6 Software Gratis untuk Memperkecil Ukuran Foto

Ternyata untuk meresize ukuran foto itu tidaklah sulit. Beberapa software gratis untuk memperkecil ukuran foto sudah banyak tersedia. Dan pada setiap software memiliki metode serta algoritma yang berbeda – beda, akan tetapi secara umum terdapat 2 jenis metode yang dapat digunakan yaitu Lossy dan Lossless. Losy berarti pada file originalnya, beberapa data dan informasi akan dihilangkan, sedangkan lossless akan tetap mempertahankan informasi serta data itu. Dan untuk ukuran filenya, lossy dapat menghasilkan file dengan ukuran yang kecil daripada lossless.

6 Software Gratis untuk Memperkecil Ukuran Foto


Memperkecil ukuran file foto sangatlah penting, terutama untuk mereka : 



  • Pemilik blog yang tentu saja ingin menghemat bandwidth maupun space pada server
  • Agar tidak menghabiskan banyak space pada hardisk ataupun flashdisk
  • Dapat mengupload foto dengan cepat tanpa loading lama
  • Pengiriman foto via e-mail dan sebagainya dapat berlangung dengan cepat
  • Penghematan paket data bagi pengguna smartphone

6 Software Gratis untuk Meresize Foto


Dibawah ini terdapat 6 software gratis yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran foto :

1. Kraken

Software yang paling sering digunakan PG dalam mengecilkan ukuran foto yakni kraken. Software ini dapat digunakan secara gratis dengan menggunakan web interface dengan batasan 1MB per file. Adapun keunggulan dari software ini adalah dapat mengupload file dari komputer hanya dengan mempastekan URL saja, dan juga dapat menggunakan metode lossy maupun lossless.

Software ini sangatlah cocok bagi pemilik blog ataupun website untuk mengecilkan ukuran file foto sebelum menguploadnya di blog mereka. 

2. PIXresizer

Aplikasi yang kedua yaitu PIXresizer, untuk Windows ( Windows 98/NT4/ME/2k/2k3/2k8/XP/Vista/7 ), dan ukuran instalernya hanya sekitar 3 MB.

Fitur – fitur atau kelengkapan yang tersedia pada software PIXresizer, yaitu :

  • Cara menggunakannya yang mudah
  • Dapat mendukung format jpg, bmp, gif, png maupun tif
  • Ukuran pada output resolusi dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan
  • Dapat menggunakan single dan multiple file (dapat  satu folder sekaligus dalam meresize)
  • Dan tentunya, software ini dapat dimiliki secara gratis alias free :)


3. JPEGMini

Software JPEGMini dapat memperkecil ukuran foto hingga 5 kali tanpa harus mengurangi kualitas pada foto itu. Software ini tersedia dalam versi Windows dan Mac OS. Setiap harinya, Anda dapat memproses 20 gambar, tentu saja dengan menggunakan versi gratis dari software ini. Namun, ternyata software ini hanya dapat digunakan bagi foto yang memiliki format JPEG saja.

4. Smush.it

Metode lossles dapat digunakan pada aplikasi smush.it keluaran Yahoo ini.

5. Shrink O’Matic 

Aplikasi berbasis Adobe Air ini mampu memperkecil ukuran foto dengan format JPG, GIF, dan PNG. Bukan hanya memperkecil ukuran foto, aplikasi ini juga dapat merotasi maupun melakukan auto-rename pada sebuah foto.

6. TinyPNG 

Teknik lossy dapat digunakan pada software ini, yakni mengurangi jumlah warna pada file PNG tersebut. Ukuran file foto pun dapat diperkecil dengan kualitas foto yang tidak begitu berbeda. Sama seperti JPEGMini, pada software TinyPNG dapat memproses 20 gambar dengan maksimal 3MB per file.

Itulah tadi 6 software gratis untuk memperkecil foto yang dapat Anda gunakan, Semoga bermanfaat.