Cara Memulai Bisnis Online Untuk Jangka Panjang

Bagaimana cara memulai bisnis online? Mungkin ini merupakan pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh para pemula yang baru membangun sebuah bisnis online. Untuk membangun bisnis ini memang tidak mudah, karena akan terasa sulit jika kita tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana untuk memulainya.

Di internet, anda akan menemukan beberapa tutorial online yang mengarahkan anda untuk memulai bisnis online dengan cara-cara tertentu. Sebaiknya anda harus mengetahui dan menentukan jenis bisnis seperti apa yang dapat dijalankan karena model bisnis ini sebenarnya sangat beragam dengan tingkat kesulitan yang berbagai macam juga.

Namun, untuk memulai bisnis online bagi pemula yang paling penting ialah membangun sikap mental yang positif, seperti:

  • Mau belajar dengan serius
  • Mau bekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Punya mimpi yang besar dan terukur
  • Mau mengambil resiko


Cara Memulai Bisnis Online Untuk Jangka Panjang

Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan dalam jangka panjang


Apabila anda telah memiliki beberapa sifat mental positi yang telah kami sebutkan di atas. Selanjutnya anda harus mengetahui beberapa peluang bisnis online yang dapat anda lakoni dalam cara memulai bisnis online.

Membangun blog atau website


Apabila anda gemar menulis atau memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain, maka apa salahnya untuk membangun sebuah blog atau website. Belajar membangun atau mengelola sebuah blog atau website dengan topik tertentu dapat memberikan manfaat untuk anda, terlebih jika topik tersebut merupakan minat atau hobby anda. Setelah blog atau web yang anda bangun memiliki jumlah pengunjung yang banyak, anda dapat memonetize blog tersebut dengan banyak cara. (http://ittaqi-tafuzi.blogspot.com)

Membangun toko online


Cara memulai bisnis online untuk pemula yang banyak dilakukan oleh orang ialah dengan membangun sebuah toko online. Apalagi jika anda memang memiliki keahlian dalam bidang web developmen maka ini akan mempermudah anda dalam membuat sebuah toko online. Jika kita tidak punya banyak modal untuk menjual produk sendiri, maka kita dapat menjual produk orang lain yang memang banyak dicari di internet yaitu dengan mengikuti program dropship dari suplier besar.

Menjadi affiliate marketer


Apabila anda telah memiliki blog atau website sendiri namun belum punya produk yang dapat dijual. Maka anda dapat menjual produk orang lain atau istilah yang banyak dikenal ialah affiliate marketer. Produk tersebut dapat berbentuk fisik ataupun dalam bentuk digital, anda dapat menentukan produk seperti apa yang paling sesuai dengan blog anda.


Menjual produk digital


Apabila anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu, maka jangan siakan keahlian tersebut karena anda dapat menjualnya dalam ebook, membership atau video. Model bisnis seperti ini sangat berpotensi besar, apalagi di zaman serba digital saat ini. Produk ini biasanya sangat laris di komunitas-komunitas tertentu, seperti komunitas pebisnis online yang berhubungan dengan ilmu internet marketing pasti akan laris manis.

Nah, setelah anda membaca artikel cara memulai bisnis online untuk pemula ini, diharapakan anda memiliki sedikit gambaran tentang bagaimana menjadi pembisnis online yang menguntungkan.