Cara Membuat Program Kerja

Membuat rencana program kerja adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membantu tim atau seseorang dalam mencapai tujuan tertentu, dengan cara membuat program kerja maka pihak atasan bisa memahami skala dari sebuah proyek ataupun perusahaan dengan lebih baik. Selain itu juga tujuan pembuatan program kerja adalah untuk membantu mengerjakan proyek dengan teratur atau lebih rapi. Mengapa demikian ? karena dengan membuat program kerja inilah anda bisa menyelesaikan proses kerja yang besar menjadi tugas-tugas kecil sehingga pekerjaan pun cepat terselesaikan. Lalu bagaimana cara membuat program kerja yang baik ? jika anda masih bingung maka anda bisa menyimak pembahasan ini.

Cara Membuat Program Kerja


Bagaimana Cara Membuat Program Kerja itu ? 


1. Menulis Pendahuluan Dan Latar Belakang

Salah satu cara membuat program kerja yang pertama adalah menulis pendahuluan dan juga latar belakang, untuk program kerja yang professional maka sebaiknya anda harus menulis latar belakang terlebih dahulu agar atasan anda mengetahui informasi apa saja yang mereka butuhkan untuk memahami program kerja tersebut.pendahuluan hendaknya ditulis dengan singkat saja namun menarik sedangkan untuk latar belakang sebaiknya anda membahas mengenai alasan anda membuat program kerja tersebut contohnya seperti untuk mengidentifikasi masalah yang harus diatasi dan yang lainnya.

2. Menentukan tujuan dan target kerja 

Kedua hal ini adalah masalah yang saling berkaitan satu sama lain, dalam membuat program kerja keduanya sama-sama menuju hasil yang diharapkan, hanya saja tujuan bersifat lebih umum sedangkan target lebih spesifik.

3. Menyusun program kerja dengan “smart”

Smart bukan berarti menyusun program kerja dengan pintar namun smart disini adalah salah satu akronim yang biasanya digunakan untuk menemukan hasil yang lebih nyata dan bisa dikerjakan pada dunia kerja, smart berarti :

S : spesifik atau lebih terperinci
M : measurable atau terukur
A : achievable atau bisa dicapai
R : relevant atau berkaitan dengan kepentingan
T : time bound atau terikat waktu

4. Mencantumkan Sumber Daya

Cara membuat program kerja yang selanjutnya adalah dengan mencantumkan sumber daya, dalam daftar ini anda menulis semua kebutuhan untuk mencapai target, sumber daya ada bermacam-macam baik itu dana, tenaga maupun yang lainnya tergantung dari rencana kerja yang anda buat.

5. Mencantumkan Si Penanggung Jawab

Nah, jika anda membuat program kerja maka jangan lupa untuk mencantumkan nama yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program kerja tersebut, karena penanggung jawab adalah elemen yang sangat penting demi berlangsungnya program kerja tersebut dengan baik

Itulah tadi beberapa langkah yang bisa anda gunakan sebagai cara membuat program kerja baik itu di perusahaan ataupun pada instansi pemerintah yang lainnya, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi anda semua.