Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik dan Profesional

Surat lamaran sangatlah penting untuk para calon pekerja dan rupanya, surat lamaran juga punya peranan yang cukup diperhitungkan karena masih banyaknya perekrut yang menjadikan surat lamaran sebagai pengambilan keputusan, dilihat dari seberapa profesional kalian membuat surat lamaran kerja.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Profesional

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Profesional

5 poin penting kenapa perlu ada surat ini

Untuk para perekrut surat lamaran kerja kalian bisa dikatakan sebagai first impression dari pelamar atau kesan pertama yang bisa kalian berikan untuk suatu perusahaan atau untuk para perekrut.

1. Surat lamaran atau cover letter yang dibuat dengan baik dan benar bisa menyakinkan perekrut kalau isi CV atau resume yang kamu buat benar.
2. Menyertakan surat lamaran menandakan kalau si pelamar dapat mengikuti instruksi sederhana yang ada dalam prosedur melamar kerja.
3. Menulis cover letter untuk berkomunikasi ke perekrut  kalau pengalaman atau keterampilan yang dimiliki si pelamar relevan dengan posisi yang dicari.
4. Penulisan cover letter yang baik dan benar mencerminkan baiknya kemampuan komunikasi yang dimiliki si pelamar.
5. Surat lamaran menjadi bukti keseriusan si pelamar dalam mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan.

Sampai sejauh ini cukup pahamkan, kenapa sekarang surat lamaran kerja yang baik dan benar masih di minta? Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah abaikan peran dari surat lamaran kalau ingin mendapatkan pekerjaan.

Dan agar sesuai dengan harapan suatu perusahaan atau perekrut, ada beberapa poin yang perlu ada dalam surat lamaran. Apa saja? simak terus ulasannya:

Poin-poin yang harus ada di contoh surat lamaran pekerjaan

Disini Kamu perlu tahu poin -poin kunci yang wajib ada dalam setiap surat lamaran kerja. Berikut poin-poinnya:

1.  Informasi Pribadi atau Contact Information
Poin yang satu ini jelas harus ada. Gimana perekrut bisa tahu surat lamaran ini dari siapa kalau informasi pribadinya gak ada? Dalam poin ini, ada beberapa hal yang perlu dimuat.

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor telepon atau handphone
  • Alamat email
  • Alamat Linkedin (kalau ada)

Posisikan informasi pribadimu di tengah-tengah surat lamaran kerja, dan pastikan alamat email yang disertakan tetap profesional.

Lalu, masukkan informasi pihak yang dikirimi surat lamaran. Mulai dari nama, posisi, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan. Masukan informasi ini di bawah informasi pribadimu dengan posisi di rata kiri.

2. Salam pengantar
Setelah menulis informasi pribadi, tuliskan di bawahnya salam surat pengantar. Di sini kamu harus tahu nih kepada siapa salam ini disampaikan.

Biasanya dalam apply pekerjaan secara online di situs lowongan kerja, kamu bakal dihubungi atau dikirimkan email kepada siapa kamu bertemu nanti.

Dari informasi tersebut, kamu jadi tahu harus tulis salam Kepada Yth. Bapak …. atau Kepada Yth. Ibu …. . Katakanlah surat lamaran kerja yang dikirim berbahasa Inggris, itu berarti penulisannya Dear Mr. …. Atau Dear Mrs. …. .

3. Isi surat lamaran
Pastikan perekrut tahu posisi apa yang kamu lamar dan kenapa kamu menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam penulisan pengantar ini.

  • Paragraf pertama berisi alasan kamu menulis surat lamaran dan beri tahu informasi yang spesifik buat perekrut tinjau agar jadi pertimbangan.
  • Paragraf kedua berisi penawaran kamu ke perekrut atau perusahaan berkaitan dengan posisi yang dilamar. Ceritakan kompetensi yang kamu miliki secara ringkas dan jelas. Sebab, muatan dalam paragraf ini sangat efektif dalam menarik perhatian perekrut.
  • Paragraf ketiga berisi ucapan terima kasih atas kesediaan perekrut buat membaca surat lamaran dan sarankan perekrut buat menghubungi kamu di kontak yang kamu beri.

4. Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, jangan lupa tambahkan bagian penutup
Setelah mencantumkan isi surat lamaran, jangan lupa buat menulis penutup. Isi penutup sendiri berupa salam hormat kemudian diikuti nama lengkap kamu. Gunakan salam yang sifatnya formal dan hindari salam yang informal.

Contoh Surat Lamaran Perkerjaan yang benar


Indah Sari
Bintaro Raya No. 77, Jakarta - 081337697628 - indah.sari@email.com

5 Agustus 2019

Adam Wijaya

Recruiter
PT Mediatek Jaya
Jalan Agung, Jakarta 45678

Kepada Yth. Bapak Adam Wijaya,
Sebagaimana informasi di situs lowongan kerja InginKerja.com, saya menulis surat ini dengan maksud untuk melamar posisi Content Writer di PT Mediatek Jaya. Saya sertakan CV dan dokumen lain yang dapat Bapak tinjau untuk dipertimbangkan.

Sebagai informasi, saya sendiri memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni dalam memproduksi konten-konten yang kreatif untuk keperluan media digital ataupun cetak. Saat ini saya masih bekerja di PT Berita Terbit sebagai Jurnalis.

Selama di PT Berita Terbit yang saya produksi banyak berita dan melakukan wawancara dengan beragam narasumber. Kini saya terbuka untuk menerima kesempatan yang lebih besar yang nantinya bisa memberi kontribusi bagi perusahaan dan diri saya.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya akan menanti kabar baik dari Bapak Adam Wijaya dengan menyampaikannya ke nomor 0813 3769 7628 dan alamat email indah,sari@email.com.

Salam hormat,

Indah Sari

Contoh surat lamaran yang barusan kamu baca ditulis berdasarkan poin-poin yang udah disampaikan sebelumnya. Dalam surat ini, kamu bisa melihat gimana isinya berusaha menyakinkan perekrut kalau si pelamar adalah orang yang tepat.

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris


Dudung Angkasa
Bandung Raya No. 78, Jawa Barat - 0812 6543 0978 - angkasa.dudung@email.com

August 5, 2019

Tony Kusuma

Lead Design
Gambar Kegemaran
Jalan Kenanga, Bandung 7778

Dear Mr. Tony Kusuma,
I am writing to apply for the position of Creative Designer at Gambar Kegemaran as advertised on the city’s careers web page. I have included my resume for your consideration.

In addition to experience as a Senior Creative Designer, I have an excellent knowledge of Adobe and typography. Most recently, I worked for Lukis Gunung in Jakarta as Junior Creative Designer. While I was there, I developed a training program for new hires.

Thank you for your time and consideration. I will follow up next week to see if I can offer any more information about my skills and experience. My cell phone is 0812 6543 0978 and my email is angkasa.dudung@email.com.

Best regards,

Indra Soleh

Nah, itulah informasi seputar surat lamaran pekerjaan , cara membuatnya dan contoh lamaran pekerjaan. Meski keberadaannya cukup berperan, kamu harus tahu kalau pengalaman kerja yang dimiliki paling menentukan.

Sementara buat fresh graduate, nilai akademik dan pengalaman magang menjadi penentu apakah surat lamaran kerja kamu diterima atau ditolak. Semoga informasi soal contoh surat lamaran pekerjaan barusan bisa bermanfaat ya buat kamu!