Macam Macam Metode Pembelajaran

Di dalam proses belajar-mengajar, metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting. Adanya metode belajar yang digunakan seorang pendidik dalam kegiatan mengajarnya bertujuan supaya proses dan aktivitas belajar menjadi terstruktur. Sekarang ini banyak sekali macam-macam metode pembelajaran yang ada. Mulai dari yang biasa sampai yang terjemahan dari luar. 

Beberapa diantaranya adalah:

  1. Metode Ceramah (Preaching Method)
  2. Metode diskusi ( Discussion method )
  3. Metode demontrasi ( Demonstration method )
  4. Metode resitasi ( Recitation method )
  5. Metode percobaan ( Experimental method )
  6. Metode Karya Wisata
  7. Metode latihan keterampilan ( Drill method )
  8. Metode mengajar beregu ( Team teaching method )
  9. Metode mengajar sesama teman ( Peer teaching method )
  10. Metode pemecahan masalah ( Problem solving method )
  11. Metode perancangan ( projeck method )
  12. Metode Bagian ( Teileren method )
  13. Metode Global (Ganze method )
  14. Metode Discovery
  15. Metode Inquiri
Macam Macam Metode Pembelajaran


Macam-macam Metode Pembelajaran yang Ampuh dan Mudah

Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai berbagai macam metode pembelajaran.

1. Metode Ceramah

Metode pembelajaran ceramah merupakan metode penerangan secara lisan kepada pendengar, dalam pembelajaran ialah para murid. Dengan metode ini, guru dapat membangkitkan  inspirasi bagi pendengarnya. Jika bahan pembelajaran berupa informasi dan sukar didapatkan, metode ceramah sangat cocok untuk digunakan.

2.  Metode Diskusi

Metode pembelajaran diskusi merupakan metode pembelajaran yang dalam prosesnya melibatkan dua orang atau bahkan lebih untuk kemudian saling berinteraksi dan saling memberikan pendapatnya masing-masing dalam memecahkan sebuah masalah sehingga terpecahlah masalah tersebut. Metode ini mampu mendorong anak didik agar lebih berani mengutarakan pendapatnya dan membuatnya terbiasa bicara di hadapan umum.

3. Metode Demonstrasi

Metode pembelajaran demontrasi adalah metode pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya menggunakan demonstrasi. Seorang demonstrator bisa saja guru atau bahkan anak didik. Metode ini sangat efektif untuk menolong anak didik agar dapat menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: bagaimana proses mengerjakannya? Bagaimana membuatnya? Bagaimana itu bisa terjadi? Dan sebagainya.

5. Metode Resitasi

Metode Pembelajaran Resitasi merupakan suatu metodepembelajaranyang mengharuskan anak didik membuat resume dengan kalimat sendiri.

6. Metode Eksperimental

Metode pembelajaran eksperimental merupakanmetode pembelajaran dengan siswa yang melakukan percobaan dengan membuktikan dan mengalaminya sendiri sesuatu yang dipelajari tersebut. Tentunya dengan langkah-langkah mengikuti prosesnya, mengamati obyeknya, menganalisis, membuktikan dan kemudian menarik kesimpulan sendiri tentang obyek yang dipelajarinya.

7. Metode Study Tour (Karya wisata)

Metode study tour Study tour (karya wisata) merupakan metode mengajar yang mengajak anak didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan. Kemudian anak didik membuat laporan dan membukukannya, juga mendiskusikan hasil kunjungan tersebut.

8. Metode Latihan Keterampilan

Metode latihan keterampilan (drill method) merupakan metode pembelajaranyang memberikan pelatihan keterampilan secara berulang kepada peserta didik. Metode ini juga mengajakanak didik langsung ketempat latihan keterampilan untuk melihat proses tujuan, fungsi, serta kegunaan dan manfaat sesuatu (misal: membuat tas). Metode ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan atau pola otomatis pada anak didik.

9. Peer Theaching Method

Metode Peer Theaching merupakan metode yang sama dengan mengajar sesama teman, yaitu suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri.

Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai beberapa macam-macam metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh anda para tenaga pendidik yang mungkin sedang kebingungan mencari metode yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Semoga dapat bermanfaat.