6 Fitur Terbaru Android Q

6 Fitur Terbaru Android Q

Sudah kita ketahui bersama bahwa Android Q, versi terbaru sistem operasi Android segera diluncurkan pada kuartal ke-3 tahun 2019. Sampai saat ini, versi Beta 2 Android Q telah diluncurkan dan bisa diunduh di smartphone seri Pixel, Pixel 2 dan Pixel 3.

6 Fitur Terbaru Android Q


Disini terdapat beberapa fitur baru yang menonjol pada sistem operasi ini,

1. Kontrol Izin Aplikasi Lebih Luas

Jika biasanya pop-up izin aplikasi muncul setiap saat ketika pengguna membuka aplikasi, di Android Q nanti pengguna dapat memilih untuk mengizinkan akses ke aplikasi dengan tiga opsi: sepanjang waktu, cuma pada saat aplikasi digunakan, atau menolak akses.

Kini google mencatat, di Android Q, pengguna diberikan kontrol akses aplikasi yang lebih luas. Pengguna dapat mengontrol akses ke foto, video, dan audio melalui perizinan yang lebih tertata, maka gak ada lagi pop-up mengganggu yang muncul terus menerus yang menanyakan izin aplikasi.

2. Opsi Tema Baru

Kini pengguna dapat mengkostumisasi tema smartphone di sistem operasi Android Q. Di Beta 1, pengguna dapat mengganti aksen warna user interface (UI) secara keseluruhan, yang terdiri dari pilihan warna biru, hijau, ungu, dan hitam.

Sedangkan di Beta 2, ada fitur Pixel Themes. Walaupunu belum difungsikan, banyak yang berasumsi Pixel Themes akan dirampungkan di versi final Android Q nanti.

3. Fitur Rekam Built-In-Screen

6 Fitur Terbaru Android Q

Jika biasanya pengguna harus mengunduh aplikasi untuk merekam video di smartphone, jadi dengan sistem operasi Android Q, pengguna bisa langsung merekam memakai fitur rekam built-in-screen. Dan fitur ini telah hadir di versi Beta 1 Android Q.

4. Improvisasi Share Menu

Share menu yang dipunyai Android sekarang terbilang masih belum sempurna, walaupun berfungsi dengan baik. Untungnya, di Android Q, share menu mendapatkan perhatian khusus.

Google sudah mengimprovisasi share menu dan mengenalkan Sharing Shortcuts dalam Android Q. Sharing Shortcut memungkinkan pengguna untuk membagikan foto, video, dan file lainnya secara lebih cepat.

5. Dukungan Lebih Baik Untuk Smartphone Foldable

6 Fitur Terbaru Android Q

Saat ini maraknya smartphone foldable atau smartphone yang dapat dilipat ke samping, seperti Galaxy Fold, telah membuat Android Q turut mengoptimalkan dukungan untuk perangkat jenis ini.

Dan google menyatakan, untuk membantu aplikasi berjalan dengan baik, pihaknya sudah membuat sejumlah perbaikan di Android Q, dan termasuk perubahan terhadap fitur onResume dan onPause untuk mendukung multi-resume dan juga memperbaiki fitur resizeable activity.

6. Mode Gelap Otomatis

Selanjutnya adalah mode gelap atau dark mode aslinya sih sudah ditanamkan di Android Q versi Beta 1. Ke depannya, fitur ini akan berjalan otomatis dengan jadwal yang dapat diatur sesuka hati.

Kemudian selain itu, mode gelap juga akan menyala secara otomatis pada saat baterai smartphone melemah. Dan google memang pernah menyatakan jika mode gelap dapat membantu merawat umur baterai. Baiklah itu saja informasi dari saya semoga bermanfaat.