Facebook Luncurkan Fitur Laporkan Iklan Penipuan

Facebook Luncurkan Fitur Laporkan Iklan Penipuan

Mungkin kalian pernah menemukan iklan yang ternyata adalah sebuah modus penipuan di Facebook, atau mungkin kalian pernah menjadi korban. Maka dari itu untuk meminimalisir praktik penipuan tersebut, media sosial Facebook meluncurkan fitur baru untuk melaporkan iklan yang ternyata adalah modus penipuan.

Dan sepertinya menurut informasi yang saya dapat bahwa fitur ini sudah diluncurkan di Inggris. Fitur ini bisa diakses dengan mengeklik tiga titik di sudut kanan atas setiap iklan di Facebook, kemudian memilih 'Laporkan Iklan', lalu memilih laporan berupa 'Iklan yang menyesatkan atau scam', selanjutnya 'Kirim laporan atau scam terperinci'.

Jika laporan iklan penipuan diajukan, maka fitur tersebut akan memberi tahu tim operasi internal khusus di Facebook yang bertugas menangani laporan. Yang kemudian tim operasi Facebook akan meninjau laporan dan menghapus iklan jika terbukti melanggar.

Jadi fitur keamanan konsumen itu diluncurkan di Inggris sesudah adanya gugatan pencemaran nama baik yang diajukan oleh penasihat konsumen, Martin Lewis, pada bulan April tahun lalu. Diungkapkan bahwa konsumen jengkel dengan volume iklan penipuan yang menyalahgunakan citranya di media sosial untuk mencoba menjebak para pengguna.

Pada awal tahun ini Lewis lalu mengumumkan akan mencabut gugatannya jika Facebook setuju untuk meningkatkan tanggapannya terhadap masalah tersebut dengan mengatakan akan menambah fitur pelaporan penipuan iklan, yang pada saat ini masih eksklusif untuk Inggris. Selanjutnya Facebook juga membentuk tim lokal untuk memantau tren iklan untuk aktivitas yang meragukan.

Kemudian facebook juga setuju untuk menyumbangkan £3M (NYSE:MMM) senilai dukungan dalam bentuk tunai dan kredit iklan Facebook terhadap badan amal saran konsumen Inggris, Citizens Advice, untuk mendanai pengaturan layanan Citizens Advice Scams Action (Casa), yang juga sudah diluncurkan kemaren.

Nah layanan ini akan memberikan bantuan spesialis satu-satu terhadap mereka yang khawatir rekeningnya terkena scam atau yang sudah kehilangan uang yang di akibatkan oleh iklan palsu tersebut. Dan ini juga akan melakukan pekerjaan pencegahan penipuan, termasuk didalamnya dengan meningkatkan kesadaran akan penipuan online di Inggris.

Demikian informasi dari saya guna meningkatkan kewaspadaan kita terhadapat penipuan dalam bentuk iklan apapun, semoga bermanfaat terimakasih.