Daftar Email Di Gmail,Yahoo,Dan Hotmail

Cara Mudah Membuat Email Di Gmail,Yahoo,Dan Hotmail - Salah satu hal yang menonjol dalam perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini adalah dalam bidang komunikasi, bisa kita ketahui bahwa akses komunikasi saat ini sudah dapat dikatakan sangat lancar dan leluasa, pasalnya salah satu dampak dari perkembangan teknologi saat ini adalah semakin lancarnya akses komunikasi.

Salah satu diantara banyak media komunikasi yang  menonjol adalah Email atau Electronic Mail. Email adalah layanan kirim surat namun digunakan melalui media elektronik seperti internet. Email memiliki keuntungan lebih besar dibandingkan dengan berikirim surat dari tangan ke tangan.

Fungsi email sendiri bagi kebanyakan orang saat ini memang sangat vital, terlebih bagi orang - orang yang sering berhadapan dengan komputer atau bertukar data melalui email ini. Jadi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa email sudah menjadi bagian tersendiri bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan layanan internet, karena kebanyakan media sosial yang berada di internet membutuhkan email untuk menggunakannya, seperti facebook,instagram,path.

Bagi anda yang masih awam dalam dunia internet mungkin masih belum memiliki email, dan masih belum mengetahui cara untuk membuat sebuah email. Sebelumnya akan saya jelaskan mengenai email yang dapat dibuat dalam internet saat ini. Untuk membuat email, kita akan memanfaatkan situs - situs pembuat email seperti Google,Yahoo, dan Hotmail. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan secara lengkap kepada anda mengenai cara pembuatan email melalui 3 situs penyedia email.

Beberapa Situs Penyedia Email

  • Google Mail
  • Yahoo Mail
  • Hotmail

Fungsi Email

  • Sarana komunikasi yang mudah dan cepat
  • Sebagai syarat dalam pembuatan akun sosial media dalam internet
  • Sebagai identitas diri
  • Penghubung dalam segala aktivitas di dinternety


Cara Membuat Email Dengan Mudah


Google Mail


Google Mail atau disingkat dengan Gmail adalah layanan email dari Google untuk umum yang menurut saya paling nyaman diantara yang lain karena navigasinya yang sangat mudah untuk dikendalikan.Selain itu Gmail sendiri mendapatkan dukunagn dari mesin pencari Google yang memiliki banyak manfaat.Untuk membuat akun gmail, silahkan ikuti langkah - langkah berikut :

1. Langkah awal yang harus dilakukana dalah dengan membuka halam utama dari Google Mail sendiri, yaitu gmail.com

2.Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman uama dari google sendiri, untuk membuat akun email baru, silahkan klik pada bagian Buat Akun 


3. Akan muncul formulir pendaftaran untuk membuat akun email yang baru, silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan kolom yang sesuai.

Keterangan :
  • Nama Depan : Ketikan sesuai dengan nama depan anda
  • Nama Belakang : Ketikan sesuai nama belakang anda
  • Buat Kata Sandi : Silahkan isi dengan kata sandi sesuai selera andam minimal 6 huruf dan harus kombinasi dari huruf dan angka, semakin rumit semakin baik
  • Konfirmasi Kata Sandi : Tulis ulang kata sandi anda
  • Tanggal Lahir : Masukan tanggal lahir anda, sesuaikan tahun,bulan, serta tanggalnya
  • Gender : Pilih laki - laki atau perempuan
  • Ponsel : Opsional, bisa di isi dan dikosongkan, namun lebih baik jika di isi
  • Alamat Email Saat Ini : Opsional, bisa di isi dan dikosongkan, namun lebih baik jika di isi
Jika anda sudah selesai mengisi formulir sebelumnya, silahkan klik Lanjutkan untuk masuk ke tahap berikutnya


4. Pada halaman selanjutnya, anda akan diberikan notifikasi atau konfirmasi untuk pembuatan email pada gmail, untuk melanjutkannya silahkan klik pada Next Step atau Langkah Berikutnya



5. Selamat, akun Gmail anda kini sudah jadi dan siap untuk digunakan berikirim surat ataupun untuk digunakan dalam kepentingan lainnya. Berikut adalah tampilan dari halaman utama Google Mail yang baru saja anda buat, terdapat beberapa bagian atau tombol - tombol tersendiri yang memuat fungsi yang berbeda.


Keterangan :


  • Biru : Tab yang berisikan perintah untuk melihat Inbox,Draft,dan lain lain. Tab tersebut memiliki fungsi tersendiri, misalkan Inbox, untuk melihat pesan yang pernah diterima, Draft untuk melihat pesan yang ditulis namun tidak terkirim atau tempat untuk menyimpan surat anda.
  • COMPOSE : Tombol ini untuk memulai menulis surat kepada akun email lain, akan muncul pop up mengenai subjek dan isi dari surat tersebut.
  • HIJAU : Tab yang memuat beberapa pengelompokan dari inbox, misalkan yang paling kiri atau Primary adalah tab yang memuat mengenai email masuk kategori biasa, sedangkan yang tengah adalah tab yang memuat email masuk yang berkategori Sosial, misalkan anda menggunakan facebook, maka notifikasi facebook akan masuk ke tab tersebut
  • BIRU MUDA : Adalah isi dari Inbox, disitu akan muncul pesan yang masuk ke alamat email anda sesuai dengan tab diatasnya, atau tab hijau
  • JINGGA : Adalah logo akun anda, jika ingin log out silahkan klik pada logo tersebut dan pilihlah Keluar, atau Sign Out

Yahoo Mail

Situs penyedia email lain dari Google Mail adalah Yahoo Mail atau Ymail merupakan layanan dari Google yang hampir sama seperti Google yang memiliki mesin pencari. Untuk mendaftar layanan email dari Yahoo tidak begitu sulit, sama seperti mendaftar Google Mail, silahkan simak cara berikut:

1.Pertama - tama, seperti biasanya anda harus mengunjungi halaman utama dari situs penyedia email tersebut, untuk yahoo, silahkan klik pada id.yahoo.com

2.Klik pada bagian Sign ini di pojok kanan atas untuk memasuki halaman login account



3.Pada bagian ini, silahkan klik pada Buat Akun untuk membuat akun email yang baru



4. Maka anda akan diminta untuk mengisikan formulir pendaftaran yang sudah disediakan oleh Yahoo, silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan kolom yang diminta, pastikan data yang di isi adalah data yang valid.



Keterangan :


  • Nama Depan : Isikan dengan nama depan anda
  • Nama Belakang : Isikan dengan nama belakang anda
  • Nama Pengguna Yahoo (Email) : Pada kolom ini silahkan isi dengan alamat email yang anda inginkan, anda bebas menggunakan nama apapun, namun lebih saya anjurkan untuk menggunakan nama yang mudah diingat 
  • Kata Sandi : Untuk kata sandi, silahkan isi menggunakan kalimat anda yang mudah diingat pula namun memiliki rangkaian kata yang rumit, gunakan kombinasi alfabet dan huruf.
  • Nomor Ponsel : Isikan dengan nomor ponsel yang anda miliki
  • Tanggal Lahir : Sesuaikan dengan tanggal lahir anda, bataas umur minimal untuk membuat email andalah 17 tahun
  • Jenis Kelamin : Pilih Laki Laki / Perempuan
  • Nomor Pemulihan : Opsional


5. Jangan lupa untuk memasukan kode captha yang sudah disediakan, seperti gambar dibawah ini, jika sudah klik Kirim Kode



6.Tunggu beberapa saat, karena kode konfirmasi akan dikirimkan ke nomor ponsel yang anda masukan tadi, jadi tunggu ada sms masuk adri pihak yahoo, dan masukan kodenya.

7. Selamat! akun Ymail anda sudah jadi, untuk melanjutkan, silahkan klik pada Persiapan Awal



8. Tidak lama kemudian, akun email anda sudah jadi, anda akan dibawa menuju ke halaman utama dari Yahoo, untuk memasuki halaman Email, klik pada tab Mail



Hotmail


Hotmail adalah salah satu layanan email lainnya selain Ymail,dan Gmail, yang mana layanan yang satu ini didukung oleh Microsoft yang terkenal sebagai creator Sistem Operasi yang sangat populer dengan Windowsnya. Untuk mendaftar email Hotmail, anda tidak perlu repot, karena caranya sangatlah mudah, silahkam simak langkah berikut :

1. Seperti biasa, untuk memulai mendaftar email, silahkan kunjungi halaman utama dari Hotmail, hotmail.co.id

2. Setelah anda sampai ke halaman utama dari Hotmail, silahkan klik pada Daftar Sekarang untuk mendaftarkan email baru.

3. Kemudian, anda akan diminta untuk mengisikan formulir pendaftaran email yang baru, silahkan isi formulir yang sudah disediakan dengan data yang valid.


Keterangan :
  • Nama Depan : Isikan dengan nama depan anda
  • Nama Belakang: Isikan dengan nama belakang anda
  • Nama Pengguna : Klik pada Atau dapatkan email baru terlebih dahulu,setelah itu isikan nama pengguna atau email.
  • Sandi : Silahkan isi sesuai keinginan anda, namun usahakan isi dengan tingkat kerumitan yang tinggi
  • Masukan Ulang Sandi : Ketikan ulang sandi yang anda tulis sebelumnya
  • Negara : Ketikkan negara anda berasal
  • Tanggal Lahir : Sesuaikan tanggal lahir anda dengan memilih kolom tyang bertuliskan hari,builan,dan tahun
  • Jenis Kelamin : Pilih sesuai jenis kelamin anda
  • Nomor Telepon : Isikan dengan nomor ponsel yang anda punya (wajib)

Setelah itu, klik pada Buat Akun untuk menyelesaikan pembuatan email anda.

4. Maka, akun Hotmail anda sudah jadi, silahkan cek halaman utama dari email anda.


Itulah beberapa cara untuk membuat email di beberapa situs penyedia layanan email, tidak sulit bukan dalam membuat email?? pada dasarnya dalam pembuatan email hanya dibutuhkan identitas diri yang jelas. Sudah saya jelaskan dengan lengkap mengenai cara membuat email di 3 situs penyedia email, yakni Gmail,Ymail,dan Hotmail, silahkan anda pilih sendiri layanan email yang akan anda gunakan, pada dasarnya semuanya memiliki fungsi yang sama.

Demikianlah ulasan yang dapat saya berikan pada postingan kali ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi anda, jika ada kata kata yang kurang berkenan di hati, kami mohon maaf, sampai bertemu di postingan selanjutnya.