kamera depan Galaxy Note 10 dan Note 10+ berada tepat di tengah sudut layar berbeda dengan Galaxy S10 yang lubang kamera berada di pinggir.

Layar

Seperti yang saya terangkan di atas, Galaxy Note 10 reguler dibekali layar berbentang 6,3 inci, lebih kecil dibanding Note 10 Plus yang layarnya berbentang 6,8 inci. Kedua smatphone ini sama-sama memakai panel Dynamic AMOLED.

Platform

Pada bagian chipset, kedua varian sama-sama menggunakan Snapdragon 855 Plus untuk pasar AS dan Korea Selatan atau Exynos 9825 untuk pasar lain termasuk Indonesia.

Kedua smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android Pie yang dilapisi anatrmuka Intuitive One UI. Kini untuk pertama kalinya, duo Galaxy Note tidak lagi dibekali tombol fisik asisten virtual Bixby. Bixby terintegrasi yang bisa dipanggil dengan gestur geser layar ke kanan.

Memori

Di bagian memori kalian akan melihat perbedaan, dimana Galaxy Note 10 dibekali RAM 8 GB dan media internal 256 GB tanpa microSD. Sedangkan Galaxy Note 10 Plus dibekali RAM jumbo 12 GB dan internal 256, serta 512Gb GB. Ruang penyimpanan masih bisa diperluas hingga 1 TB dengan microSD.


Baterai

Dari sisi baterai yang ditanamkan pun beda. Galaxy Note 10 mempunyai baterai 3.500 mAh sedangkan varian "Plus" mempunyai kapasitas 4.300 mAh. Baik Note 10 dan Note 10 Plus turut dilegkapi fitur super fast charging yang diklaim sanggup mengisi daya secara penuh dalam waktu 30 menit dari posisi nol persen.

Fitur

S Pen Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus memperoleh peningkatan kemampuan. Kini, S Pen dilengkapi sensor gestur yang disebut AR Action dengan sensor gyroskop 6 sumbu dan akselerometer. Dengan fitur tambahan tersebut, S-Pen bisa diperoleh untuk mengganti mode foto/video, mengatur zoom, bahkan untuk mengubah live focus. S-Pen juga bisa dipakai untuk memilih mode kamera dengan menekan tombol dan mengayunkannya ke arah kiri atau kanan. Koneksi S Pen dengan Samsung Dex saat ini juga bisa disambungkan dengan desktop Windows maupun Mac dengan kabel USB.

Berbicara koneksi USB, kedua model dilengkapi dengan USB type C yang bersifat hybrid. Yang mana, ia bisa dipakai untuk mengisi daya sekaligus konektor earphone. Karena, Samsung mulai menanggalkan jack audio 3,5 mm di Galaxy Note 10 dan Note 10 Plus. Samsung juga menanamkan teknologi AI Game Booster untuk membuat daya lebih hemat saat bermain game.

Mode kamera juga diperkaya lagi dengan mode Live Focus Video, Zoom in Microphone, Super Steady, dan Video Editor. Pada kamera depan, kemampuan AR juga bertambah yang sekarang bisa difungsikan sebagai AR Doodle. Pengguna bisa memakai S Pen untuk membikin doodle sendiri secara 3D.

Ada tiga warna yang bisa dipilih untuk kedua model yakni Aurora Glow, Aurora Black, dan Aurora White.