Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer

Pada update artikel kali ini, caraseobali.com akan kembali mengulas tentang Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer, sebelumnya kami juga telah membahas Pengertian macam macam topologi jaringan komputer, silahkan baca dahulu mungkin anda juga membutuhkannya.

Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer


Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer


Pertama kali yang akan kita bahas yaitu pengertian jaringan komputer, kebanyakan dari pengguna komputer & internet hanya bisa menggunakan tanpa tahu apa yang dimaksud dengan jaringan komputer itu sendiri. Berikut ulasannya !! 

Pengertian Jaringan Komputer 
Jaringan komputer merupakan hubungan antara beberapa komputer dengan komputer lainnnya, komputer komputer ini dapat terhubung tentu dengan bantuan alat lainnya (hardware) yang mempunyai tugas me manage lalu lintas diantara jaringan komputer yang ada pada ruang lingkup itu sendiri. Kegunaan / Manfaat Jaringan Komputer Jaringan komputer ini dibuat ada manfaatnya, salah satu manfaat dibentuknya sebuah jaringan komputer yaitu untuk bertukar data dan juga informasi, baik secara personal maupun perusahaan, tentu ini dapat memberikan kemudahan antara para penggunanya yang terhubung pada jaringan tersebut. 

Berikut manfaat di bentuknya jaringan komputer :

  • Digunakan untuk memudahkan para anggota yang terhubung saat ingin berkomunikasi.
  • Digunakan untuk bertukar informasi secara massal dan cepat.
  • Digunakan untuk berbagi sumber daya, baik itu data ataupun lainnya.
  • Diguankan untuk memudahkan manajemen pada suatu komputer.

Bagaimana ? dari 4 manfaat utama di atas kita sudah bisa simpulkan bahwa jaringan komputer itu sangat di perlukan terutama perusahaan yang memiliki manajemen tinggi dan karyawan banyak, disamping lebih menghemat tenaga, juga bisa menghemat pengeluaran. Nah selanjutnya tinggal kita mengenal apa saja jenis jenis jaringan komputer itu agar pengenalan kita tentang Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer dapat menjadi sempurna.

Jenis Jenis Jaringan Komputer


Untuk jenis jenis pada jaringan komputer, kita akan bagi sesuai kelompoknya, berikut informasi selengkapnya :

Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan
  • Local Area Network (LAN), Sesuai namanya, jaringan komputer ini hanya digunakan pada area lokal seperti di kampus, sekolah, kantor dan sebagainya.
  • Metropolitan Area Network (MAN), Jaringan Komputer MAN merupakan jaringan yang memiliki jangkauan cukup luas, namun berkisar antara jarak 50km, jaringan ini biasa digunakan untuk menghubungkan antar gedung yang berada cukup jauh antara gedung satu dengan gedung lainnya.
  • Wide Area Network (WAN), jaringan ini jangkauannya bisa dikatakan luas, WAN dapat menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya dengan hingga antar kota maupun negara. Jaringan komputer ini sebenarnya adalah jaringan LAN dari beberapa tempat yang dihubungkan ke salah satu device yang disebut dengan ROUTER.

Jenis Jaringan Berdasarkan Topologi


  • Topologi TREE
  • Topologi RING
  • Topologi BUS
  • Topologi LINIER
  • Topologi Mesh

Untuk penjelasan lebih dalamnya tentang apa itu topologi, bisa dilihat artikel sebelumnya pengertian macam macam topologi jaringan

Jenis Jaringan Berdasarkan Fungsinya 

  • Client Server, merupakan suatu jaringan yang mengharuskan adanya perangkat komputer khusus yaitu komputer client dan komputer server. 
  • Peer To Peer, merupakan suatu jaringan komputer yang memiliki kesamaan dalam kinerjanya, jadi semua komputer dapat menjadi client maupun server secara bersamaan. 


Jenis Jaringan Berdasarkan Transmisi

Wired Network (Jaringan Berkabel), sesuai namanya jaringan ini menggunakan wired atau kabel yang menghubungkan antar komputer untuk melakukan pertukaran data.

Wireless Network (Jaringan Nirkabel), jaringan wireless merupakan suatu jaringan yang terhubung tanpa harus menggunakan kabel, bisa dikatakan menggunakan sinyal saja seperti bluetooth untuk bertukar datanya. hanya saja wireless dapat menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dengan jarak cukup jauh bisa sampai 200m.

Mungkin Pengertian, Manfaat Dan Jenis Jenis Jaringan Komputer ini sedikit membuat bingung anda, namun setidaknya teori dasar sudah tersampaikan tinggal bagaimana anda untuk mencerna definisi ke semua bagian diatas. Terimakasih.