Beberapa Jenis Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer yang juga biasa disebut hardware merupakan seluruh bagian peralatan komputer yang berbentuk, kelihatan fisiknya dan dapat dilihat serta dapat diraba secara langsung. Untuk menjalankan proses komputerisasi diperlukan perangkat keras komputer tersebut. Postingan kali ini akan membahas mengenai beberapa perangkat keras komputer atau yang biasa disebut dengan hardware. Ada beberapa jenis hardware pada komputer, baik yang berfungsi sebagai alat input,proses dan alat output. 

Beberapa Jenis Perangkat Keras Komputer

Beberapa Perangkat Keras komputer


Input Device

Berfungsi menerima masukan dari penggunaan komputer. Misalnya ketika anda mengetikkan kata melalui keyboard anda yang kemudian sebuah kata atau data yang anda masukkan dengan menggunakan keyboard tersebut diberikan kepada beberapa komponen lainnya agar selanjutnya diproses.Beberapa perangkat keras komputer yang termasuk ke dalam bagian input device:

1. Mouse

Mouse tetap dianggap bagian penting sebagai hardware kkomputer dengan fungsinya untuk menggerakkan pointer sesuai dengan instruksi anda sebagai penggunanya. Sebuah bola kecil dalam mouse menghasilkan sinyal-sinyal listrik sebagai input device nya. Terdapat tiga bagian utama pada mouse. Yaitu scroll yang digunakan untuk menggulung, serta bagian kiri dan kanannya yang digunakan untuk mengklik.

2. Keyboard

Meskipun komputer saat ini sudah mendukung teknologi layar sentuh, keyboar masih dianggap penting karena hampir keseluruhan pengguna komputer masih saja menggunakan keyboar untuk memberikan suatu input kepada komputer yang digunakan.  

3. Webcam

Berguna untuk melakukan video call melalui jaringan internet atau juga menangkap gambar. Dengan memanfaatkan fungsi webcam anda dapat melihat wajah teman anda yang berada jauh melalui komputer.

4. Scanner

Berfungsi untuk mengcopy atau menyalin sebuah dokumen baik berupa text ataupun gambar yang kemudian hasilnya dapat disimpan sebagai data ke dalam komputer.

5. Joystick

Joystick dapat digunakan untuk memainkan game bagi anda para gamer. Saat anda memberikan perintah melalui joystick dengan menggerakkannya ke kiri ataupun ke kanan, sinyalnya akan dengan cepat dikirim sebagai perintah masukan.

6. Microfon

Selain dapat digunakan saat melakukan video call, microfon juga dapat digunakan untuk merekam dan mengirimkan suara yang telah direkam ke dalam komputer.

Process Device

Berfungsi untuk mengelolah data yang telah dikirimkan oleh perangkat input device yang kemudian diteruskan ke komponen lain sesuai instruksi yang diberikan oleh pengguna.Beberapa perangkat keras komputer yang termasuk ke dalam bagian process device:

1. RAM (Random Access Memory)

Menjalankan fungsinya untuk menyimpan data sementara pada komputer, memory RAM akan menyimpan data input sebelum kemudian dieksekusi oleh processor komputer.

2. Power Supply

Digunakan sebagai penyedia sumber daya untuk seluruh perangkat komputer yang bekerja. Jadi power supply berfungsi sebagai pendistribusi sumber daya ke seluruh komponen komputer.

3. Processor

Dikenal sebagai otaknya komputer, processor digunakan untuk mengambil data yang telah tersimpan di dalam memori RAM.

4. Kartu Grafis

Digunakan untuk memaksimalkan tampilan video agar menjadi lebih baik. Akan sangat berguna bagi pengguna yang merupakan seorang desainner komputer. 

5. Motherboard

Digunakan sebagai sirkuit atau papan inti di mana komponen-komponen komputer dihubungkan dan diletakkan. Seperti processor, ram, harddisk, kartu grafis, dan perangkat lainnya. 

Output device

Berfungsi untuk mencetak atau menampilkan data yang telah dikirimkan oleh processor device.Beberapa perangkat keras komputer yang termasuk ke dalam bagian output device:

1. Monitor

Berfungsi menampilkan gambar sebagai hasil proses komputer. Untuk dapat berinteraksi dengan sistem komputer, pengguna tentu saja harus menggunakan screen atau monitor tersebut.

2. Speaker

Berfungsi untuk output suara, jadi anda bisa mendengarkan suara yang dihasilkan oleh program komputer.

3. Printer 

Berfungsi untuk mencetak data baik berupa gambar ataupun teks, dengan kertas sebagai media cetaknya.

Demikianlah postingan mengenai beberapa perangkat keras komputer atau hardware. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda.