19Cara Agar Blog Terdeteksi Google terlihat search engine 0detik

Belakangan ini, yakni setelah update pinguin 2.0 dan menjelang update pagerank, sangat banyak blogger yang mengeluhkan mengapa blog tidak terdeteksi google? atau bagaimana cara agar blog kita terlihat di google?.

Hal ini khususnya terjadi pada blog baru, adapun blog lama terkadang artikel yang sudah ia publish belum juga terindeks google padahal sudah satu minggu, hal ini sebagaimana salah satu komentar pada artikel 8 Cara agar blog terlihat di google .


cara agar blog bisa dicari di google
Sebelum lanjut, saya ingin menjawab dulu permintaan sobat blogger pada artikel Cara agar blog tampil di google. Maksud dari Tips yang kesepuluh adalah ketika anda selesai mempublish artikel misal judulnya adalah " Cara Membuat Blog Gratis" maka:

  1. Buka Blogger.com > Pilih Pos > Lalu pilih salah satu artikel, usahakan pilih artikel yang terlaris (Popular Post) dan berkaitan dengan ; Misal artikel terfavorit blog anda berjudul 21 Tips Cara Menghilangkan Jerawat 
  2. Akan ada tiga pilihan: Edit, Pratinjau, Berbagi, Hapus [karena meminta gambar, silahkan lihat disini http://prntscr.com/196lti ] maka Pilih Edit, setelah halaman editor tempat menulis artikel terbuka > Lalu Pada Akhir artikel tuliskan: Silahkan anda membaca artikel menarik yang cukup penting ini: Cara Membuat Blog Gratis
  3. Lalu tekan tombol perbarui
Cara ini tidak perlu dilakukan jika antara artikel terfavorit dan artikel terbaru memiliki kaitan dan anda telah memasang widget Relates Post pada blog

Adapun tips ke 14 tentang menghapus artikel copy paste, jika memang khawatir atau kesulitan mengatasi broken link maka silahkan di edit sampai tingkat kemiripan dengan artikel copas sangat kecil. Dan tentang artikel pendek tinggal di tambah sedikit saja agar agak panjang, tidak usah dihapus.

Nah, sekarang kita lanjut cara agar blog terlihat bisa di cari di google melanjutkan 14 cara sebelumnya.

Cara agar blog bisa terdeteksi & ditemukan mesin pencari google

15. Tingkat perayapan google terhadap sebuah blog atau halaman blog, sesuai dengan tingginya jumlah kunjungan pada artikel tersebut. Sehingga jika ingin cepat terindex google maka usahakanlah agar blog anda secara keseluruhan memiliki banyak pengunjung. Sehingga mempengaruhi kecepatan indeks terhadap artikel-artikel baru pada blog tersebut. Mungkin tips 21 Cara agar blog ramai dikujungi bisa membantu anda.

16. Biasanya halaman yang paling sering dikunjungi adalah homepage (halaman depan). Jadi tampilkanlah post terbaru, jangan di setting nol ( tidak tampil ) atau hanya satu. tampilkanlah tiga atau empat post, sesuai dengan artikel yang belum terindeks. Misal 5 artikel terakhir belum terdeteksi google, maka atur agar homepage menampilkan 5 post terakhir.

17. Letakkan link posting terbaru itu pada sidebar atau navigasi di bawah header, sebagaimana saya meletakkan beberapa link dengan judul artikel pilihan. Cara mudahnya adalah dengan memasang widget Recent Post ( Artikel Terbaru).

18. Daftarkan blog anda ke google analytic, ini sebenarnya langkah awal agar blog cepat terdeteksi google, karena tracker inilah yang terus mendata dan melaporkan aktivitas pada blog atau website anda secara detail.

19. Daftar RSS Feed di Feedburner. Feedburner adalah salah satu situs milik Google yang mengurus feed RSS (umpan web). Situs ini akan melakukan ping artikel terbaru anda secara otomatis. Intinya feedburner.com membantu blog anda untuk lebih cepat terindeks.

Sementara itu saja, 19 cara agar blog cepat terdeteksi google jika memang website atau blog anda mengalami masalah dalam hal indeks ini. Dan saya berharap website anda cepat terindeks google hingga bisa  dalam hitungan nol detik seperti blog ini.

cara agar blog dapat dicari di google