Beberapa Penemuan Teknologi yang Berubah Fungsi

Kalian tahu enggak sih kalau beberapa penemuan teknologi ternyata pada awalnya punya fungsi yang berbeda dari yang kita tahu sekarang? Apa aja sih? Yuk simak artikel kali ini, agar menambah wawasan kalian.

Ketika seorang penemu sedang membuat rancangan atau blueprint sebuah benda, biasanya mereka sudah tahu apa fungsi dari benda tersebut. Akan tetapi, pada kenyataannya ada beberapa penemuan teknologi yang fungsinya telah berubah total dari tujuannya semula!

Kali ini, kami akan memberi kamu daftar benda apa aja yang masuk seperti itu. Barang-barangnya ada di sekitar kita, mulai Android, iPhone, hingga kabel USB.

 Beberapa Penemuan Teknologi yang Berubah Fungsi

1. USB Harusanya Bisa Digunakan Bolak-Balik

USB
Awalnya penemu USB, Ajay Bhatt ingin membuat USB bisa disambungkan dari dua sisi, atas atau bawah, seperti yang bisa dilakukan oleh USB Type-C sekarang ini. Akan tetapai, pada waktu itu mereka butuh mengurangi biaya pembuatan prototipe karena belum yakin barang temuan mereka akan sukses.

Dan pada akhirnya, mereka hanya membuat kabel USB biasa seperti yang kita kenal sekarang.

2. iPhone Tidak Pernah Menerima Aplikasi Pihak Ketiga

iPhone
Tahukah kalian, Ketika iPhone pertama dirilis pada tahun 2007, Apple hanya mengizinkan aplikasi web yang bisa diakses melalui aplikasi Safari. Tapi untunglah, pada akhirnya Apple meralat keputusan tersebut dan memperkenalkan App Store pada tahun 2008.

Ingatkah kalian  dulu saat awal-awal iPhone rilis tidak bisa memutar video dari Youtube karena aplikasi tersebut dianggap milik kompetior. Maka dari itu Apple pernah melarang aplikasi dari pihak ketiga.

3. Android Diciptakan untuk Kamera

Android
Sebenarnya dulu Android diciptakan untuk sistem operasi kamera loh teman-teman. Ketika dibuat pada tahun 2003, para penemunya menginginkan Android memudahkan pemilik kamera untuk memindahkan foto tanpa kabel.

Akan tetapi pada tahun 2004, mereka menyadari bahwa pasar kamera digital sedang menurun dan pada waktu yang bersamaan pasar smartphone sedang menanjak naik. Jadi, sedemikian rupa mereka memutuskan untuk memutar haluan untuk mengembangkan sistem operasi Android pada smartphone. Tak lama setelah itu, mereka diakusisi oleh Google. Wahhh gak nyangka yaa teman-teman, ternyata sistem android yang kita tahu untuk smartphone ternyata dulunya pernah menjadi sistem untuk kamera.

4. Mikrofon Digunakan untuk Membantu Orang dengan Penyakit Pendengaran

Mikrofon
Penemu Mikrofon adalah Emile Berliner bukanlah Alexander Graham Bell, akan tetapi dia juga berpartisipasi dalam menciptakan benda tersebut untuk versinya tersendiri.

Sebenarnya Emile Berliner yang membuat mikrofon untuk memperkeras suara, sedangkan Bell membuatnya untuk membantu orang yang mengalami gangguan pada pendengaran.Tahukah kalian bahwa dia terinspirasi membuat alat tersebut karena ibunya yang tuli dan selain itu, dia juga bekerja dengan orang-orang yang mengalami gangguan pendengaran.

5. Sirine Merupakan Instrumen Musik

Sirine
Aawalnya, Scotsman John Robison membuat sirine sebagai salah satu instrumen musik dengan suara yang sama dengan sirine era modern. Penemu sirine lain adalah Frenchman Cagniard de la Tour, yang menyadari bahwa penggunaan sirine lebih cocok sebagai alat peringatan.

Pada akhirnya, sirine digunakan sebagai tanda peringatan pada peran dunia kedua oleh pemerintahan Inggris. Padahal, sirine sebelumnya tidak pernah diciptakan dengan tujuan sebagai alat peringatan.

6. Mesin Pendingin Diciptakan untuk Mendinginkan Pasien Rumah Sakit

Mesin Pendingin
Pada umumnya jika kita menyimpan makanan, biasanya kita memasukannya ke dalam mesin pendingin. Padahal, awalnya mesin pendingin digunakan untuk mengurangi suhu tubuh pada pasien penderita demam kuning.

Penemuan ini terjadi pada tahun 1842 oleh John Gorrie, ia menggunakan pendingin tersebut di rumah sakit tempatnya bekerja.

7. Mesin Uap Dibuat untuk Memompa Air Keluar dari Tambang Batu Bara

Mesin Uap
Pada awalnya mesin uap diciptakan untuk memompa air dari tambang batu bara. Ketika James Watt menyempurnakan mesin uap, barulah digunakan untuk keperluan industri.

Beda dengan halnya saat ini, mesin uap adalah salah satu penemuan penting pada era revolusi industrian. Mulai dari pabrik, kereta api, kapal, dan lain-lain menggunakan mesin uap.

8. AC Pertama Digunakan untuk Mendinginkan Pabrik Percetakan

AC Pertama
Benda terakhir yang ada di daftar ini adalah Air Conditioner alias AC. Seperti yang telah kita tahu, AC digunakan sebagai pendingin ruangan agar tidak terasa pengap. Hanya saja, ketika dibuat pada tahun 1902, AC digunakan untuk menjadi pendingin di sebuah pabrik kertas yang mengalami masalah kelembaban.

Itulah beberapa teknologi yang mengalami perubahan fungsi dari tujuannya semula. Ada yang menyesuaikan dengan permintaan pasar, ada yang terjadi begitu saja, dan lain-lain. Akan tetapi, tidak ada yang fungsinya berubah karena gagal atau enggak laku. Semoga menambah wawasan kalian dan semoga bermanfaat.