6 Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Cara Agar Komputer Tidak Lemot - Akan sangat jengkel rasanya bila kita mendapati komputer yang kita gunakan terasa lemot bagai siput, bahkan hanya untuk membuka microsoft office saja bisa setengah jam, rasa dongkol nya tidak dapat di ungkapkan dengan kata kata emosi bercampur dengan rasa kesal pun melanda (lebay). Jika komputer anda mengalami hal tersebut maka anda patut mencoba tips dan cara agar komputer tidak lemot yang akan caraseobali.com bagikan kali ini, baca terus saja ya.

6 Cara Agar Komputer Tidak Lemot

Penyebab Komputer Yang Lemot

Ada beberapa faktor penyebab komputer anda menjadi lemot, berikut penyebab komputer bisa lemot :

  • Terlalu banyak menginstall aplikasi / program, hal ini akan mempengaruhi kinerja komputer anda karena akan memakan banyak space di harddisk dan tentu berimbas ke kecepatan komputer tersebut.
  • Spesifikasi komputer terpaut rendah untuk menjalankan aplikasi yang anda gunakan.
  • Spesifikasi komputer tidak seimbang.
  • Spesifikasi komputer terlalu jadul.
  • Windows bermasalah / error.
  • Terdapat virus di komputer anda dan menghambat semua kinerja pada komputer tersebut.

Coba anda lihat ada di bagian mana kah yang sekarang dialami komputer anda ?

Tips Dan Cara Agar Komputer Tidak lemot


nah setelah anda mengetahui penyebab komputer lemot maka selanjutnya tips dan cara agar komputer tidak lemot, berikut tips yang harus anda lakukan :

1. Lakukanlah pembersihan pada komputer ada

Kosongkan recycle bin, clean registry, temporary file, clean up browser, dan chace komputer anda, untuk melakukan semua hal tersebut dengan mudah silahkan gunakan program tune up utilities, anda bisa cari program tersebut di internet gratis.

2. Jangan Simpan Data Di Localdisk C

Pindahkan file yang dirasa tidak perlu ada di localdisk C, misalnya hasil download atau semacamnya, hal ini akan berpengaruh pada kinerja komputer anda dimana yang kita tahu bahwa semua aktifitas windows berada pada localdisk C.

3. Gunakan file yang Penting Saja

Cobalah untuk menghapus program yang dirasa tidak penting dan hanya memberatkan komputer saja, perlu anda ketahui semakin banyak program yang anda pasang maka semakin lambat performa komputer anda. Apalagi program yang terpasang adalah program berukuran besar, maka program tersebut akan banyak memakan memori harddisk anda. Hal ini bisa membuat komputer anda menjadi lemot.

4. Hindari Menggunakan Tema / slide show Pada Desktop Background

Kebanyakan pengguna komputer memodifikasi tampilan windowsnya misalnya memasang tema atau membuat slide show pada background windows tersebut, perlu anda ketahui juga hal ini akan membuat komputer anda bekerja berat dan pastinya berimbas pada performa komputer itu sendiri. bukan cuma itu bila anda memasang wallpaper yang memiliki resolusi tinggi pun dapat mempengaruhi kinerja komputer sobat sekalian. Silahkan anda tentukan mana yang anda inginkan, komputer lemot atau tampilan yang terlihat cantik ?

5. Gunakanlah Tema Klasik

Jika dirasa anda tidak membutuhkan penampilan, maka cara agar komputer tidak lemot ini cocok sekali bagi anda, tema klasik memang membuat komputer tidak menarik namun tema ini bisa membuat kinerja komputer menjadi cepat berkali kali lipat. Tidak percaya ? silahkan dicoba sendiri.

6. Upgrade RAM komputer Sobat

Apabila semua langkah diatas sudah dilakukan namun masih saja lemot, langkah terakhir yang anda harus lakukan yaitu menambah kapasitas RAM pada komputer tersebut. misalnya yang semula hanya 1gb, tambahlah menjadi 2gb. RAM akan sangat berpengaruh pada kinerja sebuah komputer, jadi dalam artian semakin tinggi kapasitas ram maka akan semakin cepat pula kinerja sebuah komputer.

Mungkin ke 6 cara agar komputer tidak lemot diatas dapat bermanfaat untuk anda, terimakasih.