Cara Mengetahui IP Address

Cara Mengetahui IP Address  - Setiap PC atau komputer mempunyai alamat IP yang masing-masing berbeda satu dengan yang lainnya. IP atau disebut juga dengan nternet Protocol Address merupakan sederetan angka biner, yaitu antara 32 – bit hingga 123 – bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi bagi setiap komputer host di jaringan internet. Panjang dari sederet angka ini ialah 32 – bit ( untuk Ipv4 / IP versi 4 ) dan sepanjang 128 – bit ( untuk Ipv6 / IP versi 6 ) yang menunjukkan sebuah alamat dari sebuah PC atau komputer yang sedang terhubung dengan jaringan internet atau sedang online tersebut di jaringan internet yang berbasis Transmission Control Protocol atau TCP.

Berikut ini cara mengetahui IP adress atau alamat IP dari sebuah komputer / laptop kita. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengetahui alamat IP atau IP adress kita, namun kali ini di postingan saya hanya akan memberikan bagaimana cara mengetahui alamat IP dengan memanfaatkan dua cara saja. Cara yang pertama ialah dengan memakai perintah ‘command prompt’, lalu cara yang ke dua ialah melalui ‘control panel. Sebelumnya, pastikan terlebih dulu untuk dapat mengecek IP adress di komputer atau laptop, laptop atau komputer tersebut harus dalam keadaan yang terhubung atau terkoneksi dengan jaringan internet atau sedang online. Berikut beberapa langkah yang harus anda lakukan sebagai cara mengetahui IP address atau alamat IP komputer atau laptop anda.

Cara Mengetahui IP Address

Cara Mengetahui IP Address Komputer


Berikut 2 cara yang dapat anda gunakan untuk mengetahui IP adress atau alamat IP untuk laptop / komputer anda.

1. Mengetahui Alamat IP yang Akurat Untuk Komputer dengan Cara Menginput Perintah ‘Command Prompt’, bisa Juga Melalui “Run’ yaitu dengan menekan windows dan R secara bersamaan.

  • Caranya ialah dengan mengklik star menu, lalu tuliskan huruf “cmd” di kotak pencarian itu, lalu anda tekan ‘enter’.
  • Setelah ada tampilan ‘command prompt’ di layar anda, ketik dengan tulisan ‘ipcofig’ di kursor aktif, kemudian tekan ‘enter’ lagi.
  • Kemudian nanti akan tampil jendela baru, scroll hingga ke bagian atas lalu lihatlah IP adress atau alamat IP komputer anda.


2. Cara Mengetahui Alamat IP atau IP Adress di Komputer atau Laptop Sendiri dengan Melalui ‘Control Panel’

  • Kliklah menu start, lalu input tulisan ‘ Control Panel ‘ dan anda pilih tulisan ‘Network and Internet’, kemudian klik pada tulisan ‘Network and Sharing Center’.
  • di halaman tersebut yaitu ‘Network and Sharing Venter’, anda klik di media koneksi internet milik anda dan terakhir anda pilih tab ;details’ untuk dapat mengetahui alamat IP atau IP adress dari laptop / komputer milik anda. 


Itulah ke dua cara mengetahui IP address atau alamat IP untuk komputer / laptop, semoga dengan tutorial diatas anda tidak lagi bingung untuk mengecek IP sebuah komputer milik anda.