Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Google Maps merupakan salah satu layanan peta terbaik di dunia yang banyak penggunanya terutama bagi kamu yang sering melancong. Namun kita sudah ketahui bersama penggunaan Google Maps memerlukan koneksi internet yang stabil agar kita bisa menggunakannya secara maksimal.

Sampai pada akhirnya Google meluncurkan fitur baru yang memungkinkan kamu menjalankan Google Maps tanpa internet atau secara offline. Pengunaan Google Maps secara offline telah bisa dinikmati oleh pengguna Android maupun iOS. Penggunaan Google Maps baik di Android maupun di iOS hampir sama, jadi walaupun tutorialnya dikhususkan untuk Android, kamu bisa juga mempraktekkannya di iOS.
Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android

Cara Menggunakan Google Maps Secara Offline di Android


Berikut langkah-langkah menggunakan Google Maps Secara Offline di Android:

1. Buka aplikasi Google Maps yang ada di HP Android kamu dan perlu kamu perhatikan koneksi internet yang stabil.

2. Sentuh menu yang ada dibagian pojok kiri atas, kemudian pilih dan sentuh Area Offline.
google map offline android
3. Lalu sentuh ikon + yang ada di pojok kanan bawah. Kemudian akan muncul popup seperti gambar di bawah ini, silahkan pilih dan sentuh UNDUH SEKARANG, jika kamu ingin mengunduhnya menggunakan data seluler.
cara menggunakan google map offline android
4. Silahkan pilih area atau lokasi pada Google Maps yang ingin kamu unduh, setelah itu pilih dan sentuh UNDUH yang ada di kanan bawah layar dan selanjutnya beri nama lokasi yang sudah kamu pilih untuk bisa digunakan secara offline. Langkah terakhir pilih dan sentuh SIMPAN.
cara menggunakan google maps offline di android

5. Tunggiu proses pengunduhan selesai. Namun tentu menggunakan google maps secara offline memiliki kekurangan dibandingkan menggunakan google maps secara online.

Demikian tutorial singkat yang bisa saya berikan untuk kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.