Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang

Beberapa cara melacak lokasi smartphone android yang hilang - Pernahkah kamu kehilangan Smartphone mu? Entah itu dicuri atau hanya sekadar lupa menaruh. Mungkin lebih sering lupa menaruh dan juga sering dijahili oleh teman yang suka menyembunyikan smartphone kita.

Dan dapat anda ketahui akan pentingnya data pada smartphone android baik berupada nomor kontak dan juga akun email yang telah terdaftar pada hp android yang anda miliki, hal yang sangat disayangkan apabila hp kita terjatuh hilang karena lupa dan juga karena dicuri oleh orang yang tidak kita ketahui, oleh karena itu kami akan membantu teman – teman dalam mencari lokasi hp android anda yang hilang melalui sim card yang tidak aktif ataupun dalam keadaan sudah mati, sementara untuk kamu yang lagi kehilangan smartphone Andraoid, dan bingung gimana cara mencarinya. kami punya tips untuk kalian guna cara melacak lokasi hp smartphone anda yang hilang.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
Ada beberapa untuk cara melacak lokasi hp android yang hilang yang dibeberkan pada beberapa situs ada yang melalui imei, nomor hp (telkomsel, axis, 3, indosat) dan ada juga yang menggunakan GPS (Google Maps) dan bahkan ada yang melalui aplikasi yang digunakan untuk melacak lokasi hp yang hilang. Sehingga anda dapat mengetahui posisi hp anda yang hilang, untuk sobat sekalian bisa menyimak artikel kami dalam ringkasan artikel cara melacak lokasi hp android yang hilang atau di curi orang sebagai berikut.

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang Karena Jatuh atau di Curi Orang


1. Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Yang Hilang Menggunakan Google Maps


Untuk teman – teman yang kehilangan smartphone android anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang telah kita kenal bahwa salah satu aplikasi dukungan google ini membantu pada pengguna internet yang digunakan untuk melacak keberadaan orang yang menggunakan hp.

Ternyata terdapat fitur baru yang telah dikembangkan oleh pihak Google pada Google Maps (GPS) untuk mengetahui keberadaan lokasi hp yang hilang yaitu fitur Location History,  Location History adalah fitur google yang digunakan untuk mengetahui posisi terakhir seseorang menggunakan hp android saat terhubung melalui koneksi internet. Namun ada catatan penting untuk menemukan lokasi hp anda yang telah hilang menggunakan fitur Location History ini yaitu saat anda sebelum kehilangan dari hp android, sobat telah memberikan izin akses bahwa google untuk mengaktifkan fitur tersebut. Lalu bagaimana jika anda tidak mengaktifkannya? kemungkinan untuk menemukan hp android yang hilang karena jatuh tersebut sangan kecil untuk berhasil walaupun hp android anda dalam keadaan mati, tetapi anda masih bisa terbantu dengan didukung cara yang kedua dibawah ini.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang

2. Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang di Curi Orang Lewat Device Manager di PC atau Komputer

Jika cara menemukan di atas belum cukup membantu anda dalam menemukan hp opsi ampuh untuk meneemukan smarphone android yang di curi orang adalah dengan bantuan dukungan komputer atau PC yang misalnya sebagai contoh dengan emnggunakan hp android Samsung Galaxy Prime.

  1. Pertama anda harus mengunjung sebuah situs resmi dari Android Device Manager melalui situs https://www.google.com/android/find atau disini.
  2. Selanjutnya anda harus melakukan registrasi menggunakan akun gmail milik anda yang digunakan pada hp samsung galaxy anda yang hilang, selanjutnya anda pilih tulisan “Temutkan Perangkat Saya”, tunggu sampai proses komputer melakukan pelacakan terhadap hp Samsung Galaxy anda yang hilang.
  3. Kemudian secara otomatis bila hp android anda yang masih dalam keadaan hidup di temukan posisinya, ini juga bisa digunakan untuk melacak hp android yang dalam keadaan mati.
  4. Sekarang tinggal anda selidiki lebih rinci lagi, dan ulangi langkah tersebut sampai anda betul – betul pada lokasi terdekat dengan hp android anda yang hilang itu.

Untuk halaman pada Android Device Manager yang digunakan utnuk mendeteksi lokasi hp android samsung yang hilang dalam keadaan mati maupun hidup yang mana anda harus menyesuaikan dengan akun gmail yang anda gunakan sebelumnya.

3. Melacak Smartphone Android  Menggunakan  Aplikasi 

Seperti yang kamu ketahui, smartphone Android didukung penuh oleh Google. Karena itu, mari kita coba lacak smartphone Android yang hilang tersebut menggunakan layanan milik Google. Selain menghargai Google, cara ini tentunya lebih akurat dibandingkan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang lain. Nah, layanan dari Google yang dimaksud adalah menggunakan Android Device Manager.

3.1. Cara Menemukan Lokasi Smartphone Android Dengan Fitur Android Device Manager
Cara melacak lokasi smartphone Android yang hilang dengan menggunakan Android Device Manager dan  tahukah kamu kalau sekarang kamu bisa melacak smartphone kamu melalui Google Chrome? Kamu bisa menemukan Android yang hilang langsung dari Google Chrome kamu.

  • Pastikan setiap kali kamu menggunakan Android langsung download dan Install terlebih dahulu Android Device Manager di Android kamu.
  • Melalui browser Google Chrome kamu ketik di kolom search Find My Phone. Pastikan kamu sudah log in Google Chrome kamu dengan akun yang sama dengan akun Gmail di Android kamu. Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini yang menunjukkan lokasi Android kamu sekarang.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
  • Jika kamu sedang mencobanya, maka di Android kamu akan muncul secara otomatis lambang Android Device Manager sebagai tanda.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
3.2. Cara Menemukan Lokasi Smartphone Android Dengan Aplikasi Ring My Droid

Untuk menemukan lokasi smartphone yang hilang dengan Ring My Droid, pertama kamu harus mendownload aplikasi Ring My Droid di Android milikmu. Setelah menginstal Ring My Droid, luncurkan aplikasi tersebut dan tentukan Key Phrase kemudian aktifkan.

Cara kerja aplikasi ini adalah jika suatu saat kamu kehilangan smartphone kamu, kamu tinggal mengirimkan SMS dari Hp teman, keluarga, ataupun pacar kamu ke Hp kamu berisikan Key Phrase yang telah kamu aktifkan sebelumnya. Setelah Hp kamu menerima SMS berisi Key Phrase tersebut, maka otomatis Hp kamu akan berdering meskipun disimpan dalam mode Silent.

  • Download dan install aplikasi Ring My Droid 
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
  • Buka aplikasi Ring My Droid di smartphone kamu.
  • Tentukan Key Phrase untuk menemukan Androidmu.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
Cara kerja aplikasi ini adalah jika suatu saat kamu kehilangan smartphone kamu, kamu tinggal mengirimkan SMS dari hp teman, keluarga, ataupun pacar kamu ke hp kamu berisikan Key Phrase yang telah kamu aktifkan sebelumnya. Setelah hp kamu menerima SMS berisi Key Phrase tersebut, maka otomatis hp kamu akan berdering meskipun disimpan dalam mode Silent. Setelah itu kamu bisa mengikuti suara dari hp kamu untuk mencarinya.

  • Key Phrase telah diaktifkan.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang

Sekarang kamu bisa aman meletakkan Androidmu meski dalam keadaan Silent. Ring My Droid akan memberikan sinyal saat kamu lupa meletakkan dimana smartphone Androidmu. Yeyy!!

Developer Ring My Droid
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
Aplikasi ini juga memberitahukan kamu siapa developer dari aplikasi ini dan alamat website-nya, in case suatu saat kamu perlu menghubunginya.

Perlu diingat!
Aplikasi ini mendeteksi secara otomatis jika ada SMS masuk yang berisikan Key Phrase dan akan membunyikan smartphonemu dimanapun Ia berada. Jadi, jaga Key Phrase kamu tetap rahasia.

3.3.  Cara Menemukan Lokasi Smartphone Android Dengan Aplikasi Clap to Find
Untuk menemukan smartphone yang hilang dengan Clap To Find, pertama kamu harus mendownload dan menginstalnya di smartphone Android-mu terlebih dahulu. Setelah itu atur Alert Settings dan Clap Detection Sensitivity. Kemudian pilih opsi ENABLED.

Cara kerja aplikasi ini adalah menemukan perangkat Android yang hilang hanya dengan beberapa kali bertepuk tangan (minimal tiga kali pengulangan tepukan).

Jika kamu meletakkan HP kamu dalam keadaan Flight Mode, berarti kamu cocok banget sama aplikasi ini. Aplikasi Clap to Find tidak memerlukan koneksi apapun, entah itu internet ataupun SMS. Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:
  • Download dan Install Aplikasi Clap To Find 
  • Atur Alert Settings di Aplikasi Clap to Find.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang

Temukan perangkat Android kamu hanya dengan beberapa kali bertepuk tangan (minimal tiga kali pengulangan tepukan). Kamu bisa mengatur sinyal yang dikeluarkan aplikasi ini ketika aktif di Alert Settings. Dalam menu Alert Settings kamu bisa mengatur ringtone yang dipakai, volume sinyal, alert mode, dan bunyi berhenti setelah beberapa lama tergantung pengaturan yang kamu inginkan.
  • Atur Sensitifitas Aplikasi Clap to Find.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang

Atur sensitifitas dari aplikasi ini jika tepukan tanganmu tidak terdengar atau tidak ter-detected. Kamu bisa mengatur sensifitas sesuai seperti yang kamu inginkan.
  • Enabled Aplikasi Clap to Find
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang

Jangan lupa selalu Enable-kan aplikasi ini untuk dapat menggunakannya. Caranya hanya tinggal geser tombol Disabled menjadi Enabled.

Bagaimana? Mudah sekali kan pengaturan aplikasi Clap to Find ini? Kamu bisa coba terapkan aplikasi ini di HP Android kamu guna berjaga-jaga jika suatu saat HP kamu hilang dalam keadaan Mode Silent.

3.4. Cara Menemukan Lokasi Smartphone Android Dengan Aplikasi Whistle Android Finder
Ternyata, ada cara yang cukup unik untuk menemukan dimana keberadaan Android kamu. Hanya dengan bersiul, Android kamu akan berdering dan kamu pun dapat menemukannya dengan mudah.

Untuk menemukan smartphone yang hilang dengan Whistle Android Finder, kamu harus download dan install di Android kamu. Luncurkan aplikasinya lalu Enable Whistle. Atur sensitivitas suara di Whistle Sensitivity Setup.
  • Download Whistle Android Finder lalu install seperti biasa di Android kamu.
  • Buka aplikasinya, kemudian pilih Enable Whistle.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
Kamu juga dapat mengatur sensitivitas suara kamu di Whistle Sensitivity Setup.
Beberapa Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Anda Yang Hilang
Sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir lupa menaruh dimana Android kamu. Cukup dengan bersiul, Android tersebut akan berbunyi dengan sendirinya.

4. Cara Menemukan Lokasi Smartphone Android dengan Android Wear Smartwatch

Kalau yang ini kamu butuh Wearable Smartwatch Android dulu nih. Entah itu Samsung, Xiaomi, BLOCKS, ASUS, Garmin, dan lain-lain. Sebenarnya, untuk menemukan smartphone yang hilang dengan wearable Android juga menggunakan aplikasi Android Device Manager. Setiap wearable device tidak memiliki akses internetnya sendiri. Untuk mengakses internet di wearable device membutuhkan koneksi dari smartphone Android. Jadi jika terjadi kehilangan Android, wearable device bisa membantu mengakses dan menghapus setiap data di Android lebih cepat daripada harus mengaksesnya lewat web.

5. Cara Melacak Lokasi Smartphone Android Hilang Dengan Nomor IMEI

Membahas mengenai cara menemukan smartphone android yang hilang, smartphone android pada dasarnya telah memiliki sebuah kode unik yang terdaftar pada masing – masing sistem perangkat android, kode unik tersebut berbeda – beda antara hp satu dengan hp yang lainnya dan berbeda pula antara merk satu dengan merk hp yang lainnya. 

Jadi kode unik atau nomor IMEI pada perangkat smartphone android tidak akan tertukar jika anda ingin menemukan hp android yang hilang pada artikel kami cara mencari hp android yang hilang lewat nomor IMEI, nomor IMEI bisa dikategorikan sebagai nomor identitas dari perangkat robot hijau ini, banyak sekali cara melacak hp android yang yang bisa anda gunakan mulai menggunakan GPS (Google Maps), menggunakan nomor kartu operator seluler, menggunakan akun gmail google play dan menggunakan nomor IMEI yang seperti yang akan kami bahas pada artikel kami berikut ini.

1. Untuk cara mengetahui kode IMEI anda bisa mengecek dengan melakukan panggilan nomor dial *#06#

2. Atau anda juga dapat masuk ke menu pengaturan android, yaitu pilih Settings > About Phone > Status, dan kursor ke halaman bawah anda akan menemukan data MEID dan catat nomor tersebut pada secarik kertas.
  • No IMEI (Imei hp Android)
  • Model Name (Type Perangkat)
  • Manufacturer (Merk/Vendor)
  • Carrier (Provider yang digunakan)
  • Last Activity Seen on (Terakhir digunakan)
  • Registered Date (Kapan didaftarkan)
3. Selanjutnya silahkan kunjungi situs ini atau di sini atau anda bisa mendownload aplikasi pelacak no imei  di sini atau di sini Setelah itu anda masukan nomor imei yang terdaftar di hp anda.

4. Untuk mulai mengidentifikasi anda dapat menekan tombol play sound, saat hp anda aktif proses pelacakan akan di mulai google location akan melacak keberadaan ponsel anda.

5. Saat anda menemukan titik lokasi, sekarang anda tinggal melakukan pengintaian menuju titik lokasi dan selanjutnya jangan lakukan deringan terlalu sering agar menghindari kecurigaan terhadap si pembawa hp.

6. Jika anda telah sampai pada titik pelacakan hp, deringkan sesering mungkin, dan teman – teman dapat mengetahui hp yang berbunyi dengan dering yang keras.

Cara Melacak Lokasi smartphone android yang dicuri mengingat sangat berharganya smartphone android kesangan anda oleh karenya kami akan memberikan trik jitu untuk mendapatkan titik lokasi yang paling akurat yaitu mengaktifkan fitur high gps location difitur android teman – teman melalui menu pengaturan. Fitur tersebut akan melacak lokasis smartphone android dengan tingkat akurasi paling tinggi.

Final Word: Itulah beberapa cara melacak lokasi Smartphone Android hilang yang wajib kamu coba. Dengan cara di atas, kamu enggak perlu lagi panik karena meski dicuri sekalipun, kamu masih akan bisa menemukan HP kamu kembali. Meski demikian, kamu harus tetap waspada dan menjaga HP agar jangan sampai hilang ya.