Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer - Halo pengunjung setia caraseobali.com, bahasan kita kali ini yaitu tentang topologi jaringan, bila anda adalah seorang IT maka materi ini tidak luput dari kesehariannya dan makanan sehari hari mereka, namun artikel ini ditujukan buat anda yang belum mengerti tentang Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer, mungkin artikel kali ini akan bermanfaat untuk sobat sekalian.

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer merupakan konsep yang menggabungkan / menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya atau dalam hal ini disebut jaringan komputer, nantinya komputer komputer ini akan saling terhubung dalam suatu koneksi. Topologi biasanya digunakan oleh company, warnet, dkk yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan dalam hal berbagi data maupun koneksi internet. Topologi jaringan dibagi menjadi  6 model jaringan dimana masing masingnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

 Macam Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi BUS
Topologi yang pertama yaitu BUS, topologi ini tersusun rapi terlihat seperti antrian dan cuma menggunakan 1 kabel coaxial, setiap komputer yang terhubung ke kabel disambung menggunakan konektor BNC serta pada kedua ujung kabel coaxial tersebut harus diakhiri dengan terminator.


Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer BUS



2. Topologi RING
Sesuai dengan namanya RING, topologi ini berbentuk persis sebuah cincin yang melingkar tanpa ada ujung dan pangkalnya. Setiap komputer saling terhubung tanpa ada akhirannya. Pada topologi RING ini komputer berkomunikasi dengan menggunakan toke yang mengontrol akses pada setiap komputer untuk menerima sebuah data yang dikirim oleh jaringannya. Misalnya saja komputer ke 4 akan mengirim data ke komputer ke 1, maka harus melewati komputer ke 3, 2 dan baru akan sampai ke komputer pertama.


Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer RING



3. Topologi MESH (Jala)
Topologi selanjutnya yaitu MESH, topologi ini terhubung dengan komputer yang lainnya menggunakan kabel tunggal, ini akan membuat pengiriman data pada setiap komputer menjadi lebih cepat karena langsung menuju ke IP Target tanpa harus melalui jalur koneksi maupun HUB / Switch.


Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer MESH



4. Topologi STAR
Topologi STAR, jika dilihat pada gambarnya maka jaringan ini akan terlihat seperti membentuk sebuah bintang, pada topologi STAR semua komputer pada jaringan akan terhubung ke HUB maupun SWITCH menggunakan kabel UTP, semua lalu lintas yang terjadi pada topologi ini di kontrol penuh oleh hub / switch tadi, kita ambil contoh saja, bila komputer A mau mengirim data pada salah satu jaringannya komputer B misalnya, maka data pun akan dikirim dahulu ke hub dan barulah data tersebut di teruskan ke komputer B.


Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer STAR



5. Topologi TREE (Pohon)
Topologi satu ini bisa dibilang gabungan dari beberapa topologi STAR dan topologi BUS, anda bisa lihat pada gambarnya, topologi TREE terlihat seperti tingkatan jaringan yang menggabungkan antara topologi star yang terhubung dengan topologi star lainnya dan mereka terhubung menggunakan topologi BUS, membingungkan memang tetapi memang diantara ke 5 jaringan yang telah saya sebutkan di atas topoligi inilah yang terlihat besar, pada topologi ini jaringan yang berada di tinggat paling tinggi lah yang akan mengontrol jaringannya.


Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer TREE



6. Topologi LINEAR
Topologi yang terakhir ini bisa dibilang topologi BUS yang beruntun, pada topologi Linear penyambungannya menggunakan kabel RG 58 dan menggunakan konektor BNC dan di setiap akhirannya haruslah di akhiri dengan terminator.


Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer Linear



Itulah 6 macam topologi jaringan komputer yang banyak digunakan di kalangan masyarakat, perusahaan, ataupun instansi lainnya, semoga bahasan tentang Pengertian Macam Macam Topologi Jaringan Komputer bermanfaat.