Review Vivo V7, Ponsel Berkamera Jumbo 24 MP

Vivo V7 telah diluncurkan sekitar akhir tahun 2017 lalu meramaikan pasar ponsel tanah air dan dunia. Varian ini merupakan versi yang sedikit lebih rendah Vivo V7+ yang telah lebih dahulu hadir di pasaran. Perbedaan yang signifikan antara Vivo V7 dengan Vivo V7+ adalah dari segi ukuran layar, kapasitas penyimpanan dan beberapa fitur lainnya.
Harga jual ponsel Vivo V7 saat ini terpantau lebih murah jika dibandingkan pada masa awal peluncuran yang sempat menembus angka Rp 3,8 juta, sekarang HP berkamera besar tersebut sudah bisa dibawa pulang dengan merogoh kocek hanya sekitar Rp 3,2 juta saja.

Spesifikasi dan fitur yang terdapat pada Vivo V7 terbilang cukup tinggi di kelasnya, terutama pada sektor kamera. Ingin tahu lebih lanjut mengenai HP Vivo V7 ini, silahkan simak saja ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain dan Layar

Vivo V7 memiliki bodi yang terbuat dari bahan Polycarbonate, bukan metal. Sekilas tampilannya memang mirip dengan ponsel berbahan metal, tapi sebenarnya bukan itu. Desain yang dimiliki banyak kesamaan dengan ponsel merk Vivo yang lain, di mana permukaan bagian belakang bukanlah rata, namun sedikit menggelembung ke atas. Desain bodi belakang yang seperti itu akan meningkatkan kenyamanan saat memegang handphone sebelah tangan.

Sementara itu konsep desain layar yang disematkan adalah berupa layar full screen yang oleh Vivo sendiri disebut dengan FullView Display. Tepi layar atau bezel sudah sangat tipis hanya sekitar 2,15 mm saja, sedangkan tepi bagian atas dan bawah termasuk tipis juga, walaupun tak setipis tepi kiri-kanannya. Kamu tidak akan menemukan tombol Home dan kawan-kawan pada bagian fisik, tapi cuma berupa tombol virtual yang ada di dalam layar.

Pada bagian sisi sebelah kanan terdapat tombol power dan tombol volume, sedangkan pada sisi sebelah kiri ada slot tempat kartu SIM beserta kartu MicroSD yang dijadikan satu. Pada bagian belakang terdapat pula kamera utama, lampu flash dan sensor sidik jari yang juga berfungsi sebagai tombol shutter kamera. Pada bagian bawah, ada port Micro USB beserta colokan audio jack 3,5 mm.

Bentang layar yang dimiliki oleh HP Vivo V7 adalah seluas 5,7 inci. Resolusi layarnya tersebut adalah HD+ yakni 720 x 1440 piksel, sama dengan ponsel Oppo A83 yang sebelumnya telah direview pada postingan sebelumnya di sini (silahkan masukkan link post Oppo A83). Bukan cuma luas layar yang sama dengan Oppo A83, kerapatan pikselnya juga sama yaitu ~282 ppi.

Panel layar yang dibenamkan adalah jenis IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu memproduksi 16 juta warna. Karena desain perangkat yang bezel-less, maka ratio layarnya pun menjadi 18:9 yang memang banyak dipakai oleh ponsel masa kini. Ratio layar yang seperti itu akan memudahkan saat mode dual windows alias menampilkan dua aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan pada layar.

Performa


Di sisi performa, Vivo V7 tergolong cukup bagus. Saat digunakan untuk memainkan game online dan beberapa game populer lainnya, kinerjanya lumayan mantap karena banyak diantara game-game terkenal bisa dijalankan dengan lancar. Hal tersebut bisa terjadi karena prosesor yang dipakai sebagai dapur pacunya adalah Qualcomm Snapdragon 450 yang walaupun termasuk CPU kelas entry-level, kinerjanya tidak mengecewakan.

Di sisi RAM, berkapasitas cukup lega yaitu sebesar 4 GB. Sementara untuk media penyimpanan internal adalah 32 GB. Jika dirasa masih kurang, pengguna dapat menambahkan kartu MicroSD yang didukung hingga kapasitas 256 GB. Rasanya untuk masalah opsi ruang penyimpanan file-file, tidak ada kendala pada Vivo V7 ini.

Pada sektor olah grafis, Vivo mempercayakan Adreno 506 sebagai GPU untuk ponsel besutannya yang satu ini. Kinerja GPU Adreno 506 terbilang cukup bagus, apakah untuk kebutuhan multmedia atau pun bermain game online via smartphone.

Kamera


Salah satu hardware yang diunggulkan pada Vivo V7 adalah resolusi kameranya yang besar. Kamera belakangnya memiliki resolusi sebesar 16 MP, sementara kamera depan lebih besar yakni 24 MP. Bagi kamu yang suka selfie, ini tentunya merupakan kabar bagus sebab foto yang dihasilkan akan memuaskan terutama dari sisi resolusi hasil jepretan kamera yang tinggi.

Fitur yang disematkan pada kamera belakang diantaranya Ultra HD dengan fitur PDAF. Saat merekam video, kamera bagian belakang tersebut bisa menghasilkan video beresolusi 1080p pada 30fps. Kamera depannya tampaknya lebih superior karena memakai sensor Samsung dan disempurnakan lagi dengan kehadiran fitur Face Beauty 7.0. Fitur beauty tersebut akan mampu membedakan antara wajah pria dan wanita, sehingga secara otomatis bisa dihasilkan foto yang lebih pas.

Ringkasan Spesifikasi Vivo V7


Harga: Mulai Dari Rp 3,2 Jutaan
Jaringan: 4G/3G/2G
CPU: Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU: Adreno 506
OS: Android 7.1 (Nougat)
RAM: 4 GB
Memori Internal: 32 GB
Memori Eksternal: Ya, MicroSD mendukung sampai dengan 256 GB
Luas Layar: 5,7 inci
Resolusi: 720 x 1440 Piksel, Ratio Layar 18:9, Kerapatan Piksel ~282 ppi
Panel Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Kamera Belakang: 16 MP (f/2.0, 1/3", 1.0┬Ám)
Kamera Depan: 24 MP
Sensor Sidik Jari: Ya, Terletak pada bagian belakang
Baterai: Li-Ion 3000 mAh Non-Removable
Pilihan Warna: Champagne Gold, Matte Black dan Energetic Blue

Kelebihan Dan Kekurangan Vivo V7


Kelebihan:


1. Desain kekinian dengan layar bezel-less dan ratio layar 18:9
2. Resolusi kamera depan besar, sehingga cocok sekali untuk selfie
3. Ada fitur Face Beauty 7.0 yang sangat bagus untuk selfie
4. Terdapat fitur pemindai wajah dan pemindai sidik jari.

Kekurangan:


1. Resolusi layar belum Full HD
2. Hasil rekaan video belum bisa resolusi 4K

Nah, setelah melihat ulasan di atas apakah kamu makin tertarik untuk membeli ponsel Vivo V7 tersebut? Sekedar masukan dari Admin, jika kamu nantinya akan menggunakan untuk selfie atau main game online, membeli Vivo V7 akan bisa memenuhi kebutuhan kamu tersebut. Di samping itu desain dan fitur kekinian yang ada pada ponsel besutan vedor asal China tersebut, akan memberikan tampilan gadget yang fresh di hadapan teman-teman kamu.

Kalau kamu saat ini telah menyiapkan budget sekitar Rp 3,2 jutaan dan memiliki kebutuhan seperti yang disebutkan pada paragraf di atas, membeli Vivo V7 merupakan sebuah pilihan yang tepat. Fitur keamanan yang ada pada ponsel tersebut termasuk banyak pilihannya seperti face unlock dan juga fingerprint, yang tentunya akan meningkatkan kenyamanan terutama di sektor security atau keamanan perangkat dari gangguan tangan jahil.

Akhir kata, semoga ulasan tentang review Vivo V7 di atas bisa bermanfaat dan juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi sebelum membeli. Jika kamu merasa tulisan ini berguna untuk orang lain juga, jangan lupa untuk share ya.