Cara Memindahkan Video Offline YouTube ke SD Card (kartu memori)

Cara Memindahkan Video Offline YouTube ke SD Card (kartu memori)

Untuk saat ini yang merupakan media hiburan menarik adalah youtube, selain itu youtube sudah sangat populer dikalangan orang tua maupun anak-anak. Maka gak heran jika youtube semakin hari semakin mengalami kemajuan dengan hadirnya berbagai macam fitur-fitur terbarunya. Selain itu, fungsi youtube juga sudah dianggap melebihi TV, sebab lewat youtube kita bisa mencari beragam sumber informasi, berita, musik, hiburan dan lain sebagainya.

Memang sangat menyenankan jika menonton video ataupun film di youtube, akan tetapi tidak sedikit pula kuota internet yang harus kita keluarkan untuk melihat video secara streaming di youtube. Maka solusin untuk menghemat kuota internet, saat ini para pengguna youtube dapat memanfaatkan adanya fitur offline yang telah tersedia oleh aplikasi youtube tersebut.

Jadi fitur offline yang terdapat pada aplikasi youtube ini sangat memungkinkan kita untuk menonton video atau film di kemudian hari ketika kita gak terhubung dengan koneksi internet. Maka dengan fitur tersebut kita dapat menyimpan banyak video yang bisa kita simpan secara offline jadi kita dapat  memutar video tersebut kapan pun kita ingin, sebab kita dapat memutarnya tanpa harus terkoneksi melalui internet. Dan pastinya hal ini dapat menghemat pemakaian kuota internet kita. Akan tetapi untuk memutar video tersebut secara offline pastinya sebelumnya kita harus mendownload video tersebut lalu menyimpannya secara offline. Kalian gak usah khawatir ukuran file yang didownload secara offline ukurannya lebih kecil dan tidak sebesar dari video yang aslinya.

Namun ada satu hal lagi yang menjadi kendala adalah kalau kita terlalu banyak menyimpan video maka memory internal kita akan cepat penuh jadi kinerja ponsel kita akan menjadi lambat sebab secara default penyimpanan video offline akan terletak pada penyimpanan internal yakni pada direktory internal storage/android/data/com.google.android/youtube/files/offline. Jadi pengguna sering mengalami kehabisan ruang penyimpanan ketika menyimpan video ke offline.

Maka tak jarang dari sekian banyak pengguna akan lebih memilih untuk menonton video atau film secara langsung saja (streaming). Nah untuk mengatasi hal tersebut, caranya adalah kita harus memindahkan semua video yang akan kita simpan tersebut pada memory SD Card. Hal ini bertujuan tujuan supaya memory penyimpanan internal di smartphone bisa tetap lega. Bagaimana caranya yuk langsung saja kalian simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Memindahkan Video Offline YouTube ke SD Card (kartu memori)

  • Pertama silahkan kalian buka Aplikasi youtube, lalu pastikan kalian memakai versi terbaru.
  • Selanjutnya kalian klik menu 3 titik yang berada disebelah kanan atas.
  • Kemudian pilih menu setelan.
  • Jika kalian sudah selesai, lanjut pilih menu Offline.
  • Lalu kalian aktifkan opsi Gunakan kartu SD.

Nah untuk lebih jelasnya kalian dapat melihat gambar dibawah ini.

Cara Memindahkan Video Offline YouTube ke SD Card (kartu memori)

Jika kalian berhasil melakukan langkah-langkah pada ulasan diatas, maka video offline youtube kalian akan tersimpan pada penyimpanan eksternal atau kartu SD.

Gimana temen-temen caranya mudahkan? baiklah itu saja penjelasan dari saya mengenai cara memindahkan video offline youTube ke SD card atau kartu memori, maka dengan demikian kalian sekarang gak perlu khawatir lagi takut kehabisan ruang penyimpanan pada memory internal hp kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih....