Ketahui Disini!! Perbedaan HTTP dan HTTPS

Suka Internetan? Pastinya kamu tidak asing lagi ketika mendengar istilah HTTP dan HTTPS kan? Apalagi jika kamu suka menjelajah dunia maya menggunakan browser yang digunakan. Namun apakah kamu sudah memahami, apa sih kedua istilah dan apa saja perbedaannya? Berikut akan kami ulas perbedaan HTTP dan HTTPS!
Perbedaan HTTP dan HTTPS

Pengertian HTTP dan HTTPS

Wwalaupun kelihatannya hampir sama dan hanya berbeda satu huruf, jelas HTTP dan HTTPS jauh berbeda dan memiliki pengaruh yang cukup signifikan untuk sebuah websita atau blog.

Apa Itu HTTP?

Ketahui Disini!! Perbedaan HTTP dan HTTPS
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) memiliki arti sebagai permintaan atau respon protokol berdasarkan mode komunikasi klien atau server.

Secara mudahnya, HTTP dapat diartikan sebagai sebuah protokol yang mengatur komunikasi anatar klien dan server. Klien yang dimaksud dalam hubungan ini merupan web browser maupun perangkat lain yang mampu mengakses, menerima dan menampilkan konten di dalam web.

Jadi klien akan mengirim pesan ke server yang memiliki konten HTML dan menjawabnya dengan respon yang berisi konten HTML. Kegiatan inilah yang diatur dalam sebuah protokol bertama HTTP.

Apa Itu HTTPS?

Ketahui Disini!! Perbedaan HTTP dan HTTPS
HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) merupakan versi lebih aman dari HTTP, yang dikembangkan oleh Netscape Communication pada 1993 silam.
HTTPS ini terimplementasi dengan SSL (Secure Socket Layer) yang pada akhirnya mengalami pembaruan menjadi TLS (Transport Layer Security).

Pada masa kini, kebanyakan website sudah menerapkan HTTPS sebagai standar. Sebuah Web browser yang terintegritas dengan HTTPS membutuhkan SSL Certificate untuk menotentikasi server atau website.

Jika kamu perhatikan, pengguna protokol HTTPS ditandai dengan ikon gembok pada sebelah kiri address bar. Disitulah informasi otentikasi sertifikat bisa kamu lihat.

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Wwalau berbeda satu huruf saja, ternyata perbedaan HTTP dan HTTPS menjadi sangat penting berkaitan dengan keamanan data yang kamu gunakan. Inilah Perbedaan mendasar dari dua protokol tersebut!

1. Keamanan Data Antara Klien dan Server

Ketahui Disini!! Perbedaan HTTP dan HTTPS
Perama berkaitan dengan keamanan data anatar  klien dengan server, HTTP tidak bisa menjaminya. sementara HTTPS yang sudah diberikan protokol keamanan sudah bisa melakukan hal ini.

Setidaknya pula HTTPS mampu menangani isu keamanan data lewat tiga metode, yakni autentikasi, server, kerahasiaan data lewat enkripsi dan integritas.

2. Perbedaan Penggunaan Potr dan SSL

Ketahui Disini!! Perbedaan HTTP dan HTTPS
Kemudian mengenai port yang digunakan, HTTP menggunakan port 80 dan HTTPS menggunakan port 443.

HTTP dan HTTPS keduanya memiliki protokol antara klien-server yang sama, namun berbeda dengan diharuskannya sertifkat SSL pada HTTPS.

SSL (Secure Socket Layer) yang sudah disebutkan di awal juga berfungsi dalam keamanan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang ditransmisikan antara klien dan server.

3. Keuntungan menggunakan HTTPS

Ketahui Disini!! Perbedaan HTTP dan HTTPS
Melihat penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS di atas sudah jelas kalau HTTPS saat ini sudah menjadi sebuah standar dan tampaknya diwajibkan untuk para pemiliki website maupun blog.

Lalu apa sajakah keuntungan protokol HTTPS dibandingkan HTTP dalam penggunaannya?

Mengamankan data dan transaksi yang ada di website dengan enkripsi, termasuk untuk password dan lainnya.
Menambah tingkat kepercayaan pengunjung website dengan warna hijau yang biasanya terdapat pada address bar dan ikon.
Prioritas dalam mendapatkan ranking SEO yang lebih baik di laman pencarian Google.

Nah itulah sekilas menegnai perbedaan antara HTTP dan HTTPS beserta keuntungan menggunakan HTTPS dibandingkan HTTP untuk website dan blog saat ini.