Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube? Inilah Caranya Untuk Para Pemula

Anda mungkin salah satu orang yang mungkin mencari Informasi tentang Bagaimana mendapatkan penghasilan dari youtube, disini kami akan mengulasnya untuk anda. Banyak sekali cara mendapatkan penghasilan dari internet yang bisa anda tekuni, misalnya melalui situs youtube, dan hebatnya lagi, banyak sekali peluang mendapatkan penghasilan dari youtube tanpa harus bermodal besar.
Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube Inilah Caranya Untuk Para Pemula

Situs Youtube bisa menjadi tempat untuk mendapatkan penghasilan (Terpercaya)

Benarkah dari youtube kita bisa mendapatkan penghasilan?
Jika anda masih ragu, kami katakan 100% benar-benar dapat terpercaya, dan sudah banyak sekali orang yang membuktikanya, baik dari kalangan artis ataupun blogger, bahkan anda bisa menghasilkan ratusan smpai ribuan dollar setiap bulan dari youtube.

Melalui artikel ini kami akan memberikan petuntuk dan informasi kepada anda yang jika kebetulan anda sebagai seorang pemula yang memiliki keinginan untuk mendapatkan penghasilan dari youtobe, salah satu peluang yang anda perlu pilih adalah anda harus menjadi petner youtube atau youtuber.

Lalu apa itu Youtuber?
Youtuber adalah istilah untuk para pelaku internetnya yang kerja nya membuat video kemudian mengupload nya di situs youtube.

Bagaimana Youtube bisa membayar anda?

Perlu anda ketahui youtube adalah salah satu situs berbagi video gratis milik perusahaan raksasa internet Google. Google sebagai salah satu raksasa internet populer di dunia yang memiliki media periklanan, salah satu nya media periklanan Google Adsense. Goggle akan membantu mendistribusikan atau mempromosikan iklan para advertiser atau pemasang iklan melalui para publisher adsense, baik dari kalangan blogger maupun dari kalangan youtuber.

Sebagai Youtuber anda bisa mengupload video original ataupun video yang lainya diakun youtube anda sebak- banyaknya dan gratis, kemudian anda bisa bekerja sama dengan youtube untuk menjadi publisher iklan google adsense youtube, jika berhasil, anda bisa memonetisasi atau membuat setiap video yang anda upload sehingga video anda menanyangkan iklan google adsense youtube.

setiap kali ada pengunjung youtube yang menonton video yang anda upload iklan pada video tersebut akan muncul iklan dengan cara-cara tertentu. Jika penonton mengklik iklan adsense yang muncul pada video anda tersebut maka anda akan mendapatkan komisi dari youtube dengan nilai tertentu setiap kliknya. semakin banyak klik iklan pada video anda yang dilakukan oleh penonton, maka anda bisa berpeluang mendapatkan yang lebih besar dari youtube.

Jadi untuk mendapatkan keuntungan besar dari video youtube, anda harus mengupload video sebanyak-banyaknya dan anda harus mampu mendapatkan banyak pengunjung dan penonton terhadap video yang anda upload, semakin banyak anda dilihat oleh penonton youtube maka peluang anda mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari youtube akan semakin baik.

Jenis Video yang dapat menghasilkan penghasilan dari Youtube

Banyak sekali topik video yang bisa dibuat namun yang harus anda perhatikan jika tujuan anda membuat video untuk mendapatkan penghasilan dari youtube anda harus memperhatikan program kebijakan dari Youtube.

Beberapa jenis video yang bisa anda buat, diantaranya:
1. Video Slide, video yang dibuat dari kumpulan gambar yang digabung dan disajikan menjadi sebuah file video.
2. Video Original, video yang dibuat dengan perangkat perekam video, video jenis ini bisa anda buat menggunakan perekam khusus video atau menggunakan perangkat mobile seperti hp atau smartphone.
3. Anda bisa membuat video dengan kategori apapun (Lucu, olahraga, hobi, peristiwa, music, dll) yang penting tidak melanggar kebijakan google adsense dan juga kebijakan yuotube.
4. Video yang anda buat disarankan paling tidak berdurasi 3menitan atau lebih, lebih lama itu lebih baik.

Lalu Bagaimana Cara Mendapkan Penghasilan dari YouTube?

1. Membuat Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti Anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,
Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube Inilah Caranya Untuk Para Pemula
Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila Anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.
Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube Inilah Caranya Untuk Para Pemula
Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”.
Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Youtube Inilah Caranya Untuk Para Pemula
Setelah langkah di atas, kita akan diarahkan ke halaman Channel milik kita di YouTube. Selanjutnya kita bisa mengatur tampilan Channel tersebut, mulai dari menambahkan gambar untuk icon, menambahkan cover, dan pengaturan lainnya. Sampai di sini kita sudah berhasil membuat akun YouTube dan membuat Channel khusus.

2. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik. Misalnya kegiatan memancing, video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel Anda, setidaknya Anda perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar. Semakin banyak video yang di-upload ke Channel Anda, maka akan semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Catatan penting: jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube Anda karena hal tersebut bisa membuat akun Anda bermasalah di kemudian hari.

3. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:

  • Rajin mengunggah video yang bermanfaat, unik, dan menarik. Perhatikan juga kualitas video yang Anda buat, sebaiknya video tersebut memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas.
  • Fokus mengunggah konten yang sesuai dengan niche atau minat Anda. Bila Anda memiliki keahlian dalam bermain gitar, maka fokuslah membangun video yang berhubungan dengan gitar. Misalnya Anda bisa membuat cover gitar untuk lagu penyanyi terkenal atau pemain gitar terkenal. Dengan begitu Channel Anda akan mudah dikenali oleh para pengguna YouTube.
  • Ajak audiens Anda untuk menjadi subscriber Channel YouTube Anda. Semakin banyak subscriber Anda maka peluang untuk mendapatkan views lebih banyak pada video-video Anda akan semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel YouTube Anda ke media sosial lainnya, misalnya ke Facebook.

4. Mendaftar Ke Google Adsense

Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube. Namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense.

Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube Anda, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka Anda tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda.

Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Tidak ada batasan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, karena yang menentukan adalah keunikan, kualitas materi video, dan jumlah views video yang kita unggah ke YouTube.

Penutup

Di atas tadi adalah beberapa langkah cara mendapatkan penghasilan dari YouTube yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Perlu diingat bahwa semua bisnis membutuhkan waktu agar menghasilkan, begitu juga dengan para YouTuber. Jika Anda konsisten membangun konten menarik di YouTube, pasti akan tiba waktunya Anda menikmati penghasilan tak terbatas.

Selamat mencoba!