Inilah 6 Tips Untuk Mempercepat Pengecasan Smartphone

Semakin hari teknologi smartphone semakin canggih saja, baik itu dari segi fitur maupun fungsi. Di sisi lain, penambahan fitur-fitur canggih secara tidak langsung membuat konsumsi daya smartphone tersebut menjadi lebih besar. Oleh beberapa vendor ponsel, masalah pemakaian daya besar tersebut dipecahkan dengan membenamkan sebuah baterai berkapasitas jumbo.


Masalah lain mengikuti penggunaan baterai berkapasitas besar pada sebuah smartphone yaitu waktu yang dibutuhkan untuk mengecas baterai menjadi lebih lama dari biasanya. Pengecualian dari hal tersebut tentunya adalah ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur seperti fast charging.

Jika Anda ingin mempercepat proses pengecasan ponsel menjadi lebih cepat beberapa persen, Anda dapat mengikuti tips dan trik berikut ini.

1. Gunakan charger yang memiliki arus yang besar


Banyak diantara pengecas ponsel memiliki kuat arus yang berbeda satu sama lain, meskipun charger tersebut adalah pengecas original. Agar waktu yang dibutuhkan untuk mengecas baterai smartphone menjadi lebih singkat, usahakan untuk memilih charger yang mempunyai kuat arus lebih besar, misalnya 500 mAh. Namun tolong diperhatikan, saran "memakai charger yang memiliki kuat arus besar" ini harus mengikuti panduan kuat arus maksimal yang didukung oleh sebuah smartphone.

2. Gunakan kabel pengecas berkualitas bagus


Kabel charger banyak jenisnya, terlebih lagi pengecas yang bukan asli dari pabrik. Memakai kabel charger yang berkualitas tinggi akan membantu memperlancar penyaluran arus listrik dari pengecas ke ponsel sehingga arus listrik yang masuk stabil dan besar. Sebaliknya penggunaan kabel yang memiliki kualitas buruk akan mengakibatkan penyaluran arus listrik menjadi tidak lancar, dan akibatnya proses mengecas pun menjadi lebih lama.

3. Kalau memungkinkan, matikan ponsel saat mengecas

Mematikan ponsel saat mengecas dapat meningkatkan kecepatan mengecas menjadi lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena semua komponen yang ada pada ponsel berada dalam kondisi non-aktif. Sebagai contoh layar smartphone merupakan salah satu kompone pada ponsel yang memiliki konsumsi daya besar, apalagi setting brightness-nya pada tingkat maksimum. Tips nomor 3 ini bisa Anda terapkan pada malam hari ketika ingin tidur misalnya.

4. Aktifkan mode offline atau mode pesawat

Mengaktifkan mode offline terbukti mampu mempercepat proses pengisisan baterai beberapa persen, sebab komponen-komponen seperti pemindai sinyal otomatis tidak bekerja dan konsumsi daya pun menjadi jauh berkurang dan manfaat akhir yang akan didapatkan adalah waktu pengecasan menjadi lebih singkat.

5. Tutup aplikasi yang tidak digunakan


Aplikasi yang banyak terbuka akan membuat prosesor dan komponen lainnya terus-terusan bekerja, meskipun aplikasi tersebut dalam mode "Freeze". Prosesor yang terus-menerus bekerja akan menyebabkan konsumsi daya tetap besar dan hal itu akan memperlama proses charging ponsel.

6. Jika ada, aktifkan power saving mode


Power saving mode merupakan mode hemat daya yang terdapat pada hampir semua smartphone. Anda bisa mengaktifkan fitur berguna tersebut saat mengecas ponsel untuk mempercepat waktu pengecasan. Jika fitur ini tidak ada pada smartphone, Anda bisa menggantinya dengan meng-offline-kan ponsel.

Nah, itulah 6 tips dan trik yang bisa Anda terapkan pada smartphone kesayangan Anda jika ingin mempercepat pengecasan. Sebagai catatan tambahan, beberapa tips di atas tidak berlaku untuk smartphone yang oleh pabrikannya telah dilengkapi dengan fitur canggih wireless charging dan juga fast charging. Contohnya tips yang nomor 3 jika dilakukan, maka fitur-fitur seperti yang telah disebutkan kemungkinan besar tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Demikian, semoga bermanfaat.