Cara Melindungi Akun Twitter Dari Peretas, Ikuti Cara Ini!

Membicarakan peretasan, apa kalian pernah tau bahwa akun CEO Twitter Jack Dorsey pernah diretas? Dari situ kita bisa tahu atau mengungkap adanya kecacatan dalam sistem jaringan sosial itu, Twitter dari sini juga kita dapat belajar sekalipun orang tinggoi atau siapapun tidak menjanjikan dirinya bebas dari aksi peretasan, termasuk CEO Twitter sendiri.
Cara Melindungi Akun Twitter Dari Peretas
Hal tersebut lantas menimbulkan pertanyaan serius, bagaimana cara untuk menjaga akun dari resiko keamanan? Nah mari kita simak cara berikut ini, cara agar akun milik kita terhindar dari peretas.

Cara Melindungi Akun Twitter Dari Peretas

- Pertama

Manfaatkan kode verifikasi. Untungnya, Twitter menawarkan beberapa metode verifikasi yang lebih aman. Salah satunya menggunakan aplikasi Google Authenticator yang akan memberi kalian kode. Seorang peretas akan membutuhkan ponsel kalian yang sebenarnya untuk mendapatkan kodenya.

Selain itu, kalian dapat menggunakan token keamanan fisik, yakni perangkat kecil yang dibeli secara terpisah untuk menghasilkan kode keamanan. Seorang peretas biasanya perlu mencuri kunci itu secara fisik untuk mendapatkan akses ke akun.

- Kedua

Ganti nomor telepon kalian. Saat ini, tampaknya satu-satunya cara untuk mematikan kemampuan menggunakan pesan teks untuk mengirim tweet dari akun kalian adalah dengan mengganti nomor telepon kalian di Twitter.

Namun, melakukannya dapat menonaktifkan otentikasi dua faktor di akun kalian. Sebagai gantinya, jika kalian berada di Amerika Serikat, cobalah mengganti nomor telepon kalian dengan nomor yang dihasilkan oleh Google Voice.

Nomor telepon Google Voice tidak dikelola oleh operator seluler dan tidak ada orang yang bisa diajak bicara oleh peretas untuk membantu mereka mendapatkan kendali atas nomor kalian. Krebs mengakui ini bukan solusi yang sempurna karena akun Google juga bisa diretas melalui pertukaran SIM.

Utamanya bagi siapa pun di luar Amerika Serikat yang perlu menemukan layanan alternatif. Tetapi, cara itu menurutnya efektif jika kalian mengaktifkan metode verifikasi alternatif di akun Google dan mengikuti prosedur keamanan lain yang umumnya bagus, seperti menetapkan kata sandi yang sangat kuat dan unik untuk semua situs yang digunakan.

Dilansir dari CEO Twitter, Dia sendiri menduga bahwa dirinya korban pertukan kartu SIM. Praktiknya, peretas akan menyuap atau meyakinkan karyawan operator seluler untuk mengganti nomor telepon ke perangkat keras.

Jurnalis cybersecurity terkemuka, Brian Krebs mengatakan, seseorang dapat menawarkan hingga seribu dolar untuk melakukan pertukaran SIM.
"Jika seseorang hacker mendapatkan kendali atas nomor telepon yang terkait dengan akun twitter kalian, mereka dapat mengirim pesan teks apapun yang mereka inginkan ke nomor Twitter, 40404, dan mereka akan segera dipublikasikan ke akun kalian." ujarnya yang dilansir dari CNN, Sabtu (31/8)
Nah begitulah teman-teman cara agar kalian bisa melindungi akun twitter kalian dari peretas, jadi hati-hati saja ya teman-teman bahkan bisa saja orang terdekat kalian yang merupan dalang dari akun kalian teretas, siapa tau? dan kita tidak pernah tau ya! Semoga bermanfaat.