Tips Memotret Makanan Menggunakan Handphone

Tips Memotret Makanan Menggunakan Handphone

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini dengan adanya platform media sosial salah satunya adalah Instagram, telah banyak orang mengunggah foto mereka yang paling bagus dan yang paling disukai termasuk termasuk salah satunya adalah foto makanan.

Untuk sebagian orang, memotret foto makanan dengan tangkapan yang apik dan mengunggahnya itu semua akan menjadi satu kesenangan tersendiri. Akan tetapi jika kalian yang belum pernah membidik foto makanan dan ingin menghasilkan tangkapan yang bagus, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Langsung saja berikut beberapa tips yang perlu kalian perhatikan supaya foto makanan di Instagram kalian tampak lebih keren dan kece habis.

Tips Memotret Makanan Menggunakan Handphone

Tips Memotret Makanan Menggunakan Handphone

1 . Foto dekat Jendela Agar Mendapat Cahaya Alami

Pertama kalian harus pilih lokasi tempat berfoto karena tempat juga dapat mempengaruhi hasil foto makanan kalian walaupun dengan memakai kamera ponsel.

Walaupun telah dilengkapi oleh flash, kamera ponsel gak memiliki sistem pencahayaan yang baik.

Maka dari itu, cari meja yang dekat dengan jendela sehingga mendapat kan penerangan yang alami, dan pastikan cahaya yang masuk juga gak terlalu terang dan gak terlalu redup. Jika kalian memotret pada malam hari, maka carilah meja dengan pencahayaan yang cukup.

2. Perhatikan Sudut Pengambilan Gambar

Sudut pengambilan gambar gak begitu rumit akan tetapi perlu kalian perhatikan dengan seksama.

Pada saat memoto makanan, ini biasanya ada dua sudut favorit yaitu sudut 90 derajat atau tepat berada di atas makanan.

Atau bisa juga pada sudut 45 derajat, agar foto makanan yang dihasilkan akan terlihat seolah-olah seperti sedang dilihat oleh orang yang akan menyantap makanan tersebut.

Pada saat akan memfoto makanan itu, kalian harus usahakan agar tangan gak bergoyang atau bergetar, jika ponsel kalian belum dilengkapi dengan fitur image stabilization, maka kalian bisa menahan napas beberapa detik selagi memotret.

3. Gunakan Aksesoris

Nah disini kalian juga disarankan untuk menggunakan aksesoris yang tersedia di sekitar supaya makanan yang kalian foto dapat lebih Instagramable walaupun dipotret dengan memakai ponsel.

Disini juga ada sejumlah aksesoris yang dapat kalian pakai misalnya sendok, garpu, piring saji atau beberapa taburan garnis baik di makanannya maupun di sekeliling makanan itu sendiri.

4. Jangan Salah Pilih Filter

Jika kalian gak memiliki keahlian menyunting foto, sekarang ada beberapa filter foto yang dapat kalian gunakan. Filter ini disediakan oleh sejumlah aplikasi yang tersedia di Play Store misalnya VSCO Cam, Adobe Lightroom, Snapseed dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Jika kalian ingin cepat maka Instagram pun sudah memiliki filter tersendiri seperti Valencia, Ludwig, X-Pro II, Crema, dan Amaro. Semoga bermanfaat terimakasih.