Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian

Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian

Hampir semua orang suka melakukan traveling atau bepergian, karena traveling merupakan salah satu cara buat menghilangkan rasa penat atau jenuh yang biasanya disebabkan oleh berbagai aktifitas sehari-hari. Kemudian salah satu perangkat yang wajib dibawa dan yang sering dipakai pada saat bepergian adalah smartphone. Sebab hampir semua aktivitas atau hal yang kita perlukan dan butuhkan terdapat pada smartphone. Apakah itu untuk berkomunikasi, membaca, mendapatkan informasi, penunjuk arah jalan, hiburan dan masih banyak yang lainnya juga. Kemudian sebagai dampaknya, kalau kalian semakin sering memakai smartphone, maka akan lebih besar pula dalam pemakaian daya baterai-nya.

Jadi masalah satu-satunya yang paling sering dijumpai pada saat bepergian yaitu kehabisan baterai smartphone dan gak bisa menemukan tempat untuk mengisi daya baterai. Yang mana kalian mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan stop kontak yang tersedia sewaktu kalian membutuhkan untuk mengecas. Maka dari itu, supaya hal tersebut tidak terjadi, kalian bisa menyimak beberapa metode yang dapat kalian pakai untuk menjaga masa baterai smartphone ketika berada dijalan.

1. Isi daya smartphone kapan pun Kalian bisa

Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian


Kalau kondisi baterai smartphone kalian masih normal dengan persentase yang baik, kalian dapat melakukan kesempatan untuk mengisinya. Contohnya kalau kondisi baterai 20-30% maka kalian bisa segera megisi dayanya. Akan tetapi, jika pada saat traveling itu gak ada jaminan untuk dapat menemukan sebuah stop kontak untuk mengisi daya baterai, jadi kapan pun kalian harus bisa usahakan untuk selalu mengisi atau mengecas baterai smartphone meskipun kondisi baterai-nya masih dalam persentase yang tinggi.

2. Selalu gunakan charger daya asli

Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian

Kemudian kalian juga harus usahakan mengisi daya baterai menggunakan charger yang asli. Sebab selain smartphone kalian terisi lebih cepat, kalian juga dapat mengurangi resiko meledaknya smartphone. Sebab biasanya kalau charger yang pakai gak ori maka biasanya dalam proses pengisian daya baterai smartphone akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu biasanya kalau mencharger dengan memakai charger yang bukan ori juga bisa menimbulkan smartphone menjadi terasa panas. Jadi kemungkinan besar charger yang murah yang terbuat dari komponen murahan bisa dengan mudah terbakar.


3. Gunakan mode pesawat/ air plane mode

Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian

Selain itu jika kalian mengaktifkan mode pesawat maka akan membantu kalian menghemat daya baterai dalam jumlah besar. Pada saat kalian berada di suatu daerah yang sinyal-nya kurang baik, maka sinyal nya pun akan terputus-putus. Jadi kondisi seperti inilah yang pastinya aka membuat baterai smartphone kalian menjadi lebih boros. Yang disebabkan kinerja smartphone akan selalu berfungsi untuk membantu kalian dalam menemukan sinyal, dan pencarian sinyal inilah yang akan menghabiskan baterai. Kemudian yang bisa kalian lakukan juga menonaktifkan fitur lain yang dapat menyebabkan baterai terkuras contohnya adalah bluetooth dan GPS.


4. Gunakan wallpaper atau tema smartphone gelap

Kalau cara yang satu ini, kalian bisa menerapakan baik saat kalian bepergian ataupun gak. Hal ini dikarenakan jika semakin sedikit pixel yang dibutuhkan di layar smartphone, maka daya baterai smartphone kalian juga akan semakin hemat.

Selain itu juga berlaku pada aplikasi juga. Maka kalau aplikasi kalian mempunyai tema gelap atau dark mode seperti youtube, hal tersbut juga akan mengurangi konsumsi daya. Dan dari sekian banyak aplikasi ternyata ada banyak aplikasi yang menawarkan tema gelap.

5. Hapus aplikasi yang menguras baterai

Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian

Memang buat melakukan penghapusan terhadap sebuah aplikasi favorit memang terasa agak susah dan butuh pertimbangan. Tapi kalau kalian ingat bahwa baterai adalah sumber utama samrtphone kalian, jadi gak mungkin jika kalian ingin smartphone kalian berada dalam kondisi yang mati tanpa daya sama sekali. Maka dari itu aplikasi seperti facebook messenger ini sangat banyak menghabiskan banyak baterai ponsel, maka jika kalian merasa bisa menghapusnya maka silahkan kalian lakukan saja demi perjalanan yang menyenangkan.


6. Turunkan tingkat kecerahan layar

Cara Menghemat Baterai Smarphone Saat Traveling/Bepergian

Jika kalian ingin menurunkan cahaya atau kecerahan layar smartphone, kalian langsung saja masuk ke pengaturan - tampilan dan kurangi atau atur kecerahan layar smartphone. Dan juga dapat menghindari dengan mengatur fitur auto brightness atau matikan saja fitur auto brightness.

Jadi pada menu tampilan kalian juga bisa mengecek apakah kalian mengaktifkan lokasi gps atau gak. kalau iya, silahkan matikan fitur lokasi/gps kalian. Sebab kalau kalian membiarkan lokasi hidup maka ini akan menguras daya baterai kalian.


7. Unduh/download aplikasi berguna sebelum melakukan perjalanan

Perlu kalian perhatikan, pada saat bepergian kalian baru ingat apa saja aplikasi yang dibutuhkan. Jadi, kalian harus mengunduh aplikasi sebelum bepergian, dan kalian dapat menghemat baterai. Misalnya menghunduh peta offline di dalam aplikasi maps sebelum kalian berangkat, dan juga aplikasi-aplikasi lainnya yang bermanfaat, maka kapan pun kalian dapat menggunakan atau memainkannya tanpa koneksi internet atau secara offline.

Jadi kesimpulannya jika semakin sedikit aktifitas yang kalian lakukan pada smartphone, maka akan semakin hemat daya bateri kalian. Selain itu jika semkin banyak layanan yang dapat kalian matikan maka semakin banyak baterai yang kalian hemat juga.

Mungkin itu saja tips yang bisa kami sarankan, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba terimakasih.