Contoh Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Apa anda sedang ditugaskan guru / dosen anda untuk membuat makala ? mungkin artikel berjudul Contoh Cara Membuat Makala Yang Baik Dan Benar  ini dapat membantu anda mengerjakannya, makalah merupakan suatu karya akademis yang diterbitkan di suatu jurnal ilmiah serta membahas suatu tema tertentu, untuk kebanyakan orang makalah adalah sebuah tugas yang akan menyusahkan buat anda terutama para mahasiswa / mahasiswi yang sedang menjalani perguruan tinggi.

Hal ini disebabkan karena sebuah makalah harus memiliki bukti otentik dan mengharuskan anda langsung terjun kelapangan untuk meneliti pokok permasalahan tersebut. Bukan cuma itu, saat menyusunnya dalam sebuah kertas yang dijilid (disatukan) anda pun harus mengetahui type kertas yang akan digunakan, urutan, font maupun struktur dalam penulisan makalah ini.

Jika anda termasuk orang yang tidak pernah membuat makalah, pasti ingin akan menjadi suatu hal yang memberatkan, akan tetapi ini merupakan sebuah keharusan bagi anda mengerti tentang pembuatan makalah, kami akan berikan Contoh Cara Membuat Makala Yang Baik Dan Benar asalkan anda mau belajar dan langsung mempraktekkannya.

Pada umumnya makalah ini harus di persentasikan dan dibuktikan kebenarannya di depan khalayak umum, kaedah serta aturan ini mungkin akan sedikit membuat anda kebingungan untuk menjelaskan berbagai unsur yang harus dijelaskan pada tiap tiap elemen pada salah satu karya ilmiah ini.

Contoh Cara Membuat Makala Yang Baik Dan Benar

Langkah Awal Dalam Pembuatan Sebuah Makalah Yang Baik Dan Benar


Sebelum beranjak membuat sebuah makalah, anda harus mengumpulkan data dan semua faktor pendukungnya, baik itu internal maupun eksternal, berikut akan kami berikan berbagai Contoh Cara Membuat Makala Yang Baik Dan Benar yang harus anda siapkan sebelum mengetiknya pada sebuah kertas.
  1. Anda harus menentukan judul makalah anda tersebut, ingat judul merupakan inti dari isinya, tidak mungkin bila anda membuat judul "Cara Ternak Ayam Sukses" namun isi dari makalah tersebut menjelaskan cara ternak burung.

  2. Tentukan juga tema yang akan dibahas di dalamnya, seperti pada contoh di atas, maka tema yang harus anda buat setidaknya bagaimana agar induk ayam mau mengeram sampai menetaskan telurnya, jika tema sudah anda tentukan  ini akan memudahkan pekerjaan anda selanjutnya.

  3. Dimana anda akan meneliti karya ilmiah tersebut, ini juga sangat penting, setidaknya anda harus tahu dimana tempat anda meneliti tema yang akan anda angkat nantinya, namun di jaman sekarang ini anda akan dimudahkan dengan menggunakan layanan internet silahkan anda kumpulkan saja tema tema tersebut.

  4. Cari sumber penelitian anda dan catatlah sumber tersebut, hal ini pun harus anda lakukan karena nantinya akan di masukkan pada halaman daftar pustaka pada makalah yang akan anda buat.

Jika anda telah menyelesaikan tahapan di atas, maka selanjutnya anda harus mengetahui susunan elemen pada sebuah makalah.

Elemen Yang Harus Ada Pada Sebuah Makalah Yang Baik Dan Benar


Untuk menulis sebuah makalah anda harus memiliki unsur atau rangka yang akan anda susun sedemikian rupa agar menjadi sebuah buku yang kompleks membahas semua penelitian anda, unsur ini kami bagi menjadi 8 bagian standard dalam suatu karya ilmiah makalah, berikut 8 unsur karya ilmiah yang baik dan benar tersebut :

  1. Cover / Sampul Makalah, cover sendiri berada di paling depan makalah anda, jadi semua isi makalah anda dapat disimpulkan hanya dengan melihat covernya saja, di bagian inilah anda harus membuat semenarik mungkin agar orang tidak mudah untuk menebak isi dari makalah yang telah anda susun tersebut, pada cover makalah anda harus mengisikan beberapa bagian lagi, dimana bagian tersebut mencakup Nama & Judul Makalah yang ingin anda buat, tujuan mengapa anda membuat makalah, logo universitas ataupun lembaga institusinya, nama penulis atau biasa disebut pemakalah, nama institusinya, serta tahun akademik yang sedang anda jalani sekarang ini.

  2. Judul Makalah, pada bagian judul makalah ini anda biasanya hanya menyertakan judul makalah dan nama penulisnya saja, lembar ini ibaratkan cover ke 2 makalah anda.

  3. Kata Pengantar, pada bagian ini akan ada elemen lagi yang harus anda buat didalamnya meliputi salam pembuka, pembuka, sekilas tentang proses pembuatan makalah tersebut, ucapan  terimakasih yang ditujukan kepada pihak yang telah membantu anda dalam pembuatan suatu makalah tersebut, penutup, salam penutup, dan nama penulis atau pemakalah.

  4. Daftar Isi, lembaran ini merupakan halaman petunjuk umum isi makalah anda, di bagian inilah penulis akan mudah menemukan struktur isi dari makalah yang anda buat tersebut.

  5. Bab I, pada bab I biasanya berisikan tentang pendahuluan, anda harus menerangkan konsep apa yang ada dalam makalah ini, rencana yang anda inginkan, gagasan untuk makalah ini, permasalah yang anda hadapi saat membuatnya, serta tujuan yang dijelaskan pada bagian LATAR BELAKANG.

  6. Bab II, di dalam bab II ini anda akan mulai menguraikan isi dan materi karya tulis tersebut yang dimulai dari pengertian serta definisi tema nya, penjelasan materi, akan lebih baik bila disertakan alur perbandingan, serta penyelesaian masalah yang anda hadapi saat me-riset karya ilmiah ini.

  7. Bab III, pada bab ini biasanya menjadi halaman penutupan yang berisikan sambutan anda serta ucapan terimakasih kepada pihak yang telah membantu anda saat menyelesaikan makalah ini.

  8. Daftar Pustaka, Ini adalah isi terakhir makalah anda yang menjadi cover belakang pada makalah yang anda buat, halaman ini berisikan sumber sumber yang anda temukan saat proses pembuatan makalah ini, jadi hal ini membuktikan bahwa karya tulis yang anda buat bukan merupakan hasil jiplak.

Untuk memudahkan anda memahaminya, silahkan download Contoh Cara Membuat Makala Yang Baik Dan Benar yang sudah diketikkan di office word silahkan anda download di link ini.