Wajib Tahu! 3 Tips Android Terbaru 2018

Seperti diketahui, ponsel Android memiliki banyak sekali fitur dan fungsi yang lebih dari sekedar untuk kirim-terima SMS, menelpon atau chatting, contohnya untuk kirim email, vdeo call dan masih banyak lagi. Agar smartphone Android bisa digunakan dengan mudah untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentunya perlu tahu caranya.


Nah, jika Anda ingin mengetahui tips Android yang akan memudahkan dalam hal pemakaian ponsel Android itu sendiri, Anda bisa mengikuti tiga tips bermanfaat seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Kelola Email Dengan Mudah Lewat Aplikasi Inbox by Gmail

Inbox by Gmail merupakan aplikasi keren ciptaan Google sendiri. Aplikasi tersebut sesuai dengan namanya dapat digunakan untuk mengelola email Gmail milik Anda dengan mudah dan dengan tambahan fitur bermanfaat. Kalau Anda memiliki lebih dari satu akun Gmail, aplikasi Inbox by Gmail ini wajib Anda instal pada smartphone kesayangan, sebab fitur-fitur yang ada di dalamnya sangat berguna dalam hal pengelolaan surel.

Berikut beberapa fungsi dan fitur yang bisa ditemui pada aplikasi Inbox by Gmail:

a. Smart Reply untuk menjawab email dengan cepat, berupa berbagai pilihan templat tulisan yang bisa dikostumisasi sendiri.
b. Bisa menyimpan tautan dari browser langsung ke aplikasi Inbox by Gmail
c. Dapat mengontrol kemunculan email pada waktu-waktu tertentu saja, misalnya email hanya akan tampil di kotak masuk pada jam 7 pagi saja atau bisa juga lebih lama sekali seminggu.
d. Fitur Snooze untuk menunda email masuk, namun ini lebih ke email-email penting.
e. Mampu menghapus email dengan lebih mudah tanpa perlu mencentang satu-satu.

2. Kontrol Volume Suara dan Brightness Youtube Dengan Jari

Aplikasi Youtube yang dibuat khusus untuk smartphone memiliki kelebihan dibandingkan dengan menonton Youtube melalui browser biasa, contohnya Anda dapat menyimpan video yang akan ditonton nanti. Namun dibalik keunggulan tersebut, terdapat satu kekurangan misalnya Anda tidak dapat mengontrol besarnya volume suara dengan cepat memakai 'sapuan jari' seperti pada aplikasi video player yang lain contohnya VLC Player.

Kalau Anda ingin aplikasi Youtube bisa mempunyai fungsi seperti pada VLC Player, khususnya dalam hal pengontrolan volume audio dan tingkat terang layar saat menonton video, Anda bisa mencoba cara berikut:

a. Buka Gppgle Playstore, lalu cari aplikasi Touch Controls for YouTube.
b. Lalu instal dan jalankan.
c. Pada tulisan "Accessibility Settings", silahkan aktifkan dengan menggeser ikon dari off menjdi on.

3. Operasikan Ponsel Android Hanya Dengan Suara

Menjalankan smartphone dengan perintah suara yang dimaksud bukanlah menggunakan aplikasi Google Now, namun dengan sebuah aplikasi yang lebih powerful dari itu, sebab dengan aplikasi yang dimaksud, pengguna bisa memutar musik, skrol halaman dan berbagai fungsi lainnya hanya dengan perintah suara.

Aplikasi yang lebih powerful daripada Google Now tersebut adalah Voice Access. Aplikasi canggih ini bisa membuka aplikasi serta memilih menu-menu yang ada di dalam aplikasi bersangkutan melalui perintah suara khusus.

Itulah 3 macam tips ponsel Android terbaru 2018 yang wajib Anda tahu. Ketiga tips yang dijelaskan di atas akan memudahkan sekali saat menggunakan atau mengontrol ponsel Android yang Anda punya. Khusus untuk tips nomor 3, kalau Anda tidak bisa menggunakan dalam 'mode penggunaan biasa', Anda bisa memakai bantuan aplikasi VPN dan coba aktifkan akses dari negara seperti Amerika Serikat. Demikian, semoga bermanfaat.