6 Cara Mudah Mengendalikan Emosi

Cara mengendalikan emosi adalah hal yang harus anda pelajari di saat kita merasa orang terdekat tidak dapat mengerti atas apa yang anda rasakan dan bahkan keadaan mereka sering kali membuat anda menjadi emosi. Selain itu, banyaknya tugas yang belum anda kerjakan akan membuat emosi menjadi memuncak. Apabila ini dbiarkan akan membuat keadaan menjadi lebih buruk. 

Emosi sebaiknya harus dikendalikan, karena hal ini tidak baik bagi kesehatan emosi dan bahkan membuat pancaran aura negatif di wajah kita. Namun, kenyataanya kita kerap kali tergelincir pada situasi yang kurang menguntungkan untuk mengatur emosi ini. Berikut ini kami akan menjelaskan kiat mengendalikan emosi yang dapat anda lakukan dalam mengontrol emosi anda.

Cara Mudah Mengendalikan Emosi


Beberapa Cara Mengendalikan Emosi


Memberikan waktu untuk otak dalam berpikir

Ketika emosi terkadang kita melakukan hal secara tiba-tiba yang akhirnya akan membuat kita merasa bersalah dan menyesal. Maka penelitian menyebutkan apabila kita emosi, usahakanlah untuk berhenti mengerjakan sesuatu selama 6 detik. Karena cara ini akan mengurangi tingkat emosi dan akan membuat otak lebih lama untuk mengetahui apa yang akan kita lakukan dan dampak ke depannya.

Ketahui penyebab munculnya emosi 

Apabila anda tengah emosi maka cari tahulah penyebab dari munculnya emosi tersebut. Maka cara mengendalikan emosi ini akan berguna untuk mengontrol seberapa besar faktor yang membuat emosi kita menjadi tersulut. Kemudian kenali gerak tubuh yang menunjukkan bahwa kita sedang emosi karena dapat menghindari atau meminimalisisr emosi yang akan keluar semakin hebat.

Abaikan orang sekitar yang membuat emosi tersulut

Biasanya yang membuat emosi kita menjadi tersulut ialah adanya faktor eksternal. Faktor eksternal tersebut ialah bos yang galak, kemacetan lalu lintas dan rekan kerja yang selalu bertindak ceroboh. Tentu semua ini merupakan bukan kemampuan kita dalam mengubahnya. Maka abaikan terlebih dahulu mereka dan untuk sementara kerjakan dengan sungguh-sungguh apa yang sedang anda kerjakan.

Pahami emosi orang lain

Karena kita pernah mengalami emosi, maka apabila disekitar kita ada rekan kerja atau bos yang sedang emosi. Segera beri perhatian untuk mereka dengan menanyakan apa yang menyebab mereka marah atau emosi. Kemudian sadarkan mereka dengan memberikan nasihat yang halus dan mampu menyentuh hatinya.

Kembangan empati anda

Mengembangkan empati adalah kiat mengendalikan emosi yang sangat bijak. Karena dengan cara ini kita mampu mengerti apa yang dipikirkan, dirasakan dan dibutuhkan orang lain. Maka dengan adanya empati ini akan membuat emosi menjadi lebih mudah untuk diredam.

Redam emosi sebanyak mungkin!

Salah satu tips selanjutnya ialah dengan melakukan upaya untuk membuat pencapaian peredam emosi yang semakin hari semakin bertambah. Anda dapat menghitung berapa kali hari ini anda meredam emosi anda dan lakukan peningkatan dalam setiap harinya.

Demikian sekilas tentang cara mengendalikan emosi. Emosi memang sangat penting untuk menggerak keberhasilan yang sedang kita kerjakan atau kita lakoni. Namun, hal yang harus anda ingat ialah orang yang hebat ialah orang yang pandai mengatur emosinya.