Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus dengan sengaja atau pun tidak.

Bagaimana caranya saya sudah siapkan panduan mudah cara mengembalikan chat WA yang terhapus untuk kamu. simak bawah ini!

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus

Buka File Manager.  Lalu pilih folder WhatsApp

Buka folder Database. Folder Databases ini berisi backup dari pesan / chat yang kita lakukan. Setiap backup diberi nama msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12.

Keterangan waktu, tahun-tanggal-bulan disesuaikan dengan waktu melakukan backup otomatis atau backup secara manual. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Cari file database msgstore.db.crypt12 (Database yang dipakai saat ini). Hapus atau ganti nama (rename) file ini.

Pilih salah satu dan ganti nama file database menjadi msgstore.db.crypt12. Dalam contoh ini saya mengganti file msgstore-2017-04-01.1.db.crypt12  =>  msgstore.db.crypt12.  File itu saya pilih karena pada tanggal tersebut saya yakin bahwa pesan yang terhapus sebelumnya masih ada.  Apabila file yang dipilih terlalu jauh rentang waktunya, maka pesan-pesan pada rentang waktu tersebut tentu saja akan hilang.

Buka Play Store.  Cari WhatsApp Messenger, lalu klik Copot pemasangan.  Tunggu sampai proses uninstall selesai.

Klik Pasang untuk instal kembali aplikasi WhatsApp Messenger.

Masukkan nomor telepon untuk mendapatkan kode verifikasi, seperti biasanya. Kemudian aplikasi akan mendeteksi keberadaan database percakapan atau pesan lama dan akan ada pertanyaan apakah ingin memulihkannya?. Pilihlah opsi Restore atau Pulihkan.

Selanjutnya proses pemulihan akan berjalan, dan pesan-pesan akan pulih sesuai dengan tanggal database yang telah kita ubah sebelumnya.

Selesai semoga bermanfaat dan Jangan lupa share terimakasih.