ApakahTeknologi Fast Charging Berbahaya dan Bikin HP Meledak? Ini Penjelasannya!

Pada masanya mengisi baterai Hp sampai penuh membutuhkan durasi waktu yang cukup lama, maka berkat hadirnya terknologi fast charging kini pengisian daya dapat dilakukan dengan sangat cepat. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali Hp yang mendukung teknologi fast charging dengan harga terjangkau.
ApakahTeknologi Fast Charging Berbahaya dan Bikin HP Meledak Ini Penjelasannya!
Meskipun banyak menawarkan keunggulan bagi para penggunanya, tapi tidak sedikit orang yang meragukan keamanan penggunaan fast charging ketika mengisi daya baterai. Lalu apakah benar jika fast charging berpotensi merusak baterai Hp dan bahkan bisa bikin Hp meledak? Yuk, coba kita cari tahu jawabannya dengan ulasan berikut ini.

Apa Hal yang Paling Membahayakan Baterai Hp?

1. Overheating
Overheating
Masih banyak orang yang menganggap sepele permasalahan ini dan terus menggunakan Hp meskipun suhunya sudah sangat panas. Krena itu, Overheating menjadi salah satu permaslahan umum yang sering dialami oleh para pengguna Hp di zaman yang sekarang.

Jika batas suhu panas pada sebuah Hp melampaui hal yang bukan semestinya maka justru akan membuat baterai cepat mengembung dan bahkan bisa menyebabkan baterai meledak jika panasnya sudah mencapai batas maksimum yang bisa diterima oleh sebuah Hp.

Walaupun saat ini fitur pemantauan suhu yang didukung oleh pengontrol disediakan untuk melindungi baterai, tapi fitur tersebut rupanya tidak terlalu berpengaruh untuk mencegah baterai agar tidak cepat panas. Yang artinya meskipun dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang canggih, tapi hal tersebut tidak cukup kuat membuat baterai Hp kamu tetap aman dari pentensi bahaya lain yang mengintai.

2. Arus Daya Terlalu Tinggi
Arus Daya Terlalu Tinggi
Arus daya yang terlalu tinggi selama proses pengisian daya ataupun pemakaian juga bisa membahayakan baterai Hp kamu. Hal inilah yang memunculkan anggapan bahwa fast charging dapat merusak baterai Hp.

Memang saat ini kemajuan teknologi sangat pesat, teknologi pada Hp saat ini sudah semakin canggih dan bahkan mampu mendeteksi ukurang tegangan daya yang masuk secara normal, tinggi atau rendah. Dan seperti yang kita tahu tujuan dari fast charging adalah untuk meningkatkan arus tegangan agar proses pengisian daya semakin cepat.

Tidak sepenuh nya fast charging itu membahayakan Hp kamu. Berikut penjelasan tentang kenapa fast charging tidak membahayan Hp kamu.

Kenapa Fast Charging Tidak Membahayakan Baterai HP?

Pasalnya jika tegangan Hp daya terlalu tinggi bisa membahayakan baterai Hp, lalu kenapa teknologi Fast charging tidak membahayakan baterai Hp? Sudah dijelaskan bahwa tidak sepenuh nya fast charging itu membahayakan Hp kamu.

Cara kerja teknologi fast charging sendiri ternyata tidak sesimpel seperti apa yang mungkin kita bayangkan dengan cara mengaliri arus tinggi ke baterai Hp. Fast Charging sendiri memiliki fitur adanya teknologi yang mampu mengontrol pada Hp yang dapat memantau tingkat pengisian daya, status baterai, suhu dan beban pada Hp. Dengan begitu fast charging mampu melmilih mode operasi yang paling optimal untuk Hp kalian agar tidak merusak baterai.

Jadi, memskipun bertujuan untuk mengaliri arus tegangan yang lebih tinggi, fast charging tetap aman digunakan oleh perangkat Hp Android. Seperti misalnya pada proses pengisian daya, fitur pengontrol secara bertahap akan menurunkan arus tegangan agar tetap dalam batas yang dapat diterima oleh Hp. Oleh karena itu, pada pengisian 10% terakhir pengisian daya baterai menggunakan teknologi fast charging biasanya akan terjadi secara lambat.

Apakah Teknologi Fast Charging Layak Digunakan?

Karena teknologi fast charging tidaklah berbahaya, dan tentu teknologi ini benar-benar layak untuk diginakan. Jika kamu menggunakan charger fasr charging para perangkat yang sudah mendukung teknologi ini, tentu saja jawaban yang kamu dapat sangat layak untuk digunakan. Bedahalnya dengan jika perangkat Hp kamu tidak memiliki fitur fast charging maka tidak disarankan untuk menggunakan charger yang mendukung fast charging.

Tentu saja fungsi dari teknologi ini snagat membantu kamu agar tidak terlalu lama menunggu baterai Hp terisi penuh. Terlebih lagi bebrapa tahun kedepan dimana teknologi bakan semakin berkembang, teknolgi fast charging ini akan menjadi standar pada sebuah perangkat Hp dikemudian hari dimasa yang akan datang.

Begitulah penjelasan tentang mengenai kabar yang beredar dimasyarakat mengenai teknologi fast charging yang isunya bisa merusak Hp dan bahkan membuat Hp meledak. Jadi, jangan tertalu percaya dengan orang yang mengatakan jika fast charging bisa membahayakan baterai Hp.

Karena pada dasarnya setiap teknolgi yang diciptakan saat ini pasti sudah melewati berbagai proses dan pengecekan agar tidak membawa dampak buruk.