Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV

Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV

Apakah kalian ingin menonton Youtube melalui TV?  Kita sering menonton video Youtube melalui hp, tablet, PC atau laptop. Namun menonton video di Youtube melalui layar yang lebih besar pasti akan lebih menyenangkan, tentu melalui perangkat TV.

Lantas apakah bisa menonton Youtobe di TV? tentu saja bisa, sebab di zaman yang semakin maju ini, kita sudah dapa menonton Youtube di TV dengan cara yang sangat gampang. Tapi, untuk dapat langsung nonton Youtube di TV tentu dibutuhkan perangkat yang sudah kompatibel, yakni Smart TV. Dan pastinya harga Smart TV masih sangat mahal.

Namun kalian gak usah khawatir, sebab kita masih dapat memanfaatkan smartphone dan TV yang telah kalian punya walaupun bukan Smart TV. Jadi kita gak harus mengganti TV lama lalu membeli Smart TV yang harganya selangit itu.

Nah! cara nonton Youtube di TV lama kalian bisa melakukan dengan langkah yang gampang kok. Walaupun tetap dibutuhkan sejumlah perangkat lain, Tapi harga yang dikeluarkan akan jauh lebih murah daripada membeli Smart TV terbaru. Jadi hal pertama yang harus diperhatikan yaitu pastikan kalian mempunyai koneksi internet. Baiklah langsung saja kalian simak langkah-langka berikut dengan menggunakan hp, tablet, PC, dan laptop:

Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV


1. Pakai Kabel HDMI

Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV

Cara pertama kalian bisa menggunakan kabel HDMI, ini merupakan langkah mudah dan cuma membutuhkan biaya yang sangat murah. kalian tinggal membeli kabel HDMI saja untuk menyambungkan perangkat yang dimiliki ke TV.

Buat kalian yang belum tahu, port HDMI terbagi atas 3 tipe, pertama adalah tipe A atau reguler HDMI yang dapat dipakai untuk menyambungkan perangkat konsol ke TV, kedua adalah tipe C atau mini HDMI, yang dapat dipakai buat menyambungkan TV ke smartphone dan tablet kalian.

Kemudian tipe D atau micro HDMI yang berfungsi sama dengan tipe C yakni untuk membantu menyambungka smartphone dan tablet ke tv. Dengan menggunakan kabel HDMI sendiri cara ini sangat mudah.

Kalian colokkan kabel HDMI ke smartphone, tablet, PC, atau laptop yang sesuai, kemudian colokkan juga sisi lainnya dengan TV. Kemudian tunggu sebentar hingga kedua perangkat tersebut saling terhubung.

Dan disini yang perlu kalian perhatikan ialah, sebelum membeli kabel HDMI, cek port apa yang dipakai oleh perangkat. Kemudian pilih jenis yang sesuai, kalau sulit, coba cari konektor yang dapat membantu menyambungkan kabel HDMI dengan perangkat.

2. Pakai Chromecast

Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV

Walau pada kenyataannya, di Indonesia belum banyak orang yang mengenal perangkat yang satu ini. Chromescast bukanlah barang baru di pasaran produk gadget. Perlu kalian ketahui dongle besutan Google ini, akan sangat membantu dalam menghubungkan smartphone Android kepada TV kalian secara wireless.

Lalu apa fungsi dari Chromecast ini? Fungsinya yaitu untuk membantu pemilik produk Android untuk menampilkan tampilan layar smartphone ke dalam TV. Maka, apa pun yang kalian tonton melalui Youtube di smartphone, maka Chromecast secara otomatis akan menampilkan yang sama juga ke TV kalian, jadi kalian dapat lebih puas melihatnya.

Cara menggunakan Chromecast ini juga sangat mudah. Caranya kalian cukup colokkan saja chromecast ke Port HDMI yang ada di TV, lalu sambungkan dongle itu dengan jaringan yang sama melalui smartphone Android. Selanjutnya instal aplikasi Chromecast di Play Store, kemudian pindah saluran dari TV ke HDMI, dan Chromecast sudah dapat digunakan untuk nonton Youtube di TV.

3. Gunakan Miracast

Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV

Cara selanjutnya yaitu menyambungkan TV dan smartphone menggunakan perangkat yang bernama Miracast. Ini mirip dengan menggunakan Chromecast,  Karena fungsi Miracast juga sama dengan Chromecast, yakni untuk mirroring layar smartphone ke TV seperti Youtube-an.

Cara menggunakannya kalian harus mencolokkan perangkat ini dulu ke TV. Kemudian lakukan perubahan settingan di smartphone Android, dengan cara masuk ke menu setting, pilih display, kemudian pilih "wireless mirroring or cast screen". Kemudian, ubah setting yang ada ke posisi On.

Kemudian kalian tunggu sebentar hingga muncul daftar jaringan dari perangkat Miracast yang kalian pakai. Kalau sudah muncul, kalian pilih jaringan Miracast tersebut dan tunggu hingga smartphone dan TV benar-benar terhubung. Kalau berhasil, maka tampilan layar smartphone Android kalian akan muncul di TV.

4. Pakai Set Top Box

Cara Mudah! Nonton Youtube Di TV

Biasanya, Set Top Box lebih banyak dipakai pada layanan internet TV. Set Top Box sebenarnya berfungsi hampir sama dengan perangkat decoder pada layanan TV kabel atau parabola.

Dan di Indonesia, ada sejumlah produk Set Top Box yang dapat dipakai untuk streaming video secara langsung misalnya di Youtube. Meskipun begitu, perangkat ini juga memiliki kekurangan, kekurangan dari perangkat ini yaitu harga jualnya yang masih sangat mahal.

Baca juga:

Baiklah sekian informasi yang bisa saya sampaikan tentang cara mudah! nonton Youtube di TV. Dan perlu kalian ketahui bahwa cara diatas untuk semua TV, di TV Sharp maupun TV Polytron. Sebelumnya pastikan TV di rumah kalian telah dilengkapi dengan port HDMI dan USB supaya bisa terhubung dengan perangkat tambahan yang diperlukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.