CARA MENGGUNAKAN TWITTER bagi pemula TERBARU

Setelah anda membaca cara membuat twitter, sekarang kita akan membahas cara memainkan twitter. Saya akui memang kita sebagai pemula akan mengalami kesulitan ketika awal kali ingin menggunakan twitter, apalagi dengan istilah istilah yang digunakan bukanlah istilah bahasa indonesia yang dapat dipahami secara langsung, sehingga wajar jika anda mencari pembahasan atau panduan cara menggunakan twitter.

Alasan tersendiri dari membuat atau menggunakan twitter adalah dikarenakan para pelaksana lomba menulis atau kontes blog, semuanya meminta untuk di follow akun twitternya, sehingga setidaknya kita harus memiliki sebuah akun twitter untuk memenuhi persyaratan tersebut.

cara menggunakan twitter
Selain itu manfaat dari akun twitter adalah untuk mendapatkan update info terbaru dari orang atau komunitas yang kita ikuti atau follow, sehingga pilihlah komunitas atau orang yang baik.

Harapan pribadi janganlah menjadi pelaku kejahatan di dunia maya dengan menggunakan akun twitter maupun akun jejaring sosial lainnya, sebagaimana yang sangat marak belakangan ini yang sampai menodai kehormatan pejabat atau keharmonisan keluarga orang lain.

Supaya tidak kepanjangan kita akan mulai dari mengenal istilah istilah yang digunakan dalam twitter bahasa indonesia. kemudian cara menulis tweet dan mengatur profil di tweeter.

Cara Menggunakan Twitter

Berikut ini adalah istilah-istilah umum yang digunakan dalam twitter:

Pengikut : adalah orang yang mengikuti / follow berita terbaru, ucapan atau kata-kata terbaru dari kita, para followers atau pengikut ini nantinya akan melihat semua aktifitas, tulisan maupun status kita. Sehingga setiap apa yang kita tweet (ucapkan) akan diketahui oleh mereka semua.

Mengikuti : adalah orang orang atau komunitas yang anda ikuti aktivitas kegiatan, status, atau tweet mereka istilah lainnya adalah Following.

arti istilah di twitter

Balas : ini digunakan jika Anda ingin membalas atau menanggapi tweet orang yang anda ikuti, caranya: cukup klik ‘Balas’ pada tweet tersebut kemudian tuliskan pesan jawaban atau balasan anda.

ReTweet : yang biasanya disingkat dengan RT. digunakan untuk membagikan atau menshare kembali tweet seseorang ke pengikut anda dengan kata lain tweet tersebut masuk menjadi Tweet anda. ReTweet seringkalinya menunjukkan bahwa anda senang dengan tweet tersebut, mengangapnya bermanfaat, penting, keren atau semisalnya sehingga sangat layak untuk dibagaikan kepada follower agar mereka juga mengetahuinya.

Favorit : fitur menyimpan tweet orang lain agar tidak hilang dan dapat dilihat kembali sewaktu-waktu.

cara menggunakan twitter


@ : tanda ini dikenal dengan Mention digunakan untuk menyebut pengguna twitter tertentu agar mereka mendapat pemberitahuan bahwa ia telah di sebutkan namanya dalam sebuah tweet. Tanda ini diletakkan di awal atau sebelum menyebut nama seseorang.

Misal anda ingin memanggil followers anda, maka caranya:

Hai, @Tomi dan @Rizal, gimana tugasnya dah jadi belum? jangan sampai lupa ya...

Maka otomatis si Tomi dan Rizal akan mengetahui bahwa anda menyapanya, dan mereka akan menanggapi atau membalas sebutan (mention) anda.

# : tanda atau simbol ini diistilahkan dengan Hastag digunakan untuk berdiskusi dan membahas topik yang sama oleh pengguna lain. Misalnya sobat ingin membahas tentang Calon Presiden
#CalonPresiden Indonesia nanti siapa aja ya? kamu pilih mana?..

Maka tweet yang anda buat tadi akan dilihat pengguna lain yang membahas topik sama dengan hastag #CalonPresiden

Pesan Langsung /Direct Message / DM : digunakan untuk mengirim pesan pribadi via inbox ke pengguna twitter lain sehingga hanya pengirim dan penerima saja yang tahu.

Tren : Merupakan istilah pada topik yang sedang ramai dibahas di Twitter, bisa topik yang lagi mendunia atau di negara sendiri, tergantung pengaturan anda untuk menampilkan tren topik seluruh dunia atau Indonesia saja.

Koneksi : digunakan untuk mengetahui semua aktifitas yang terjadi di twitter, mulai dari mention, retweet, tweet favorit, orang yang mem-follow, dan interaksi kita dengan pengguna twitter lain.

Discover : fitur ini berfungsi untuk mengikuti perkembangan yang sedang menjadi Tren, baik tren seluruh dunia atau negara tertentu saja

Mengatur Profil Twitter Anda

Jika mengatur profil twitter maka buatlah semenarik mungkin agar orang lain tertarik sehingga nantinya diharapkan menfollow anda. Pengaturan ini mencakup foto profil, tentang diri, background dan sebagainya.

Menulis Tweet

Untuk menulis tweet silahkan tekan tombol bulu ayam warna biru sebagaimana gambar yang saya gunakan di atas Ketika anda menekannya maka akan muncul kotak "Apa yang sedang terjadi?" seperti di atas. Penulisan tweet dibatasi hanya  140 karakter atau huruf. Anda bisa berbagi link, foto, dan mention follower anda.

Baca=> Cara Memperbanyak Followers Di Twitter