Contoh Pembuatan Kata Pengantar Makalah

Kata pengantar makalah adalah salah satu bagian terpenting yang tidak dapat terlewatkan dari sebuah makalah. Sebab sebuah makalah dapat dikatakan baik jika disertai dengan ucapan kata pengantar yang isinya sengaja dibuat oleh penulis. Berdasarkan namanya, kata pengantar merupakan ucapan rasa syukur dan rasa terima kasih dan sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuatnya. Selain itu terdapat juga kalimat pengharapan dan penjelasan mengenai tema dan isi makalah yang telah dibuat.

Di dalam sebuah karya tulisan yang berbentuk buku baik itu buku biografi, novel dan lain sebagainya pasti selalu terkandung kata pengantar karena secara tidak langsung ini dapat menambah tingkat profesionalitas sebuah karya tulis tersebut. Walaupun sebagian besar pembaca akan jarang membaca bagian ini, namun bagian ini dapat menunjang profesionalitas dan kredibilitas dari sebuah makalah yang telah diselesaikan. Selain itu dengan adanya ini dapat mewujudkan rasa hormar seorang penulis terhadap pembacanya.


Dalam merangkai sebuah kalimat pengantar harus menggunakan bahasa baku dan juga kalimat efektif yang mudah dipahami oleh pembaca. Adapun contoh kata pengantar makalah yang dapat kami sajikan dalam artikel kali ini.



Contoh Kata Pengantar Makalah


Adanya contoh kata pengantar makalah ini dapat membantu anda dalam merangkai kata pengantar.

Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-NYA sehingga penulis bisa menyelesaikan laporan pelaksanaan kuliah kerja lapangan. (KKL) di MTS An-nuur Palembang yang telah dilaksanakan tepatnya pada tanggal 3 Februari sampai dengan 16 Maret 2014, Serta penulis bisa menulis laporan KKL ini dengan baik. Dan juga shalawat beserta salam  penulis tujukan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabat beserta pengikutnya hingga akhir zaman.Adapun tujuan dari penulisan laporan KKL  ini adalah untuk melengkapi salah satu syarat akademik dalam mencapai Starta Satu (S1) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jurusan pendidikan matematika  Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia. Sebagai aplikasi pengabdian kepada masyarakat  sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi.Terselesaikan laporan KKL ini berkat bantuan beberapa pihak, untuk itulah penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen pembibing dan semua guru yang telah membantu.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan KKL ini masih banyak terdapat kesalahan dan juga kekurangan. Hal ini dikarenakan juga keterbatasan dan pengalaman yang dimiliki baik dari segi praktek, penulisan, penyusunan kata, dan tata bahasa yang kurang dari sempurna, maka dari itulah kami penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan dimasa yang akan datang.


Itulah informasi mengenai contoh kata pengantar makalah dengan kaidah yang benar. Semoga dapat membantu anda yang saat ini tengah mencari informasi mengenai cara membuat sambutan pengantar yang baik dan benar di dalam sebuah makalah.