3 Cara Screenshot di HP Samsung Galaxy A51

Cara screenshot Samsung A51 - HP ini merupakan smartphone terbaru yang diresmikan oleh vendor asal Korea Selatan, Samsung di tahun 2020. A51 menjadi produk perdana dari seri A yang mendobrak pasar gadget Indonesia di awal tahun ini.

cara screenshot samsung a51

Galaxy A51 memakai layar yang berkonsep lubang kamera seperti pada Samsung Note 10 dan Note 10 Plus atau biasa disebut punch hole. Tentu ini desain baru buat produk Samsung A series.

Untuk kebutuhan fotografi, bagian belakang ponsel ini dilengkapi dengan kamera utama sebesar 48MP, kemudian kamera ultrawide 12MP, kamera makro 5MP dan kamera depth sensor 5MP. Susunan 4 kamera tersebut seperti huruf "L".

Sedangkan untuk keperluan selfie, smartphone ini menggunakan kamera depan dengan lensa 32MP. Sangat menunjang untuk hasil foto yang terbaik.

Bagaimana dari segi dapur pacunya? Chipset Exynos 9611 menjadi penopang kerja dari ponsel terbaru Samsung A51. Disertai dengan ram sebesar 6GB dan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Interface yang memukau dengan One UI 2 serta menggunakan OS Android 10, HP ini juga dilengkapi dengan baterai 4.000 mAh. Sangat cocok untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Samsung A51 dibanderol dengan harga Rp4.399.000, gimana tertarik untuk memilikinya?

Dengan adanya pembaruan dari berbagai sisi, Samsung A51 memiliki cara screenshot yang sama dengan produk Samsung seri A lainnya seperti A71, A50S, A50, A30s. Jika Anda sudah memiliki ponsel ini dan ingin mengetahui cara ss di smartphone ini, berikut cara screenshot Samsung A51.

Baca juga: Cara Screenshot HP Samsung Galaxy Note 10

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A51


Ada 3 cara yang bisa Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar pada smartphone Galaxy A51 yaitu menggunakan tombol fisik, palm swipe to capture dan menu aksesibilitas.

1. Tombol Fisik

Cara ini umum digunakan pada smartphone ketika ingin melakukan screenshot/ss. Caranya cukup dengan menekan secara bersamaan pada tombol power dan volume bawah. Tahan beberapa detik hingga tampak indikasi kalau screenshot telah dilakukan, umumnya muncul kedipan layar dan suara rana kamera.

cara screenshot samsung a51 menggunakan tombol fisik
cara screenshot samsung a51 menggunakan tombol fisik

Jika Anda ingin melihat hasil screenshot yang Anda lakukan, silahkan lihat di Galeri Screenshot.

2. Palm Swipe to Capture

Fitur palm swipe to capture merupakan cara kedua yang bisa Anda lakukan ketika ingin melakukan tangkapan layar pada smartphone Samsung A51.

Caranya tidak sulit, cukup lakukan ini: Buka menu Setting Fitur LanjutanGerakan dan Gestur → Selanjutnya aktifkan Toogle On pada "Usapkan telapak tangan untuk mengambil" Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan pada gambar di bawah ini.

cara screenshot samsung a51 tanpa tombol
cara screenshot samsung a51 tanpa tombol

Setelah fitur tersebut aktif, maka untuk screenshot cukup dengan mengusapkan layar menggunakan ujung telapak tangan Anda dari sisi kanan ke sisi kiri layar. Coba perhatikan gambar di bawah ini.

Cara menggunakan fitur Palm Swipe to Capture di hp Samsung
Cara menggunakan fitur Palm Swipe to Capture di hp Samsung


3. Menu Aksesibilitas

Cara ini tidak jauh berbeda dengan cara nomor 2 di atas. Jadi Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fiturnya.

Caranya buka menu SettingAksesibilitas Interaksi dan Kecekatan → Kemudian aktifkan Toogle On pada "Menu asisten". Perhatikan contoh gambar berikut ini.

cara screenshot samsung a51 menggunakan menu aksesibilitas
cara screenshot samsung a51 menggunakan menu aksesibilitas

Setelah itu, akan tampak bola melayang di sisi kanan layar ponsel. Untuk memulai screenshot cukup dengan tap pada "bola melayang" tersebut lalu pilih Gambar Layar.

cara screenshot samsung galaxy a51 menggunakan menu aksesibilitas
cara screenshot samsung galaxy a51 menggunakan menu aksesibilitas

Demikian cara screenshot Samsung A51, 3 metode di atas sangat mudah untuk dilakukan. Semoga artikel ini bisa membantu.