Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Daftar isi merupakan salah satu komponen wajib yang harus terdapat pada sebuah buku, skripsi, jurnal, ataupun makalah. Namun sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word sehingga mereka banyak membuang waktu untuk membuatnya secara manual, belum terlagi ada kesalahan saat membuatnya maka akan menghabiskan waktu yang cukup lama.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Maka dari kali ini saya akan mengulas trik membuat daftar isi di Microsoft Word secara Otomatis. Secara garis besar cra membuatnya hanya membutuhkan dua langkah. Langkah yang pertama adalah menentukan judul dan subjudul mana yang akan dimasukan ke dalam daftar isi. Yang kedua, perintahkan Word untuk membuat daftar isi berdasarkan judul dan subjudul tersebut.

Menentukan Judul dan Subjudul

Untuk membuat Daftar isi, pertama-tama anda harus menentukan terlebih dahulu mana judul dan subjudul dari tulisan anda. Caranya, blok teks yang menjadi judul tersebut kemudian aplikasikan Style Heading 1.

Cara paling gampang membuat judul dengan style Heading adalah sebagai berikut:

  • Pada Word 2003 dan sebelumnya: klik Style box pada menu Formatting kemudian pilih Heading 1 
  • Pada Word 2007, 2010, dan 2013: klik Heading 1 pada grup style di menu Home.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Aplikasikan Heading 1 untuk judul utama dari setiap bab. Untuk subjudul gunakan Heading 2, Heading 3, dan selanjutnya. Jika anda tidak menyukai warna, ukuran, atau jenis font dari berbagai Heading tersebut anda dapat mengubahnya dengan mengklik menu "Modify" pada setiap Heading tersebut.

Membuat Daftar Isi

Setelah menentukan judul dan subjudul yang ingin dimasukan ke dalam daftar isi, maka kini saatnya kita membuat daftar isi tersebut. Terdapat beberapa perbedaan cara membuat pada Microsoft Word 2003 ke bawah dan Word 2007 ke atas.

Berikut adalah cara membuat daftar isi untuk Word 2003 dan sebelumnya:
1. Klik pada tempat kosong di mana Anda ingin meletakkan daftar isi.
2. Tampilkan jendela Table of  Contents dengan cara buka Insert > Index and Tables (Word 2000) atau buka Insert > Reference > Index and Tables (Word 2002 dan 2003).
3. Klik pada tab Table of Contents kemudian klik OK.

Sedangkan untuk Microsoft Word 2007, 2010, dan 2013, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
1. Buka References > Table of Contents
2. Pilih opsi pertama dan kedua yang ada di dalam menu tersebut. Kedua opsi tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis berdasarkan judul dan subjudul yang telah Anda buat sebelumnya.
3. Jika Anda ingin membuat daftar isi secara manual, maka silahkan pilih opsi nomor 3. Opsi ini sangat tidak disarankan karena akan memakan banyak waktu dan pekerjaan kita sebelumnya ketika menentukan judul dan subjudul akan sia-sia.
4. Selain dua pilihan tersebut, Anda juga dapat memilih opsi “Custom Table of Contents” di bawahnya untuk membuat daftar isi sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka kini sebuah tabel daftar isi akan muncul di dokumen Anda. Daftar isi tersebut akan menampilkan judul dan subjudul yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika kurang puas dengan tampilan dan bentuknya, Anda dapat merubahnya dengan mengikuti tutorial selanjutnya. Jika Anda masih kebingungan, berikut Kami akan mendemonstrasikan cara membuat daftar isinya:

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa membuat daftar isi bisa dilakukan dua cara yaksi secara otomatis dan manual. Disini kami akan memberikan demostrasi untuk membuat daftar isi secara otomatis. Hal yang sangat awal dan harus dilakukan adalah menentukan file yang akan dibuat Daftar isinya. Bukalah dile tersebut dan ikuti beberapa langkahnya:

1. Tentukan Heading 1, Heading 2, dan seterusnya untuk menentukan judul dan subjudul. pada paragraf sebelumnya dijelaskan bahwa Heading 1 adalah penentu judul. Nah, kini anda hanya perlu menandakan mana yang akan menjadi judul.

Cukup tandai judulnya kemudian klik “Heading 1” seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Jika Anda masih memiliki judul yang harus ditandai, maka lakukanlah cara yang sama seperti sebelumnya. Tandai dan klik “Heading 1.”
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
2. Untuk membuat judul berada di posisi tengah, maka Anda hanya perlu mengklik simbol “rata tengah” atau yang disebut dengan “center.”
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
3. Jika Anda sudah selesai dengan menandakan judul “Heading 1” kini saatnya beralih pada sub-judul dengan menandakannya pada “heading 2.” Caranya sama, Anda hanya perlu menandakan sub-judul yang Anda tentukan kemudian klik “Heading 2.” Jangan lupa untuk mengatur kembali ukuran font, jenis font, dan juga posisi sub-judul. Lakukanlah hal yang sama untuk semua sub-judul Anda.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
4. Jika Anda masih ingin membuat sub-judul untuk sub-judul pada “heading 2” maka Anda bisa menggunakan “heading 3.” Caranya masih sama, Anda hanya perlu menandakan sub-judulnya kemudian klik “Heading 3.” Jangan lupa untuk mengubah ukuran font dan juga posisi sub-judul.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
5. Nah, Kini saatnya membuat daftar isi secara otomatis. Caranya sangat mudah, namun pastikan anda sudah menentukan posisi "daftar isi" yang akan anda buat. Kemudian anda bisa klik "REFERENCE" lalu anda klik "Table of Contents."
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Pilihlah salah satu antara “Automatic Table 1” atau “Automatic Table 2.” Kemudian, secara otomatis daftar isi akan terbentuk dengan sendirinya sesuai dengan yang sudah Anda tentukan heading-nya. Kini Anda sudah membuat daftar isi secara otomatis, hasilnya ada pada gambar di bawah ini. Sangat mudah dan simpel bukan?
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis