Suka Pakai WiFi Gratisan? Hati-Hati Kalau Gak Pengen HP Diretas Hacker!

Di zaman super sibuk seperti sekarang ini, internet menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Bagaimana tidak, gadget tanpa internet bagai barang canggih namun tidak bisa digunakan secara maksimal, pasalnya semua seakan mengharuskan untuk selalu terkoneksi dengan internet.

Nah, ini yang lagi trend saat ini terutama di kalangan remaja atau bahkan para bocah, apa lagi kalau bukan jaringan WiFi publik. Alasannya cukup sederhana, dapat browsing sepuasnya tanpa menguras paket data yang berarti tidak butuh mengeluarkan uang tambahan untuk membeli paket data beda kalau ke warnet. Kalau yang beginian emang anak muda banget cara berpikirnya:)
bahaya menggunakan wifi gratisan
Namun buat kalian yang emang gemar WiFi gratisan, hati-hati ya. Karena memang memakai jaringan WiFi publik nyatanya tidak selalu aman. Bahkan WiFi publik sangat rentan disusupi hacker jahat untuk mengambil alih perangkat atau gadget. Wih ngeri deh kalau gini!

Untuk nge-hack jaringan WiFi juga tidak sulit dilakukan. Dengan gampang dijumpai aplikasi untuk melakukan peretasan. Mulai dari Jumpstart hingga Dummper. Tuh tandain nama aplikasi tersebut!

India Today pernah mengutip bahwa salah satu cara meretas perangkat dengan membiarkan WiFi terbuka bagi semua orang sebagai umpan. Saat korban mengkoneksikan perangkat ke WiFi terbuka, IP adress akan terdaftar di router. Kemudian hacker jahat dapat mengintai aktivitas pengguna gadget sampai mengambil alih gadget.

Rentannya keamanan WiFi publik juga sempat terlihat dari video yang di-upload pemilik akun twitter. Dimana video tersebut menampakkan sekelompok orang yang sedang memata-matai seorang pengunjung yang langsung mengkoneksikan ponsel ke Wifi tanpa membaca term and conditions saat mengkoneksikan WiFi ke ponsel.
Baca juga: Cari Aman! Deretan Aplikasi Berbahaya yang Harus Segera di Uninstall dari HP Kamu!
Di dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana sekelompok orang ini langsung dapat melihat kegiatan yang dilakukan pengunjung tersebut di dalam gadgetnya. Untungnya pemilik gadget tersebut sedang berselancar di internet dengan melihat pakaian-pakaian. Coba kalau sedang melakukan transaksi online, kan bahaya.

Nah dari sini kita sadar bahwa video tersebut ingin menyampaikan pesan betapa rendahnya keamanan WiFi publik sehingga dapat disusupi oleh hacker dan mencuri data korbannya. 

Sebagaimana pesan dari video tersebut "Berhati-hatilah dalam menggunakan WiFi publik untuk menghindari risiko data pribadi Anda disalahgunakan,"

Jadi kalau sudah tahu gini, masih mau WiFi gratisan? Ya boleh-boleh saja kalau pakai WiFi gratisan, cuma lebih hati-hati aja ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa diambil pelajaran agar kita bisa lebih hati-hati di balik mudahnya fasilitas yang tersedia secara umum.