Cara Install Windows 7 / 8 Ke Windows 10

Cara Instal Windows 7 / 8 Ke Windows 10

CaraSeoBali.com - Cara Install Windows 7 / 8 Ke Windows 10. Windows atau sistem operasi dari Microsoft untuk PC yang biasanya kita jumpai di laptop ataupun komputer. Windows telah meng update sistem mereka yang dulunya Windows XP hingga saat ini Windows 10. Windows 10 ini sangat banyak sekali yang berminat karena tampilan yang elegan dan tentunya keren. Tampilan Windows 10 ini hampir sama dengan Windows 8.

Jadi wajar-wajar saya banyak orang yang menginstall Windows 10 karena Windows 10 Ini perpaduan antara Windows 7 dan Windows 8. Cara Install Windows 10 ini sama dengan Cara meng Install Windows 8. Jadi, buat anda yang ingin menginstall Windows 10 perlu anda ikuti tutorial dibawah ini hingga selesai.

Sebelum anda menginstall Operasi Windows 10 Pada PC anda, dibawah ini yang harus anda siapkan dan perhatikan.

  1. DVD Installer Windows 10. Kami menggunakan DVD untuk meng instal Windows 10.
  2. Untuk Booting Pertama kali dari DVD sebaiknya anda setting dahulu boot devisa priority yang berada di menu BIOS.
  3. Charger Laptop anda jika anda menggunakan Laptop karena waktu instal ini juga memerlukan banyak waktu yaitu 30 Menit kurang lebihnya.
Setelah yang saya tulis diatas sudah anda siapkan, berikut ini Cara Instal,Windows 7 / 8 Ke Windows 10. Silahkan anda simak hingga selesai.

Cara Install Windows 7 / 8 Ke Windows 10

Langkah Setting BIOS

Anda harus setting BIOS agar booting pertama kali bisa dilakukan dari DVD. Karena biasanya defaultnya laptop / komputer booting pertama kali yaitu melalui HDD, jadi anda perlu menggantinya DVD berikut ini cara setting BIOS simak caranya dibawah ini.

1. Pertama Nyalakan atau restart Laptop / Komputer anda terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol DEL (Delete) berulang kali hingga muncul tampilan BIOS seperti gambar yang ada dibawah ini. Ingat!! tidak semua laptop / komputer menggunakan tombol DEL (Delete) untuk masuk ke menu BIOS, ada juga beberapa tombol yang biasa digunakan seperti F1, F2, atau Fn+F2 tergantung juga dari manufacturerny. Lalu pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ►.

2. Seperti yang telah anda lihat bahwa Hard Drive atau HDD berada di urutan teratas. Hal ini menandakan bahwa booting pertama kali dilakukan melalui HDD.

3. Agar booting pertama kali bisa dilakukan dari DVD, silakan anda pilih CD-ROM Drive lalu geser menggunakan tombol +/ – hingga berada pada urutan teratas.

4. Jangan lupa masukkan juga DVD installer windows 10 nya ke DVDROM di Laptop / Komputer anda. Lalu simpan hasil settingan BIOS anda tadi, dengan cara menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.

Langkah Menginstal Windows 10

Baik, jika anda sudah mensetting BIOS diatas langsung saja kita menginstall Windows 10. Berikut ini caranya.

1. Setelah BIOS Selasai, silahkan anda tekan sembarang tombol untuk memulai menginstall windows 10. Jika anda dihadapkan dengan tampilan seperti ini di tengah proses instalasi, anda janganlah menekan tombol apapun yah. karena, jika anda menekan tombol apapun, anda akan dibawa kembali ke proses awal atau semula instalasi jika melakukannya.

2. Pilihlah Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, untuk lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak perlu diganti.

3. Setelah Itu Pilih Install Now

4. Lalu centang I accept the license terms, kemudian pilih Next untuk melanjutkannya.

5. Kemudian pada langkah berikutnya. silakan anda pilih Custom: Install Windows only (advanced).

6. Jika anda ingin melakukan install ulang ataupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama anda ke windows 10, anda cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti akan secara otomatis, kedua partisi tersebut yang telah anda hapus tersebut menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).

Selanjutnya silakan anda buat partisi baru dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi, kemudian pilih Next untuk melanjutkannya. Dengan begitu, data-data yang ada pada partisi lain tetap aman alias tidak terhapus.

Jadi, Untuk anda yang ingin install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama ke windows 10, silakan anda lewati langkah nomor 7-11. Dan bagi anda yang HDDnya masih kosong, mulus atau yang belum pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan anda lewati langkah nomor 6 ini.

7. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut bahwa ruang HDD masih kosong. Untuk itu, anda perlu mempartisinya. jumlah partisinya bisa 2 atau lebih, sesuai dengan keinginan anda.
8. Kemudian pilih Drive 0 Unallocated Space > New, tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih Apply. Dan untuk ukurannya jangan terlalu banyak dan jangan juga terlalu sedikit juga. Misalkan ukuran HDD anda 320GB/ 500GB, beri ukuran 100GB saja sudah cukup, dikarenakan partisi yang pertama kali anda buat ini merupakan partisi system (partisi C:).

9. Selanjutnya OK untuk pembuatan system reserved partition.

10. Kemudian Silakan anda buat 1 atau lebih partisi lagi dengan cara yang sama seperti cara pada langkah nomor 6.

11. Seperti apa yang anda lihat pada gambar berikut ini, saya hanya membuat 2 partisi utama. Selanjutnya pilihlah Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasinya jadi jangan ditempatkan di partisi lain, kemudian pilih Next.

12. Proses instalasi sedang berjalan. Proses ini memakan waktu kira-kira hingga 30 menit, tunggu saja sambil makan, main handphone atau tiduran. Dan nantinya laptop / komputer anda akan restart
sendiri berulang kali. jadi anda jangan kuatir, karena hal ini sebagian dari proses instalasi Windows 10.

13. Kemudian masukkan product key windows 10 anda, lalu Next. Jika tidak punya, silakan pilih Do this later. Anda bisa mengaktifkan windows 10 anda nanti.

14. Selanjutnya pilih Use Express settings.

15. Kemudian silahkan masukkan nama komputer anda dan juga password bila perlu (alangkah lebih baiknya diberi password biar tidak sembarang orang bisa mengakses laptop / komputer anda). Isikan kata atau kalimat yang membantu anda untuk mengingat password anda pada kolom Password hint tersebut.

16. Proses ini tidak akan memakan waktu banyak. Jadi tunggulah saja sebentar sampai anda dibawah ke dekstop anda.

17. Dan selesailah instalasi windows 10 berhasil! Dibawah ini tampilan desktop pada windows 10 yang elegan dan keren.