Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Halo sobat sekalian, kali ini kami akan membahas tentang Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar, harusnya kami tidak perlu membuat tutorial ini dikarenakan menulis artikel bukan lagi hal yang lumrah dan juga sudah menjadi kegiatan sehari-hari kita semua apalagi untuk kalangan blogger, mahasiswa, professional, dan juga pelajar. Namun berdasarkan yang kami amati banyak sekali mereka yang sangat sulit menulis artikel yang berkualitas. Membuat artikel bukanlah suatu keahlian yang dihasilkan dari pertama kita lahir, keahlian ini bisa diasah kok dengan syarat anda mau belajar bersungguh sungguh, saya harus akui untuk masyarakat indonesia tingkat kreativitas menulisnya masih sangat kurang, ini disebabkan karena faktor utamanya MALAS, nah mulai dari sekarang cobalah anda untuk belajar membuat artikel sendiri berhentilah untuk melakukan COPY & PASTE karena dengan anda mengasah menulis artikel tentu akan membuat daya pikir serta imajinasi anda berkembang. Namun artikelnya pun bukan sembarangan ya, caraseobali.com akan menjelaskan bagaimana Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar.

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Jenis Jenis Artikel Yang Ada

Mungkin beberapa jenis dibawah ini dapat memudahkan anda untuk Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar, berikut jenis jenis artikel sesuai kebutuhan anda :

  • Artikel Deskripsi
  • Artikel Narasi
  • Artikel Eksposisi
  • Artikel Argumentasi
  • Artikel Persuasi

5 jenis artikel tersebut pasti ada di setiap artikel yang anda buat, jadi sebelum membuat sebuah artikel tentukan dahulu mau membuat artikel dengan kategori apa, selanjutnya barulah lanjut ke tips pembuatan sebuah artikel yang menarik.

Tips Serta Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

Untuk pembuatan artikel sendiri anda diharuskan mempunyai suatu kemampuan menulis yang baik, anda bisa melihat contoh artikel yang ada di internet bagaimana cara penulisannya, bagaimana membuat artikel menjadi komplek langsung pada intinya, membuat artikel yang mudah di pahami oleh pembacanya, dll. Berikut adalah tips nya :

1. Buatlah Ide Penulisannya
Ide disini maksudnya sebuah tema artikel yang akan anda tulis nantinya, ide ini biasanya akan datang dan pergi sesukanya jadi agar tidak lupa catatlah ide anda tersebut.

2. Mengembangkan ide yang sebelumnya sudah ditentukan
Setelah sebelumnya anda telah menentukan ide artikel yang akan anda tulis, maka di langkah kedua ini kembangkanlah ide tersebut, jangan takut biasanya untuk mengembangkan ini akan terlintas secara spontan kok.

3. Seleksi Ide yang telah anda kumpulkan
Di langkah pertama dan kedua anda telah disuguhkan tentang beragam ide tentunya, namun tidak mungkin akan anda tuangkan semua di artikel yang akan anda buat nantinya, maka seleksilah artikel yang sudah terkumpul tersebut pilih mana yang sekiranya akan mudah untuk dijelaskan.

4. Tulislah Artikel Secara Tepat Dan Cepat
Saat anda menuliskan sebuah artikel, maka tulislah dengan tepat, perhatikan kata dan kalimatnya, untuk besarnya artikel tersebut pun tergantung sesuai kebutuhan anda nantinya.

5. Pemilihan Judul Yang Tepat
Hati hatilah pada judul ini, karena pada judul artikel orang akan melihat isi dari artikel tersebut bagaimana, bahkan hanya melihat judulnya saja orang akan enggan untuk membaca isinya, jadi poin pada sebuah judul itu penting lho.

6. Penyusunan Penulisan Artikel Yang Benar
Buatlah sebuah alur pad artikel yang anda buat, alinea, paragraph, tanda baca serta penomoran itu penting agar artikel anda terlihat rapi tidak semrawut.

7. Karya dan Ide Dari Pemikiran Sendiri
Usahakan artikel yang anda buat merupakan karya dari fikiran dan kreatifitas anda sendiri bukan mencontek ataupun menyalin ulang artikel orang lain, dan apabila benar anda menyalin ulang Sertakan Sumber Tulisan nya, belajarlah bertata krama.

8. Baca Ulang
Dan terakhir yang mesti kalian lakukan adalah membaca ulang semua yang sudah anda buat sebelumnya, lihat apakah ada salah pengetikan, tanda baca, atau apa saja lah yang sekiranya kurang sempurna menurut anda.

Apabila anda baru pertama kali membuat dan mengarang sebuah artikel pasti akan membuat anda pusing setengah mati, ribet, dan membuat anda menyerah sebelum berperang, tapi yang terpenting adalah ubahlah mindset yang ada di fikiran anda itu menjadi sebuah fikiran positif bahwa Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar hanya memerlukan 8 langkah mudah diatas. Terimakasih.