Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

Smartphone kekinian telah didukung dengan berbagai sensor kamera yang memampuni untuk mengambil gamber dengan kualitas bagus. Namun, tidak semua pengguna smartphone bisa mengoperasikannya.
Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

Tips Dasar Mengambil Foto Menggunakan Smartphone

1. Kenali Auto Mode 

Dengan menganali auto mode dan mengetahui cara kerja mode pemotretan otomatis pada kamera smartphone, dapat membantu pengguna mengambil foto yang bagus. Luangkan waktu untuk belajar ketika menggunakan ISO tinggi, kecepatan rana yang panjang dan sesuaikan cara pengguna mengambil foto.

2. Gunakan Postur Tubuh yang Baik

Dengan Tips ini kalian dapat menghindari hasil foto yang tidak jelas, pengguna harus mengetahui cara memegang kamera smartphone secara stabil. Merentangkan tangan terlalu jauh dapat membuatnya bergoyang ketika memotret.

Oleh karena itu, disarankan menggerakkan siku ke sisi tubuh untuk memberikan sedikit stabilitas. Namun, jika ingin stabilitas yang sempurna, pengguna dapat menggunakan bantuan tripod.

3. Jangan Memperbesar Objek Gambar

Banyak sekali smartphone saat ini yang telah menyediakan fitur 2x zoom. Namun, dalam tips ini bukan fitur tersebut yang dimaksud karena vendor smartphone telah memberikan pembesaran optik tanpa kehilangan kualitas gambar.

Nah, sebaiknya jangan pernah melakukan zoom digital atau mencubit layar smartphone untuk memperbesar gambar. Hal tersebut hanya akan memperbesar dan memotong output dari sensor sebelum foto diambil. Hasilnya, foto yang dibidik akan kehilangan kualitasnya.

4. Ambil Banyak Foto Sekaligus

Sangat disarankan untuk mengambil beberapa foto berturut-turut dengan cepat karena hal itu memungkinkan pengguna untuk memilih hasil yang terbaik. Jika hanya mengambil satu atau dua gambar, pengguna kemungkinan akan kehilangan momen dan hanya mendapat sedikit hasil foto.

5. Edit

Meski sekarang telah banyak smartphone dibekali dengan sensor canggih, sebagian besar pengguna menginginkan hasil foto yang terbaik layaknya diambil menggunakan kamre profesional. Oleh karenaa itu, pengguna dapat mengeditnya menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga seperti Lightroom. Pengguna dapat melakukan perubahan komposisi warna pada foto hingga ketajaman untuk menampilkan lebih banyak detail.