Inilah 4 Fitur Keren Apilkasi Google Keep Yang Jarang Diketahui

Google Keep merupakan sebuah aplikasi kategori produktivitas yang tersedia untuk pengguna Android. Banyak sekali fitur-fitur bermanfaat yang terdapat di dalamnya yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, misalnya ketika membuat catatan Anda cukup merekam suara Anda, aplikasi keren ini akan mengubahnya menjadi teks.


Aplikasi gratis ini dikembangkan sendiri oleh Google dan bebas untuk didownload di Google Palyastore tanpa dipungut biaya sepersen pun. Saat tulisan ini dibuat, aplikasi Google Keep telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki rating cukup tinggi, di angka 4,4.

Nah, bagi Anda yang mungkin belum tahu fitur-fitur apa saja yang ada pada aplikasi Google Keep, Anda bisa menyimaknya pada ulasan di bawah ini.

1. Bisa Mengubah Audio Menjadi Teks

Saat Anda merasa malas untuk mengetik sebuah catatan, Anda bisa memanfaatkan Google Keep untuk membuatnya. Cukup tap ikon microphone yang ada di sebelah tulisan "take a note" dan setelah ikon mic dengan tulisan "Speak Now" muncul, lalu bicaralah tentang apa yang akan Anda tulis, aplikasi ini akan mengkonversi suara Anda menjadi teks.

Fitur berguna ini selain tidak memerlukan kegiatan mengetik huruf satu-satu, juga akan menghemat waktu karena sebuah catatan yang lumayan panjang bisa dibuat hanya dalam waktu kurang dari 10 menit saja.

2. Mampu Mengekstrak Tulisan Dari Gambar

Ingin mengambil teks yang ada pada sebuah foto tanpa perlu mengetik ulang? Dengan aplikasi Google Keep hal tersebut bisa dengan mudah Anda lakukan. Untuk menggunakan fitur ini tidaklah terlalu sulit dan berbelit-belit, begini caranya:

a. Unggah sebuah foto atau silahkan pilih dari foto-foto yang ada di Gallery
b. Tap ikon 3 garis pada pojok kanan atas aplikasi, selanjutnya pilih "Grab image text".
c. Kemudian tunggu sampai Google Keep selesai mengekstrak teks yang ada pada foto yang telah Anda pilih.
d. Edit terlebih dahulu teks hasil ekstrak atau langsung disimpan juga bisa.

3. Tandai Setiap Catatan Dengan Warna Background Yang Anda Inginkan

Jika Anda memiliki catatan yang cukup banyak, tentunya akan cukup menyulitkan saat ingin mencari dan membuka kembali catatan tersebut, namun pada aplikasi Google Keep kesulitan tersebut bisa diatasi dengan menambahkan warna backgroud berbeda untuk setiap catatan. Misalnya untuk catatan yang berhubungan dengan pekerjaan, Anda bisa memberi dengan latar belakang hijau, sementara untuk catatan lain, Anda dapat memberi backgroud sesuai dengan warna yang Anda inginkan.

4. Salin Catatan Pada Google Keep Ke Google Doc

Menyalin catatan yang telah Anda buat di Gooogle Keep ke Gogle Doc akan berguna jika Anda ingin mengedit atau mengkases catatan pada perangkat lain, misalnya laptop. Untuk menyalin catatan ke Google Doc, berikut caranya:

a. Buka aplikasi Google Keep, lalu pilih catatan yang ingin Anda salin.
b. Selanjutnya tap catatan yang dipilih kira-kira 2 detik sampai muncul opsi.
c. Jika menu opsi sudah muncul, silhkan pilih "Copy to Google Doc".
d. Selesai.

Itulah 4 fitur bermanfaat yang terdapat pada aplikasi Gogle Keep yang jarang diketahui orang. Masih banyak fitur-fitur menarik lainnya yang dibenamkan pada aplikasi besutan Google tersebut, misalnya fitur membuat gambar, membagikan catatan dan lain-lain.

Fitur-fitur seperti yang dijelaskan di atas sulit ditemukan pada aplikasi Android gratis lainnya, kalaupun ada, Anda harus membeli lisensinya terlebih dahulu. Jika Anda tertarik untuk mencoba fitur-fitur keren tersebut, silahkan unduh langsung di Google Playstore melalui tautan ini
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.keep&hl=in