Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros Baterai

Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros Baterai

Jika HP Xiaomi kalian panas itu bisa menimbulkan efek negatif bagi masa penggunaannya. Karena jika suhu tinggi yang terus-terusan menampar perangkat keras pada HP Xiaomi maka bisa membuatnya menjadi lebih cepat rusak, dan dampak langsung yang akan di rasakan oleh pengguna adalah menurunnya kekuatan baterai.

Jadi oleh sebab itu penting untuk mengetahui apa saja penyebab-penyebab HP Xiaomi menjadi lebih cepat panas. Langsung saja ada baiknya kalian pahami beberapa ulasan berikut ini.

Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas dan Boros Baterai


Sinyal Lemah

Yang pertama adalah ketika kondisi sinyal lemah, ini merupakan salah satu penyebab HP Xiaomi kalian menjadi lebih cepat panas, dan hal ini biasanya di karenakan perangkat keras pada HP Xiaomi akan bekerja lebih keras lagi dengan memancarkan gelombang radio yang lebih kuat supaya mendapatkan sinyal.

Maka langkah yang harus kalian lakukan supaya dapat mengurangi suhu panas yang diakibatkan oleh sinyal lemah adalah dengan cara mematikan data atau mengaktifkan mode pesawat di perangkat, dan dengan begitu perangkat tidak akan terus-terusan memancarkan gelombang radio yang akan membuat HP Xiaomi menjadi lebih cepat panas.

Maka dengan kalian mematikan data seluler atau mengaktifkan mode penerbangan juga bisa membuat baterai kalian menjadi lebih awet.

Digunakan Selalu Saat Nge-Cas

Karena pada umumnya HP Xiaomi memakai baterai Lithium-ion dan Lithium polymer sebagai penyuplai tenaga listriknya. Karena kedua jenis baterai tersebut, ternyata gak tahan dengan kondisi panas.

Karena kedua jenis baterai yang disebutkan di atas hanya memiliki suhu cadang maksimal di antara 0 derajat celcius hingga 60 derajat celcius. Sedangkan untuk suhu simpanya berada di antara -20 derajat celcius hingga dengan 60 derajat celcius.

kalau HP Xiaomi terus menerus di pakai ketika sedang di Charging, maka akan secara otomatis suhu akan terus meningkat. Dan efek buruknya baterai bisa menggelembung dan gak bisa di pakai lagi.

Layar Terlalu Cerah

Jika kalian menggunakan layar yang terlalu cerah ini juga bisa membuat HP Xiaomi kalian menjadi lebih cepat panas. Ini disebabkan karena semakin cerah kontras pada layar maka akan semakin banyak membutuhkan daya, yang akan menimbulkan kinerja perangkat pada ponsel kalian menjadi lebih keras.

Perlu diketahui juga jika penggunaan layar yang terlalu cerah akan membuat baterai menjadi lebih boros.

Data Seluler Selalu Nyala Ketika Tidak Digunakan

Nah salah satu kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone yakni gak mematikan data seluler pada saat gak di pakai, yang berakibat baterai terus berkurang dan suhu smartphone gak menurun.

Dan ini disebabkan karena data seluler yang masih aktif dan tetap bekerja walaupun data seluler sedang gak dipakai. Maka dari itu, perlu juga untuk mematikan data seluler pada saat sedang gak di gunakan.

Dan hal ini bukan berlaku hanya untuk HP Xiaomi saja, namun juga berlaku untuk semua smartphone yang belum di lengkapi dengan penghemat daya pintar.

Selalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Nah satu hal yang perlu diketahui oleh kalian dan semua pengguna smartphone yakni gak semua aplikasi akan berhenti dengan sendirinya pada saat sedang gak di pakai, sebab ada beberapa aplikasi akan terus berjalan walaupun sedang gak di gunakan oleh pemiliknya.

Aplikasi apa saja yang dimaksudkan antara lain yakni facebook, whatsapp, chrome, vidmate, BBM dan game PUBG merupakan contoh aplikasi yang akan terus berjalan walaupun sedang dalam kondisi gak di pakai.

Maka dengan begitu, perangkat akan bekerja secara terus menerus hingga membuat HP Xiaomni akan menjadi lebih cepat panas.

Kalian bisa mengatasinya melalui pengaturan aplikasi yang ada di HP Xiaomi. Silahkan kalian cek satu persatu aplikasi yang tengah berjalan lalu paksa berhenti aplikasi melalui menu pengaturan tersebut. Ok itu saja informasi dari saya semoga bermanfaat.