Terbaik dan Akurat! Ini Aplikasi Untuk Mengetahui Gempa

Aplikasi Untuk Mengetahui Gempa - Akhir-akhir ini kita sering melihat berita gempa di berbagai media masa atau kamu sendiri merasakannya di daerahmu. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang rawan terjadi gempa.

Menilik hal itu, kita jadi berpikir perlunya ada teknologi yang bisa dengan cepat memberikan kita informasi tentang gempa yang sedang terjadi. Maka dari itu seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui informasi gempa yang sedang terjadi.

aplikasi untuk mengetahui gempa

Aplikasi Untuk Mengetahui Gempa


Aplikasi apa saja yang dimaksud? Berikut ini daftar aplikasi yang perlu kamu pertimbangkan untuk diunduh di hp Android kamu.

1. Info BMKG

Kamu perlu update informasi dari sumber yang berasal dari lembaga resmi yang ada di negara ini, yakni lewat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Di mana dengan aplikasi pendeteksi gempa ini kamu akan memperoleh notifikasi informasi langsung dari BMKG.

Selain menyuguhkan bencana gempa bumi, aplikasi Info BMKG juga menawarkan informasi tentang prakiraan cuaca yang diupdate setiap jam. Untuk informasi gempa, kamu akan diberikan informasi kekuatan, lokasi, disertai jarak titik gempa dengan lokasi kamu berada.

2. Info Gempa Indonesia (BMKG)

Aplikasi Info Gempa Indonesia dibikin untuk memudahkan kamu untuk memantau gempa bumi terupdate yang terjadi di Indonesia. Informasi yang disuguhkan aplikasi ini juga bersumber dari data BMKG Indonesia.

Kegunaan aplikasi ini masih sama seperti Info BMKG, bahkan data yang dimunculkan di aplikasi ini merupakan data yang sama dengan yang dimunculkan pada aplikasi resmi BMKG.

3. EarthQuakes

Aplikasi EarthQuakes merupakan aplikasi pendeteksi gempa yang tersedia khusus untuk perangkat berbasis Android. Aplikasi ini kamu unduh secara gratis dan mempunyai daftar komprehensif dari 17 sumber informasi kesiapsiagaan gempa internasional.

Adapun sumber pemberitahuan gempa diantaranya berasal dari United States Geological Survey (USGS), European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC), British Geological Survey, Geoscience Australia, Naturan Resources Canada, dan Japan Meteorologi Agency. Jadi informasi gempa di aplikasi ini pasti sangat akurat.

4. Earthquake Alert!

Aplikasi Earthquake Alert! merupakan salah satu aplikasi pendeteksi gempa menunjukkan titik pusat gempa layaknya yang ditampilkan di Google Maps. Aplikasi ini bisa dibilang menjadi aplikasi pendeteksi gempa paling populer di toko aplikasi Android.

Untuk penggunaanya, aplikasi ini dapat diatur untuk mengingatkan kamu terhadap gempa, jarak, durasi, sampai kekuatannya. Kamu dapat mengatur aplikasi ini untuk memperbarui informasi setiap 15, 30 hingga 60 menit. Jadi, kamu dipastikan akan terus update terhadap informasi gempa terbaru.

Itulah daftar aplikasi untuk mengetahui gempa secara akurat yang bisa kamu miliki untuk diundah di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.